Biar Ga Rugi Besar, Kenali Apa Itu Investasi Bodong, Yuk!

Penjelasan lengkap mengenai apa itu investasi bodong

Investasi jadi pilihan tepat kalau Anda ingin mendapatkan pemasukan ekstra dan sekaligus menata keuangan jadi lebih baik. Hanya saja, jangan mudah tergoda ketika mendapatkan penawaran investasi. Biar tak tertipu dan rugi besar, Anda harus paham apa itu investasi bodong. 

Dalam pengertiannya, investasi bodong merupakan jenis investasi fiktif. Dalam praktiknya, seseorang akan menawarkan kamu untuk melakukan penanaman modal pada sebuah produk, aset, atau bisnis yang fiktif atau tidak pernah ada. Selanjutnya, orang tersebut akan membawa lari uang yang telah Anda serahkan. 

Kasus Penipuan Investasi Bodong di Indonesia

Di Indonesia, kamu sering menjumpai adanya praktik penipuan investasi bodongi. Alih-alih untung, para investor yang utamanya adalah masyarakat awam tersebut malah menjadi korban penipuan. Kasus seperti ini sangat sering terjadi, beberapa di antaranya adalah: 

  • Kasus Indosurya

Kasus ini melibatkan koperasi simpan pinjam (KSP) Indosurya yang menawarkan investasi fiktif dalam bentuk deposito. Jumlah kerugian para investor mencapai angka Rp106 triliun. Kasus ini sempat viral, tetapi kemudian diselesaikan secara perdata. 

  • Kasus Penipuan Indra Kenz dan Doni Salmanan

Selanjutnya, ada kasus investasi fiktif dengan label binary option oleh Indra Kenz dan Doni Salmanan. Pemberitaan kasus ini begitu ramai dan melibatkan banyak nama terkenal. Setelah proses pengadilan, Indra Kens dan Doni Salmanan mendapat vonis masing-masing 10 tahun dan 4 tahun penjara.

Selain dua kasus tersebut, banyak fenomena investasi bodong lain yang menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat. Di sisi lain, aspek hukum yang menjerat para pelaku kerap tidak menimbulkan efek jera. Alhasil, kasus serupa terus berlangsung dan pihak yang paling dirugikan tentunya adalah masyarakat awam. 

Ciri-Ciri Investasi Bodong

Ciri-ciri investasi bodong

Mengingat betapa besarnya dampak kerugian dari investasi bodong, Anda perlu memiliki pemahaman yang mencukupi tentang apa itu investasi bodong. Dengan begitu, Anda tidak mudah tergoda ketika mendapatkan penawaran investasi yang terlihat begitu menggiurkan. 

Ada beberapa ciri yang bisa Anda kenali dari praktik investasi bodong, yaitu: 

Memberi Keuntungan yang Tidak Realistis

Para korban investasi bodong tertarik untuk menanamkan modalnya karena memperoleh iming-iming keuntungan yang sangat besar. Imbal hasil dari investasi bodong kerap jauh lebih besar dibandingkan dengan hasil untung investasi konvensional. 

Contohnya adalah kasus Indosurya. Dalam kasus ini, para investor mendapat penawaran bunga mencapai 7,5%. Bandingkan dengan penawaran suku bunga BI pada rentang waktu sama yang hanya berada di kisaran 6%.

Tidak Punya Izin dari Lembaga Resmi

Selanjutnya, Anda dapat mengenali apa itu investasi bodong dengan memperhatikan aspek legalitasnya. Lembaga yang menawarkan investasi bodong punya kecenderungan tidak disertai adanya izin dari pihak terkait. Dalam hal ini, izin tersebut dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Oleh karena itu, Anda dapat melakukan pemeriksaan di website resmi OJK untuk menghindarkan diri dari praktik investasi bodong. Kalau lembaga atau perusahaan yang menawarkan investasi tak tercatat di OJK, Anda wajib berhati-hati. 

Menekan Investor Untuk Segera Investasi

Selanjutnya, ada pula ciri investasi bodong yang berupa dorongan kepada investor untuk segera menginvestasikan modalnya. Pelaku akan mengatakan kepada korban kalau kesempatan investasi tersebut berlaku secara terbatas. Kalau tidak dilakukan dengan segera, maka kesempatan tersebut akan terlewat. 

Alur Sistem yang Tidak Jelas

Ada pula aspek terkait transparansi yang bisa Anda jadikan patokan dalam membedakan apa itu investasi bodong dengan investasi legal. Pelaku investasi fiktif kerap menerapkan sikap yang tertutup kepada para investor. 

Alih-alih menginformasikan tentang sistem kerja investasi, pelaku lebih mengedepankan potensi untung yang bisa didapatkan. Hal ini tentunya berkebalikan dengan investasi legal yang mengharuskan adanya sistem kerja yang transparan dan terbuka. 

Dokumen Investasinya Ga Lengkap

Tak cuma sistem kerja yang tak jelas. Para pelaku investasi bodong atau fiktif juga kerap tak melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Salah satu contohnya adalah dokumen terkait laporan keuangan yang terverifikasi. 

Keberadaan dokumen seperti laporan keuangan menjadi aspek penting bagi investor dalam melakukan pengambilan keputusan berinvestasi. Mereka bisa menggunakannya untuk menilai tingkat risiko investasi. 

Menggunakan Skema Piramida atau Ponzi

Terakhir, ada ciri tentang apa itu investasi bodong yang kerap berlangsung dengan memakai skema ponzi atau piramida. Skema ini sangat sering digunakan oleh para pelaku investasi bodong di Indonesia. Contohnya adalah kasus yang melibatkan First Travel, Manusia Membantu Manusia (MMM), serta Golden Traders Indonesia (GTI) Syariah. 

Skema ponzi berjalan dengan sistem pemberian keuntungan yang berasal dari uang pelaku atau modal yang disetorkan oleh investor selanjutnya. Anda dapat mengenali skema ini lewat adanya ciri berupa dorongan untuk mengajak orang lain berinvestasi. Semakin banyak orang yang bergabung, keuntungan yang didapatkan kian bertambah.

Cara Agar Terhindar dari Investasi Bodong

Tak cukup hanya dengan mengenali ciri-ciri apa itu investasi bodong. Anda juga perlu mengetahui upaya untuk menghindarinya. Beberapa upaya tersebut di antaranya adalah: 

  • Bekali diri dengan pengetahuan tentang dunia investasi secara memadai
  • Lakukan riset terkait penawaran investasi secara mendalam
  • Pahami bisnis yang berkaitan dengan penawaran investasi
  • Lakukan pengecekan legalitas perusahaan di OJK

Alih-alih berinvestasi pada aset yang tak jelas, Anda bisa mengutamakan pilihan pada investasi konvensional. Contohnya adalah emas, properti, reksadana, saham, maupun obligasi. Untuk meminimalkan kerugian, pertimbangkan untuk memilih aset yang sesuai dengan profil risiko masing-masing. 

Selain berinvestasi, Anda bisa pula mempertimbangkan untuk memanfaatkan modal dalam mengembangkan usaha. Salah satu caranya adalah menghadirkan layanan yang modern dan sesuai perkembangan zaman seperti Yukk Payment Gateway

Penggunaan layanan Yukk Payment Gateway membantu bisnis untuk bisa menerima pembayaran secara lebih lancar. Yukk Payment Gateway bisa membantu para pelaku UMKM untuk menerima berbagai jenis metode pembayaran cukup dalam satu platform.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry