
Bagaimana membuat usaha cepat berkembang dan meraih profit? Jawabannya mudah: kelola dengan efektif dan efisien. Semua sumber daya, seperti waktu, tenaga, dan modal harus digunakan, dimanfaatkan, dan dikelola secara optimal. Dengan kata lain, usaha bisa sukses atau meraih keuntungan jika pengusaha tahu dan bisa memanfaatkan waktu yang ada, merencanakan penggunaan modal secara tepat, dan mengorganisasi tenaga kerja secara efektif untuk meningkatkan produktivitas.
Dulu, pengelolaan usaha dilakukan secara manual. Semua kegiatan diatur dan dijalankan tanpa bantuan teknologi. Mulai dari pencatatan stok barang hingga laporan keuangan. Bahkan mungkin, saat ini, masih banyak pelaku usaha berskala kecil menggunakan cara ini.
Dalam perjalanan waktu, para pelaku usaha mulai sadar bahwa cara manual itu tidak lagi memadai untuk menjalankan usaha. Di sana-sini muncul banyak kesalahan dalam pencatatan dan penghitungan; tidak ada manajemen waktu yang efektif; banyak biaya dikeluarkan untuk menjalankan program, tapi tidak membawa hasil yang signifikan. Beberapa hal ini membuat usaha tidak berkembang baik, sehingga pada akhirnya para pengusaha mulai melirik teknologi. Teknologi diyakini dapat mempercepat proses kerja, memangkas waktu dan biaya, dan memperluas jangkauan pasar sebuah bisnis.
Salah satu produk teknologi yang bisa membantu para pelaku bisnis untuk mengorganisasi dan mengelola usaha secara lebih optimal adalah POS (point of sale). Alat yang juga disebut mesin kasir ini merupakan sebuah sistem terkomputerisasi yang menggabungkan perangkat lunak dan perangkat keras untuk membantu bisnis mencatat penjualan, mengelola stok, dan membuat laporan keuangan secara otomatis. Dengan sistem ini, proses seperti perhitungan harga, total belanja, hingga pencetakan struk bisa dilakukan secara otomatis. POS bahkan punya fitur seperti pencatatan penjualan, manajemen stok, laporan keuangan, dan integrasi pembayaran digital. Berkat kemampuannya yang serba otomatis ini, POS mampu menggantikan peran kasir konvensional dengan cara yang lebih cepat dan efisien. Pada umumnya, POS berbentuk mesin, tablet, atau telepon pintar.
iSeller: Solusi Lengkap untuk Bisnis Modern
Salah satu POS yang layak dipertimbangkan adalah iSeller. Sudah banyak bisnis yang menggunakannya, mulai dari bisnis ritel hingga bisnis makanan dan minuman, baik yang dijalankan secara offline maupun online. POS ini menjadi pilihan banyak bisnis karena punya desain yang user friendly dan fitur yang lengkap. iSeller dirancang untuk membantu pelaku usaha mengelola transaksi secara otomatis dan real-time, sekaligus memantau stok dan membuat laporan penjualan secara otomatis.
Beberapa fitur unggulan iSeller yang sangat memudahkan pengusaha, antara lain, Variasi Produk, Modifier Produk, dan Produk Komboset. Fitur Variasi Produk memungkinkan Anda menampilkan berbagai pilihan dalam satu produk, seperti ukuran, warna, atau rasa. Produk yang tidak memiliki varian akan otomatis disembunyikan agar tampilan lebih rapi dan fokus.
Untuk menambahkan sesuatu pada produk, Anda bisa menggunakan Modifier Produk. Dengan fitur ini, Anda dapat menambahkan opsi pada produk, seperti topping, aksesori, atau layanan ekstra, lengkap dengan pengaturan harga. Jika Anda adalah pemilik bisnis tipe restoran, fitur Produk Komboset akan sangat membantu Anda dalam mengelompokkan produk dengan pemilihan grup tertentu, khususnya untuk toko ekspres, seperti pizza, burger, atau restoran siap saji lainnya. Fitur ini memang dirancang secara khusus untuk bisnis tipe restoran.
Melalui iSeller, pelaku usaha bisa memanfaatkan teknologi canggih untuk menyederhanakan pengelolaan bisnis dan mempercepat pertumbuhan usaha. Pemantauan stok dan laporan keuangan dapat dilakukan secara real-time. Hal ini tentu sangat berguna dalam pengambilan keputusan untuk mengembangkan bisnis. Dengan menyediakan berbagai fitur yang memudahkan para pelaku usaha mengembangkan bisnis, iSeller telah ikut mendukung pertumbuhan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), berkontribusi dalam memperkuat ekonomi digital Indonesia, dan mendorong daya saing para pelaku UMKM di pasar global.
6 Kelebihan iSeller

POS iSeller memudahkan para pelaku usaha dalam mengelola transaksi dan laporan secara otomatis dan real-time. Sistem ini memungkinkan setiap transaksi tercatat secara otomatis, memudahkan pemantauan penjualan dan stok tanpa perlu input manual. Selain itu, sistem ini juga memungkinkan usaha menerima berbagai jenis pembayaran digital dengan mudah. Dalam dunia bisnis yang cepat berubah, solusi seperti ini sangat membantu bisnis untuk tetap relevan dan kompetitif.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa iSeller penting untuk bisnis Anda:
Aplikasi berbasis cloud dengan konsep modern
POS ini memungkinkan pengelola toko mengakses data bisnis kapan saja dan di mana saja melalui perangkat yang terhubung ke internet.
Integrasi perangkat keras dengan berbagai platform penjualan dan outlet
iSeller mendukung integrasi dengan berbagai perangkat keras, seperti printer struk dan barcode scanner. Selain itu, sistem ini dapat terhubung dengan berbagai platform penjualan, baik itu toko fisik maupun online, sehingga memudahkan pengelolaan bisnis yang memiliki banyak outlet atau channel penjualan.
Metode pembayaran yang beragam
iSeller menyediakan berbagai pilihan pembayaran, seperti pemrosesan kartu kredit instan dan pembayaran melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Hal ini memudahkan pelanggan untuk bertransaksi dengan metode pembayaran yang mereka pilih.
Shift kerja yang fleksibel
iSeller memudahkan pebisnis mengelola shift kasir dan melacak semua transaksi yang terjadi selama shift tersebut, sehingga proses penghitungan pemasukan menjadi lebih mudah. Kesalahan penghitungan pun bisa dihindari.
Kelola Bisnis dari Gadget
Dengan aplikasi iSeller Admin, pemilik usaha bisa memantau penjualan dan stok secara langsung melalui telepon pintar atau tablet. Pengelolaan bisnis menjadi lebih praktis dan fleksibel.
Keamanan Tinggi
Dibangun dengan fitur keamanan terdepan, iSeller menjaga data bisnis dengan baik. Jika perangkat kasir mengalami kerusakan atau masalah, cukup nonaktifkan akses kasir dari web iSeller. Jika ada pengguna yang tidak terdaftar mencoba mengakses aplikasi, mereka otomatis akan ditolak, dan semua data lokal akan dihapus secara bersih.
Kolaborasi dengan YUKK Payment Gateway

Keunggulan lain dari iSeller adalah integrasi dengan berbagai metode pembayaran. Salah satunya adalah pembayaran melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Data dari Bank Indonesia menunjukkan bahwa QRIS telah menjadi salah satu metode pembayaran favorit masyarakat Indonesia. Pada Juli 2024 lalu, misalnya, nilai transaksi QRIS melesat 207,55% secara tahun (year-on-year). Jumlah penggunanya mencapai 51,43 juta orang dan jumlah merchant mencapai 33,21 juta unit.
Dengan QRIS, proses pembayaran berjalan lebih cepat dan lebih mudah. Pelanggan hanya perlu memindai kode QR melalui aplikasi dompet digital atau mobile banking. Dengan demikian, pelaku usaha tidak perlu lagi menyediakan mesin EDC (electronic data capture) atau perangkat tambahan lainnya. Selain cepat dan aman, pembayaran melalui QRIS juga sangat praktis bagi pelanggan dan efisien untuk pemilik usaha.
QRIS yang terintegrasi dengan POS iSeller adalah QRIS Dinamis yang disediakan oleh YUKK Payment Gateway. Selain QRIS, YUKK Payment Gateway sendiri hadir dengan berbagai metode pembayaran lainnya, seperti pembayaran dengan dompet digital, virtual account, dan kartu kredit dan kartu debit. Dengan berbagai saluran pembayaran ini, YUKK Payment Gateway menegaskan dukungannya terhadap pelaku usaha dan ekosistem ekonomi digital di tanah air.Bagi pelaku usaha yang ingin mengoptimalkan operasional usaha, integrasi iSeller dengan QRIS Dinamis yang disediakan YUKK Payment Gateway adalah solusi yang ideal.
Menggunakan POS digital yang terintegrasi dengan QRIS tidak hanya mempercepat transaksi, tetapi juga membantu bisnis tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi pembayaran yang semakin populer dan menjadi pilihan favorit pelanggan. Dengan sistem yang efisien dan mudah digunakan, pelaku usaha bisa fokus pada hal-hal penting lainnya, seperti pengembangan produk atau peningkatan layanan pelanggan.