Manfaat Website Bagi Para Pebisnis

manfaat-website-untuk-bisnis

Dalam menjalankan bisnis online, website menjadi salah satu aspek penting untuk dapat memberikan hasil penjualan yang maksimal. Menurut sebuah artikel yang dimuat di dalam Forbes, berjudul Why Every Business Needs A Website, website dapat membantu bisnis dalam meningkatkan penghasilan. Alasan inilah yang mendorong pelaku bisnis memanfaatkan website untuk menjadi salah satu alat pemasaran.  

Memang harus diakui bahwa website memainkan peran yang penting dalam perkembangan bisnis online. Menurut Global Web Index, 62% calon pelanggan mengunjungi website terlebih dahulu untuk mencari informasi tentang merek maupun produk sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Dengan pertimbangan tersebut, mempunyai website yang baik dapat memberikan peluang lebih besar bagi calon pelanggan untuk membeli produk yang sedang Anda jual.

manfaat-website-untuk-bisnis

Mengapa Website Penting?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, memiliki website tersendiri bagi seorang pebisnis adalah salah satu elemen kunci dalam mengembangkan bisnis. Berikut beberapa manfaat bagi bisnis, seperti yang dikutip YUKK dari berbagai sumber:

1. Kredibilitas dan Membangun Kepercayaan

Salah satu alasan terpenting sebuah produk atau layanan memiliki pelanggan yang banyak adalah kredibilitas yang dimiliki oleh bisnis tersebut. Selain itu, membangun kepercayaan kepada para pelanggan dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan untuk tetap memilih produk atau layanan Anda. Tanpa manfaat website, Anda dapat kehilangan kesan pertama untuk calon pelanggan Anda karena ketika para calon pelanggan Anda ingin melakukan riset sederhana untuk membeli produk, informasi yang tersedia untuk bisnis Anda sangat terbatas. 

Anda juga perlu memperhatikan para pesaing Anda. Akan ada beberapa pesaing yang menawarkan produk atau layanan yang sama dengan yang Anda tawarkan. Dengan memiliki kredibilitas yang lebih terjaga, bisnis Anda lebih menonjol dibandingkan dengan para pesaing Anda. 

2. Sarana Branding

Memperlihatkan bisnis Anda kepada calon pelanggan adalah salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan. Anda perlu memperkenalkan siapa Anda, keresahan apa yang Anda ingin pecahkan, dan apa yang Anda perjuangkan. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan pelanggan untuk memilih bisnis Anda. Ini adalah cara Anda tampil beda dengan pesaing-pesaing Anda. Tanpa adanya website, bisnis Anda akan sulit berkembang karena orang tidak menemukan informasi yang valid tentang bisnis Anda.

3. Pertumbuhan Bisnis

Dengan adanya website, bisnis dapat menjangkau lebih banyak audiens. Hal ini memberikan kesempatan pada bisnis Anda untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan menarik perhatian pelanggan potensial dari berbagai tempat. Jangkauan pasar yang lebih luas dapat membuka kemungkinan pertumbuhan bisnis yang lebih pesat. 

4. Peningkatan Penjualan

Selain dapat membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis, jangkauan pasar yang lebih luas dapat membantu meningkatkan penjualan jika dikelola dengan lebih baik. Dengan demikian, penting untuk sebuah website memiliki informasi yang lengkap tentang produk yang dijual. 

Untuk memaksimalkan penjualan, Anda dapat membuat call to action (CTA) yang jelas di dalam website Anda. Dengan cara ini, promosi produk bisa dilakukan lebih tepat dan langsung menggiring pelanggan untuk membeli ketika mereka tertarik. Jangan biarkan calon pembeli banyak berpikir atau kesulitan saat ingin membeli.

Baca juga: Yuk, Pelajari Berbagai Istilah Bisnis yang Wajib Anda Tahu!

5. Selalu Hadir 

Salah satu manfaat website adalah aksesibilitasnya bagi siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Bahkan ketika jam operasional bisnis Anda telah tutup, pelanggan dapat mengakses website Anda dan menggunakan layanan atau mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Website selalu bekerja untuk memastikan bahwa pelanggan yang datang selalu dilayani dengan nyaman.

Selain itu, website dapat memberikan dukungan nonstop untuk para pelanggan. Memberikan dukungan pelanggan secara online lebih mudah dan lebih hemat biaya daripada menyewa personel untuk memberikan dukungan. Inilah alasan mengapa memiliki website itu penting karena dukungan pelanggan melalui website dapat diberikan dalam berbagai cara:

FAQ (Frequently Asked Questions): Ini adalah medium yang paling umum digunakan. Semua pertanyaan pelanggan yang sering diajukan dijawab melalui website. Menghemat waktu dan sumber daya Anda, sambil juga memberikan informasi yang tepat dan relevan kepada pelanggan.

Chatbots: Chatbots melakukan pekerjaan menjawab pertanyaan pelanggan yang sering diajukan melalui jawaban template. Chatbots juga dapat memberikan pengguna banyak informasi penting lainnya, seperti prosedur pendaftaran, informasi tentang layanan/produk, dan sebagainya.

manfaat-website-untuk-bisnis

Apakah Bisnis Saya Memerlukan Website?

Pertanyaan: Saya sudah memiliki akun media sosial yang sudah dikelola dengan baik. Perlukah saya tetap menggunakan website?

Jawaban: Meskipun memiliki akun media sosial yang dikelola dengan baik merupakan langkah yang positif dalam membangun kehadiran online, memanfaatkan website tetap memiliki sejumlah keuntungan dan nilai tambah yang signifikan. Pertama, Anda memiliki hak akses penuh untuk konten yang Anda ingin sediakan untuk para calon pelanggan Anda. 

Kedua, analisa dan pengukuran yang lebih jelas jika dibanding dengan sosial media. Anda dapat mengetahui seberapa sering produk Anda dilihat dan berapa lama audiens Anda menetap di dalam website Anda, sehingga Anda dapat menyusun strategi promosi yang pas untuk penjualan.

Ketiga, Anda tidak perlu bergantung pada platform media sosial. Bergantung hanya pada media sosial membuat bisnis rentan terhadap perubahan algoritma, kebijakan platform, atau bahkan risiko akun dinonaktifkan. Dengan website, Anda mengurangi risiko ini dan memiliki kontrol penuh atas kehadiran online bisnis Anda.

Pertanyaan: Saya sudah memiliki akun e-commerce dengan popularitas sudah tinggi. Perlukah saya tetap menggunakan website

Jawaban: Setiap platform e-commerce memiliki kebijakan masing-masing untuk akun seller dan bagaimana produk dipromosikan kepada para pengunjung. Untuk itu, penting bagi Anda memiliki website agar Anda tidak begitu tergantung kepada platform e-commerce tertentu. Kebijakan tiap platform bisa berubah-ubah setiap saat. 

Selain itu, dengan menggunakan website sendiri, Anda tidak perlu risau akan potongan biaya administrasi yang sangat besar. Jika Anda memiliki website, Anda memiliki keleluasan untuk memilih metode pembayaran dengan biaya yang lebih terjangkau. Salah satunya Anda dapat memilih YUKK Payment Gateway. 

aplikasi yukk | 7 e-wallet paling populer

Biaya yang ditawarkan oleh YUKK Payment Gateway sangat terjangkau. Mulai dari 1,5% untuk transaksi dengan e-wallet, Rp3.750 untuk transaksi dengan virtual account (transfer bank), 2,7% untuk transaksi dengan kartu kredit, dan  0,7% untuk transaksi dengan QRIS. Anda dapat melakukan simulasi potongan transaksi dengan menggunakan Kalkulator Harga di sini.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry