Video Tes Tangan Viral di Instagram; Memangnya Bisa Ungkap Kondisi Saraf Tangan?

Video Tes Tangan Viral di Instagram; Bisa Ungkap Kondisi Saraf Tangan?
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Dalam beberapa hari terakhir ini, video tes tangan viralmelalui media sosial. Khususnya lewat Instagram. Di situ, warganet mengunggah video dalam “Reels” berisi gerakan jari tangan yang mengisyaratkan angka 1—5 secara acak. Gerakan acak itu dianggap bisa mengungkapkan seperti apa kondisi saraf tangan.

Apakah benar kondisi saraf tangan bisa diungkapkan melalui gerakan jari tangan seperti dalam video itu? Menurut Ryu Hasan, dokter spesialis bedah saraf di Primaya Hospital, gerakan jari tangan seperti dalam “Reels” Instagram itu bukanlah tes saraf tangan. Itu adalah latihan untuk meningkatkan keterampilan motorik.

“Motorik ‘kan benar dikendalikan otak. Jadi, tiap orang ketrampilannya beda-beda. Misalnya, ada yang keterampilan motorik halusnya lebih baik daripada ketrampilan motorik yang lain,” jelasnya seperti dikutip YUKK dari CNNIndonesia.com.

Video Tes Tangan Viral di Instagram; Bisa Ungkap Kondisi Saraf Tangan?
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Dalam video itu, ditampilkan deret angka, lalu dipraktikkan dengan gerakan tangan. Kata Ryu, itu seperti sebuah partitur dan orang yang memainkan alat musik. Karena kemampuan koordinasi penglihatan dan motorik orang berbeda, gerakan tangan tiap orang bisa saja berbeda. Dan itu tidak lantas berarti bahwa ada masalah pada saraf tangan.

“Itu bukan untuk mengetes kesehatan saraf atau mengetahui penyakit saraf,” imbuhnya.

Yuda Turana, dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Atma Jaya, juga mengatakan hal yang sama. Video yang beredar melalui media sosial itu bukanlah tes saraf. Pasalnya saat saraf jari tangan terganggu, gerakan sederhana seperti dalam video belum tentu terganggu.

“Misalnya, (saraf tangan) terganggu. Bisa karena gangguan otot dan sendi juga,” katanya.

Video Tes Tangan Viral di Instagram; Bisa Ungkap Kondisi Saraf Tangan?
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Lalu bagaimana mengetahui apakah ada gangguan pada saraf tangan atau tidak? Mudah. Gangguan pada saraf tangan atau jari-jari tangan bisa ditandai dengan kesemutan, kekakuan, dan kelemahan pada jari. Juga bisa berupa tremor.

Adanya masalah pada sarat tangan, tambah Ryu, juga bisa ditandai dengan rasa kebas. Tangan kiri kebas, misalnya, bersumber dari saraf leher terjepit. Atau bisa juga karena ada masalah pada otak sebelah kanan.

“Kalau kebas hilang timbul atau makin hebat, sebaiknya kontrol ke dokter. Terjadi kelemahan juga harus cek,” sarannya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry