7 Daftar E-Wallet Paling Populer di Indonesia

7 e-wallet paling populer

E-wallet adalah salah satu layanan finansial paling populer. Riset terbaru yang dilakukan InsightAsia berjudul Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook menunjukan dompet digital semakin menjadi metode pembayaran paling yang dipilih masyarakat dibandingkan dengan pembayaran tunai dan transfer bank. Riset tersebut menunjukkan 74% responden menggunakan e-wallet untuk berbagai macam transaksi keuangan mereka. Penggunaan e-wallet ini lebih populer dibandingkan metode pembayaran lainnya, seperti uang tunai (49%), transfer bank (24%), QRIS (21%), paylater (18%), kartu debit (17%) dan VA transfer (16%).

Apa Itu E-Wallet?

E-wallet adalah sebuah layanan keuangan berbasis aplikasi yang memudahkan pengguna menyimpan uang dalam bentuk digital. Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan uang tersebut untuk berbelanja. Transaksi yang bisa Anda lakukan menggunakan e-wallet sangat beragam, seperti berbelanja di toko ritel, membayar tagihan, membeli pulsa, melakukan transfer antarpengguna e-wallet ,hingga melakukan investasi.

 E-wallet telah menjadi populer karena kemudahan penggunaannya dan berbagai fitur tambahan yang ditawarkan, seperti promosi, cashback, atau reward points. Untuk menggunakan e-wallet, pengguna perlu mendaftarkan akun dengan mengisi informasi pribadi, lalu mengisi saldo atau mengaitkannya dengan rekening bank atau kartu kredit untuk melakukan transaksi. Setelah akun terverifikasi, pengguna dapat mengisi saldo e-wallet melalui transfer bank, mobile banking, atau metode lainnya. 

Baca juga: Apa Itu E-Wallet? Definisi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

7 e-wallet paling populer

Mengapa E-Wallet Bisa Populer?

Pertumbuhan e-wallet yang sangat pesat bukan tanpa alasan. Salah satunya karena para penyedia e-wallet berlomba untuk memberikan kemudahan dan kecepatan transaksi. Berikut ini beberapa alasan mengapa e-wallet bisa populer:

1. Keamanan transaksi

Salah satu kelebihan utama aplikasi e-wallet adalah keamanan dalam bertransaksi. E-wallet memiliki banyak lapisan keamanan yang ketat dengan standar internasional, seperti enkripsi data, sistem verifikasi biometrik, dan otentikasi pengguna.

2. Kemudahan dan kecepatan transaksi

E-wallet memberikan layanan dengan sangat cepat dan mudah. Anda hanya perlu menyediakan smartphone yang memiliki layanan internet untuk melakukan transaksi.

3. Layanan bisa digunakan kapan saja dan di mana saja

Pengguna e-wallet sangat dimudahkan karena layanan yang berbasis digital ini dapat digunakan kapan saja dan di mana saja selama masih terhubung dengan jaringan internet. 

4. Terdapat riwayat transaksi

Semua transaksi yang dilakukan menggunakan e-wallet sudah tersimpan secara digital, sehingga semua transaksi keluar dan transaksi masuk akan tercatat di dalam riwayat transaksi. Hal ini yang membuat e-wallet menjadi populer karena pengguna tak perlu repot melakukan pencatatan transaksi. 

5. Promosi dan diskon

Promosi dan diskon yang ditawarkan oleh penyedia layanan e-wallet sangat banyak. Hal ini ikut mendorong masyarakat Indonesia untuk lebih aktif menggunakan e-wallet.

E-Wallet Paling Populer di Indonesia

Perkembangan pembayaran digital di Indonesia semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari, misalnya, semakin banyaknya yang menggunakan e-wallet untuk melakukan transaksi. Berikut ini beberapa e-wallet yang terkenal di Indonesia. 

1. Gopay (Gojek)

Gopay hadir sebagai alat pembayaran untuk ojek online, Gojek. Namun, saat ini, Gopay merupakan sebuah aplikasi tersendiri dari Gojek. Karena menawarkan banyak diskon dan promosi yang menarik, Gopay bertumbuh menjadi salah satu aplikasi e-wallet populer di Indonesia. 

2. YUKK 

Aplikasi YUKK adalah salah satu e-wallet yang berfungsi untuk menampung uang rupiah yang dapat dipergunakan untuk melakukan aneka transaksi, seperti membayar tagihan bulanan, membeli pulsa telepon dan paket data, dan membeli pulsa listrik. YUKK mendukung pembayaran dengan scan QRIS dan memiliki fitur transfer uang, baik kepada sesama pengguna aplikasi YUKK maupun ke rekening bank. Kamu bisa mengisi saldo melalui ATM atau mobile banking dan Alfamart. Minimal top up adalah Rp10.000.

aplikasi yukk

Untuk YUKK Cash, batas saldo yang dapat ditampung sebesar Rp2 juta untuk akun yang belum upgrade menjadi akun YUKK Premium dan Rp20 juta untuk akun YUKK Premium. Batas akumulasi saldo masuk tiap bulan untuk akun YUKK yang belum di-upgrade menjadi akun YUKK Premium adalah Rp 20 juta. Sementara untuk akun YUKK Premium, batas akumulasi saldo adalah Rp40 juta.

Anda dapat mengunduh aplikasi YUKK di Playstore dan App Store.

3. OVO

OVO menawarkan berbagai fitur untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran, transfer uang, pembelian pulsa dan lainnya. Tambahan lagi, OVO juga bekerja sama dengan Grab, salah satu penyedia layanan transportasi online di Indonesia. 

4. DANA

DANA menawarkan berbagai kemudahan transaksi digital, seperti pembayaran tagihan, belanja online, transfer uang, pembelian pulsa dan paket data. 

5. LinkAja

Aplikasi e-wallet yang juga menawarkan berbagai fitur untuk menunjang kemudahan dalam bertransaksi adalah LinkAja. Selain pembayaran tagihan dan transaksi online, LinkAja juga digunakan untuk mengisi ulang pulsa dan membayar biaya transportasi.

6. ShopeePay

Sebagai salah satu e-commerce, Shopee menyediakan layanan e-wallet-nya sendiri untuk memudahkan proses pembelian di dalam aplikasinya. ShopeePay menawarkan berbagai kemudahan transaksi digital, seperti pembelian di dalam aplikasi, pembayaran tagihan, transfer uang, dan pembelian pulsa dan paket data. 

7. i.saku

i.saku adalah salah satu e-wallet yang dimiliki oleh Indomaret. i.saku memiliki fitur, seperti pembayaran tagihan, pembelian voucher game, top up pulsa, dan transfer uang. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry