Ingin Memulai Usaha Pijat Refleksi? Rincian Modal dan Biaya untuk Usaha Pijat Refleksi

panduan untuk membuka usaha pijat refleksi

Ada banyak opsi yang bisa Anda jalankan ketika ingin menjadi seorang pelaku usaha. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan peluang usaha pijat refleksi yang terus memperlihatkan tren positif. Bahkan, para pelaku usaha ini berkesempatan untuk mengembangkan usahanya secara modern dan membuka banyak cabang. 

Baca juga: 20+ Ide Usaha yang Terbukti Laku dan Tidak Pernah Sepi Pelanggan

Prospek Usaha Pijat Refleksi

Menjalankan usaha pijat refleksi bakal terus mendatangkan peluang keuntungan yang tinggi. Apalagi, tingkat mobilitas masyarakat semakin meningkat, khususnya di daerah perkotaan. Untuk menunjang aktivitas sehari-hari yang begitu intens, masyarakat membutuhkan jasa pijat refleksi biar tetap sehat dan bugar. 

Potensi pemasukan yang bisa Anda dapatkan dari peluang usaha pijat refleksi bisa sangat tinggi. Salah satu gambarannya adalah Nest Family Reflexology & Spa yang mulai beroperasi pada 2016. Hanya dalam jangka 1 tahun, mereka sudah memiliki 10 mitra yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. 

Tidak hanya memiliki prospek pertumbuhan bisnis yang begitu cepat. Usaha ini juga menawarkan peluang penghasilan yang sangat besar. Pemilik franchise mengaku kalau para mitranya bisa mendapatkan omzet mencapai Rp100 juta setiap bulan. Sangat menjanjikan, bukan? 

Kelebihan Menjalankan Usaha Pijat Refleksi

Ada beberapa keuntungan yang membantu Anda dalam menjalankan usaha pijat refleksi secara lebih mudah dibandingkan usaha lain. Keuntungan tersebut di antaranya adalah: 

  • Kebutuhan modal usaha yang minim. Alasannya, karen Anda tidak terlalu memerlukan peralatan untuk menjalankannya. 
  • Biaya operasional sangat minim, tidak terlalu memberatkan modal
  • Tingkat loyalitas pelanggan yang tinggi. Apalagi, ketika seorang pelanggan sudah merasa nyaman dengan layanan pijat yang Anda berikan
  • Bisa dijalankan dengan mudah. Anda dapat menjalankan peluang usaha pijat refleksi dengan menyewa tempat khusus, di rumah, maupun dengan sistem panggilan
  • Kemudahan dalam skalabilitas usaha. Anda dapat memulainya dengan modal kecil dan sedikit demi sedikit mengembangkannya
  • Pangsa pasar yang sangat luas. Pijat refleksi tidak hanya dibutuhkan oleh pelanggan dengan usia dewasa, tetapi juga anak-anak. 

Perhitungan Modal untuk Usaha Pijat Refleksi

Perhitungan Modal untuk Usaha Pijat Refleksi

Bagi Anda yang mempunyai ketertarikan untuk memanfaatkan peluang usaha pijat refleksi, ada beberapa modal yang perlu dipersiapkan. Perhitungan modalnya bisa bervariasi tergantung skema bisnis yang Anda jalankan. Biar lebih jelas, berikut ini adalah gambaran perhitungan modalnya: 

Modal untuk Usaha Pijat Refleksi Keliling

Kalau Anda menjalankan usaha pijat refleksi dengan sistem keliling atau panggilan, perhitungan modalnya sangat kecil. Berikut ini adalah rinciannya: 

  • Biaya transportasi: Rp300.000
  • Minyak gosok : Rp50.000
  • Biaya tak terduga: Rp100.000

Total Modal: Rp450.000

Dengan perhitungan modal tersebut, Anda bisa memperoleh potensi pemasukan cukup besar. Misalnya, Anda mematok tarif untuk pijat dengan durasi 1 jam sebesar Rp50.000. Dalam satu hari, rata-rata Anda bisa mendapatkan 3 pelanggan. Maka, omzet yang bisa Anda peroleh setiap bulan bisa mencapai Rp4,5 juta.

Modal untuk Usaha Pijat Refleksi di Rumah

Ada pula pertimbangan untuk menjalankan peluang usaha pijat refleksi di rumah sendiri. Perhitungan modal awal yang harus Anda siapkan adalah sebagai berikut: 

  • 1 unit bed massage + bantal : Rp500.000
  • Minyak gosok: Rp50.000
  • Selimut : Rp50.000
  • Sprei dan sarung bantal: Rp100.000
  • Gorden: Rp100.000

Total Modal: Rp800.000

Ketika menjalankan usaha pijat refleksi di rumah, Anda memang memerlukan modal lebih besar dibandingkan pijat keliling. Namun, Anda memiliki peluang untuk menerima pelanggan dengan jumlah lebih banyak. Kalaupun biaya yang Anda tetapkan nilainya sama, potensi pemasukannya bisa lebih besar. 

Sebagai contoh, Anda menetapkan biaya tarif pijat per jam sebesar Rp50.000. Dalam satu hari, Anda bisa menerima sebanyak 5-6 pelanggan yang masing-masing pijat selama 1 jam. Maka, total omzet yang bisa Anda peroleh dapat mencapai angka Rp7,5 juta setiap bulan.

Modal untuk Usaha Pijat Refleksi Profesional

Kalau ingin memanfaatkan peluang usaha pijat refleksi secara profesional, Anda bisa menjalankannya dalam skala lebih besar. Alih-alih membuka jasa pijat di rumah sendiri, Anda dapat membuka layanan jasa pijat di tempat keramaian. Anda dapat memilih untuk membangun brand sendiri atau menggunakan waralaba. 

Sebagai gambaran, berikut ini perhitungan modal yang perlu Anda siapkan ketika ingin menjalankan usaha pijat refleksi profesional: 

  • Sewa tempat per tahun: Rp10.000.000
  • Kursi pijat sebanyak 5 unit @Rp2 juta: Rp10.000.000
  • 1 unit AC : Rp3.500.000
  • 1 unit TV 40 inci : Rp5.000.000
  • Handuk 10 buah @250.000: Rp2.500.000
  • Meja kasir: Rp1.500.000
  • Komputer kasir: Rp3.000.000
  • Perizinan usaha: Rp3.500.000
  • Biaya tak terduga: Rp5.000.000

Total Modal:  Rp44.000.000

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan biaya operasional setiap bulannya. Biaya operasional tersebut mencakup beberapa pengeluaran, seperti: 

Gaji karyawan 4 orang @Rp2 juta: Rp8.000.000

Bayar listrik: Rp400.000

Namun, Anda juga memperoleh peluang penghasilan yang besar. Selain bisa melayani pelanggan dengan jumlah lebih banyak, Anda juga memiliki kesempatan untuk mematok biaya pijat yang lebih mahal. 

Perhitungan modal tersebut pun bisa lebih besar ketika Anda menjalankannya di lokasi yang strategis. Selain itu, Anda juga perlu mengeluarkan modal lebih banyak kalau memilih untuk menggunakan franchise

Tantangan dan Risiko Usaha Pijat Refleksi

Tantangan dan Risiko Usaha Pijat Refleksi

Ketika menjalankan peluang usaha pijat refleksi, Anda jangan hanya memperhitungkan potensinya. Namun, pahami pula tantangan serta risiko yang bisa terjadi, termasuk di antaranya adalah: 

  • Tingkat persaingan tinggi. Hal ini memiliki kaitan erat dengan banyaknya orang yang tergiur dengan peluang keuntungan besar dari usaha ini. 
  • Harus disertai dengan tingkat keahlian tertentu. Oleh karena itu, ada baiknya Anda perlu mengikuti pelatihan pijat refleksi secara intensif sebelum terjun ke bisnis ini. 
  • Kesalahan pijat dapat berisiko fatal. Apalagi, ketika proses pemijatan berlangsung di bagian tubuh yang rawan seperti, tenggorokan, perut, dan lain sebagainya. 

Itulah berbagai aspek penting yang perlu Anda perhatikan ketika ingin menjalankan peluang usaha pijat refleksi. Bisnis ini menawarkan kemudahan dalam skalabilitas, bisa dimulai dari usaha kecil dan mengembangkannya secara perlahan. 

Hanya saja, Anda perlu sadar kalau tingkat persaingan yang tinggi dan ketat menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, layanan jasa seperti ini mengedepankan tingkat kepuasan pelanggan. Kalau kualitas pelayanan Anda bagus, maka pelanggan akan puas dan bakal menjadi poin plus dalam aktivitas pemasaran bisnis. 

Cara Memulai Usaha Pijat Refleksi


Usaha pijat refleksi merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan pijat refleksi memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan maupun untuk relaksasi.

Berikut adalah cara memulai usaha pijat refleksi:

  • Pahami ilmu dan teknik pijat refleksi, Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami ilmu dan teknik pijat refleksi. Anda bisa mengikuti kursus pijat refleksi atau belajar secara otodidak.
  • Rekrut terapis profesional, Jika Anda tidak memiliki keterampilan pijat refleksi, Anda bisa merekrut terapis profesional. Pastikan Anda memilih terapis yang memiliki sertifikat dan pengalaman yang memadai.
  • Lengkapi sarana dan prasarana, Anda perlu melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk usaha pijat refleksi, seperti meja pijat, kursi pijat, bantal, handuk, dan minyak pijat.
  • Pertimbangkan pemilihan lokasi, Lokasi adalah salah satu faktor penting dalam kesuksesan usaha pijat refleksi. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan.
  • Gencar melakukan promosi, Promosi adalah salah satu cara untuk menarik pelanggan. Anda bisa melakukan promosi melalui berbagai media, seperti media sosial, brosur, atau iklan.

Baca juga: Ini 8 Rahasia Strategi Pemasaran Digital untuk UMKM, Mau Tau?

Pembukuan Transaksi Lebih Mudah dengan YUKK Payment Gateway

Bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki pembukuan yang baik dan detail di dalam setiap transaksinya. Pembukuan tidak hanya perlu dilakukan oleh bisnis berskala besar, tapi juga perlu dilakukan oleh bisnis berskala menengah dan juga kecil seperti UMKM. Seringkali para pelaku UMKM melupakan pentingnya membuat laporan keuangan.

YUKK Payment Gateway membantu Anda untuk melakukan pembukuan ini. Setiap detail transaksi yang telah dilakukan akan tercatat secara otomatis. Dengan begini, rekap keuangan Anda akan menjadi lebih teratur.

Semua transaksi tersebut juga dapat Anda lihat di dalam aplikasi YUKK Merchant. Notifikasi transaksi akan langsung muncul di halaman utama YUKK Merchant. Dengan ini, Anda pun lebih mudah dalam melakukan konfirmasi atau pengecekan atas pembayaran yang dilakukan. 

Tak kalah penting, Anda perlu menyediakan fasilitas penunjang yang memadai biar kenyamanan para pelanggan dapat terjaga. Salah satunya adalah dengan menghadirkan sistem pembayaran yang praktis dan modern seperti YUKK Payment Gateway. 

YUKK Payment Gateway menyediakan solusi cara pembayaran digital yang mudah dan menguntungkan. Cukup dengan satu layanan, Anda bisa melayani beberapa cara pembayaran dari para pelanggan. 

Yuk, mulai manfaatkan kemudahan cara pembayaran dengan menggunakan layanan YUKK Payment Gateway!

1
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry