7 Cara Biar Dapat Untung Maksimal dari Investasi Saham

Penjelasan cara memaksimalkan keuntungan dalam investasi saham bagi pemula

Tahukah kamu kalau tingkat kegagalan dalam investasi saham sangat tinggi. Bahkan, tingkat kegagalan para investor saham mencapai hampir 90%. Oleh karenanya, kamu perlu memiliki strategi jitu sebagai cara memaksimalkan keuntungan dalam investasi saham. Bahkan, pengetahuan tersebut merupakan hal mendasar ketika berinvestasi. 

Faktor yang menjadi penyebab utama kegagalan para investor saham bukan hanya karena tingkat risiko saham yang sangat tinggi. Namun, ada pula faktor pemicu lainnya yakni minimnya keterampilan serta pengetahuan para investor terkait pasar saham. Makanya, kalau tak ingin gagal, bekali diri dengan pengetahuan yang memadai. 

Nah, untuk membantu kamu bisa memaksimalkan keuntungan saat berinvestasi saham, ada 7 tips penting yang perlu diperhatikan, yakni: 

1. Tahan Saham dalam Jangka Panjang

Ada 2 jenis keuntungan  yang bisa kamu dapatkan dari investasi saham. Pertama adalah keuntungan dalam bentuk capital gain ketika kamu menjual saham. Selanjutnya, kamu bisa pula memperoleh untung yang berupa dividen. 

Alih-alih mengejar untung berupa capital gain, kamu perlu mengutamakan imbal hasil investasi saham dalam bentuk dividen. Alasannya, karena mereka yang cenderung aktif dalam pasar saham, mempunyai risiko rugi lebih tinggi. 

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk melakukan pembelian saham dan menahannya dalam jangka panjang. Selanjutnya, kamu berpeluang mendapatkan dividen dan bisa pula memilih untuk menjual saham tersebut setelah harganya naik berkali-kali lipat di masa mendatang. 

2. Hindari Emosi dalam Pengambilan Keputusan

Naik turunnya harga saham dapat terjadi kapan saja. Dalam kondisi tertentu, fluktuasi tersebut menimbulkan rasa panik dalam pikiran para investor. Apalagi, ketika sentimen pasar yang negatif. Namun, apakah melakukan penjualan saham karena panik akibat sentimen pasar negatif merupakan keputusan terbaik? 

Alih-alih mengambil keputusan dalam kondisi panik, kamu perlu menghadapi fluktuasi harga saham dengan pikiran tenang. Sentimen pasar memang berpengaruh dalam setiap pengambilan keputusan investasi. Namun, kamu juga tetap perlu melakukan analisis fundamental untuk mendapatkan pandangan yang objektif. 

Baca juga: 8 Strategi Memilih Saham untuk Pemula, Biar Cuan Banyak!

3. Perhatikan Dividen

Dividen dapat menjadi penghasilan pasif yang bisa kamu peroleh dari investasi saham. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal dengan memperhatikan nilai dividen yang dibagikan kepada para investor. 

Meski begitu, jangan hanya terpaku pada besaran dividen. Selain dividend yield, cara memaksimalkan keuntungan dalam investasi saham dapat pula kamu lakukan dengan memperhatikan aspek lain yang tak kalah penting, di antaranya: 

  • Tren harga saham. Hindari kepemilikan saham yang mengalami penurunan. Apalagi, kalau penurunan tersebut disebabkan oleh aspek fundamental perusahaan. 
  • Perhatikan dividend payout ratio (DPR). Parameter ini adalah rasio yang memperlihatkan jumlah pembayaran total dividen oleh perusahaan kepada para investor dengan laba bersih. Nilai rasio ini mengindikasikan tingkat kematangan perusahaan. Meski begitu, kamu juga perlu waspada ketika perusahaan memiliki DPR tinggi dan bahkan berlebihan. Tak menutup kemungkinan ada hal yang disembunyikan perusahaan di balik DPR tinggi tersebut. 
  • Tren dividen. Perhatikan pula ada tidaknya tren kenaikan dividen. Tren dividen yang naik memperlihatkan pertumbuhan bisnis perusahaan yang konsisten. 

Berkaitan dengan dividen, kamu tidak hanya bisa menggunakannya sebagai sumber penghasilan ekstra. Sebagai tambahan, kamu bisa pula memanfaatkan dividen sebagai cara memaksimalkan keuntungan dalam investasi saham. Caranya, kamu dapat memilih untuk menginvestasikan kembali dividen tersebut. 

4. Perhatikan Biaya Transaksi

Cara memaksimalkan keuntungan dalam investasi saham selanjutnya adalah dengan memperhatikan adanya biaya yang perlu dikeluarkan. Ada berbagai jenis biaya yang harus kamu bayar, termasuk di antaranya adalah: 

  • Komisi broker. Pembayaran biaya ini berlaku karena aktivitas investasi saham dapat kamu lakukan dengan pemanfaatan jasa perusahaan sekuritas atau broker. Nilainya bervariasi tergantung masing-masing broker. 
  • Biaya levy. Ada pula biaya levy yang perlu kamu keluarkan setiap melakukan transaksi. Pembayarannya kamu tujukan kepada BEI. 
  • PPN. Setiap transaksi saham juga terdapat biaya tambahan berupa PPN atau pajak pertambahan nilai. Dalam praktiknya, perhitungan PPN kerap termasuk dalam komisi untuk broker. 
  • PPh. Ada pula biaya PPh atau pajak penghasilan. Pemotongannya biasa dilakukan lewat perusahaan sekuritas dengan nominal 0,1% dari total transaksi. 

5. Pantau Portofolio Secara Teratur

Faktor selanjutnya yang harus kamu cermati ketika ingin memaksimalkan imbal hasil investasi saham adalah melakukan pemantauan portofolio. Upaya ini sangat penting, dengan tujuan untuk memastikan bahwa investasi yang kamu lakukan masih selaras dengan rencana serta tujuan yang telah disusun. 

6. Don’t Put Your Eggs in One Basket

Dalam investasi saham, kamu perlu menggunakan prinsip don’t put your eggs in one basket. Prinsip ini sangat penting bagi setiap investor, dengan tujuan untuk meminimalkan kerugian. Artinya, kamu perlu menghindari keputusan untuk berinvestasi secara total pada satu jenis instrumen investasi. 

Bayangkan ketika kamu menaruh keseluruhan dana investasi ke pasar saham. Pada kondisi tersebut, kamu memiliki risiko kerugian besar ketika pasar saham mengalami gejolak tinggi. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk melakukan diversifikasi dengan membagi dana ke berbagai jenis aset investasi.  

7. Perluas Pengetahuan Anda

Tips terakhir adalah terus belajar. Pasar saham merupakan dunia yang sangat dinamis. Oleh karena itu, kamu harus bergerak aktif untuk mengikuti pergerakannya yang sangat dinamis tersebut. 

Nah, itulah 7 tips penting yang dapat kamu pertimbangkan kalau ingin mencari cara memaksimalkan keuntungan dalam investasi saham. Kamu pun bisa memanfaatkan keuntungan tersebut sesuai dengan tujuan yang diinginkan. 

Sebagai pelengkap, ada informasi penting buat kamu yang saat ini punya usaha sendiri. Untuk kemudahan dan kenyamanan transaksi usaha, pertimbangkan untuk memakai layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway memudahkan kamu dalam memproses setiap pembayaran. Apalagi, YUKK Payment Gateway menyediakan solusi pembayaran praktis yang terintegrasi. Kamu pun bisa melayani pembayaran dengan metode QRIS, kartu kredit, e-wallet, ataupun virtual account. Praktis dan ekonomis buat UMKM. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry