6 Rekomendasi Website Toko Online Gratis untuk Memulai Bisnis Digital

rekomendasi website toko online

Pada zaman digital ini, pelaku usaha didorong untuk memiliki toko online. Bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, melainkan juga untuk meningkatkan jangkauan audiens yang lebih luas, sehingga para pelaku usaha dapat memasuki pasar baru. Kebutuhan ini didorong oleh penggunaan smartphone oleh masyarakat yang semakin meningkat, sehingga toko online sudah menjadi sebuah keperluan sekarang ini. 

Website toko online adalah situs untuk menawarkan produk dan menyediakan proses transaksi secara online. Di dalamnya terdapat berbagai fitur untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin berbelanja. Website jualan idealnya menyediakan gambar produk lengkap dengan keterangannya, CTA (call-to-action) yang jelas, pilihan metode pembayaran, dan rating pembeli. 

Jika Anda masih belum memiliki gambaran tentang website toko online, Anda dapat menyimak artikel ini untuk mendapatkan rekomendasi platform untuk membuat toko online.  

Keuntungan Membuat Website Toko Online 

Dalam era digital yang terus berkembang, bisnis yang ingin tetap bersaing perlu memanfaatkan kehadiran online. Salah satu cara efektif untuk itu adalah dengan menggunakan website toko online. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai keuntungan yang dapat diperoleh oleh bisnis dengan adopsi model penjualan online melalui website.

1. Aksesibilitas 24/7

Website toko online memungkinkan pelanggan mengakses produk atau layanan Anda kapan pun, di mana pun. Hal ini memberikan kemudahan bagi mereka yang memiliki jadwal sibuk atau berbeda zona waktu. Dengan begitu, potensi penjualan meningkat karena bisnis Anda dapat tetap aktif secara terus-menerus.

2. Pasar Lebih Luas

Dengan adanya website toko online, bisnis Anda dapat menjangkau pelanggan di berbagai wilayah dan negara. Hal ini membuka peluang ekspansi global tanpa batasan geografis. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan potensi penjualan dengan menarik pelanggan dari berbagai latar belakang dan lokasi.

3. Biaya Operasional Lebih Rendah

Operasional toko fisik memerlukan biaya yang signifikan, seperti sewa tempat, listrik, dan kebutuhan operasional lainnya. Dengan website toko online, biaya operasional dapat berkurang secara drastis. Strategi ini dapat dilakukan untuk bisnis yang baru merintis, website toko online dapat dijadikan alternatif sambil mengumpul modal yang lebih besar untuk keberlangsungan bisnis. 

4. Analisis dan Pelacakan 

Platform toko online menyediakan alat analisis yang kuat. Anda dapat melacak perilaku pembeli, mengidentifikasi produk terpopuler, dan membuat strategi pemasaran yang lebih terarah. Meningkatkan keefektifan pemasaran dengan memahami preferensi dan perilaku pelanggan.

5. Kemudahan Pencarian Produk

Pelanggan dapat dengan mudah mencari dan memfilter produk yang mereka cari melalui fitur pencarian dan kategori yang terstruktur. Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menyediakan pengalaman berbelanja yang efisien dan efektif. Dengan fitur pencarian, Anda juga dapat lebih transparan dengan stok produk Anda kepada pelanggan Anda. 

6. Interaksi Lebih Personal

Website toko online memungkinkan bisnis berinteraksi secara langsung dengan pelanggan melalui ulasan produk, formulir kontak, dan layanan pelanggan online. Membangun hubungan lebih dekat dengan pelanggan, mendengarkan umpan balik, dan tentunya meningkatkan loyalitas pelanggan.

7. Promosi dan Diskon Mudah Diakses

Mempromosikan produk atau memberikan diskon dapat dilakukan dengan cepat dan mudah melalui website. Pelanggan dapat mengakses informasi promosi langsung dari platform online. Meningkatkan daya tarik dan frekuensi pembelian dengan menawarkan promosi yang menarik.

rekomendasi toko online

6 Rekomendasi Website Toko Online Gratis

1. Wix

Mix merupakan alat pembuat website yang mudah digunakan. Website ini membantu Anda untuk membuat website dengan dua pilihan, yaitu melalui metode drag-and-drop dan menggunakan perancangan kecerdasan buatan ADI Wix. 

Paket gratis mencakup domain, hosting, bandwidth, dan ruang penyimpanan hingga 500 MB. Meskipun gratis, platform Wix menyediakan berbagai pilihan template yang terkustomisasi. Di samping itu, Anda juga dapat mengakses koleksi ikon, gambar, clip art, dan aplikasi secara gratis.

2. Woocommerce

Woocommerce menjadi salah satu rekomendasi website toko online gratis yang berikutnya. Integrasi Woocommerce dengan WordPress membuatnya menjadi salah satu website toko online gratis yang populer di kalangan penjual online

Dengan Woocommerce, Anda bisa menjual berbagai jenis produk, baik barang fisik maupun produk digital. Terdapat fitur yang memudahkan penjualan online, seperti estimasi penghitungan ongkos kirim dan fitur promosi produk seperti diskon produk. 

3. Shopify

Shopify merupakan salah satu layanan penyedia website toko online yang juga diminati pelaku bisnis online, Shopify mampu menangani berbagai aspek, seperti pemasaran, pembayaran, pengiriman, hingga jaminan pembayaran yang aman. Semuanya dapat diatur dengan mudah. 

Shopify juga sangat mudah digunakan karena memungkinkan penggunanya untuk membuat website yang diinginkan dengan menggunakan fitur drag-and-drop. Selain itu, banyaknya tema yang dapat dikustomisasi serta aplikasi POS Shopify dapat memudahkan pembuatan website toko online

4. Weebly

Weebly menyediakan uji coba gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat toko online dengan platform ini. Weebly memberikan fleksibilitas untuk menambahkan berbagai jenis produk, baik produk fisik maupun produk digital.

Weebly menyediakan pilihan tema yang sangat beragam sehingga Anda dapat menemukan tampilan yang Anda inginkan. Fitur checkout, manajemen inventaris, pengiriman, dan pengelolaan pajak juga sudah tersedia. 

5. Google Site

Google Site adalah platform pembuatan situs web yang disediakan oleh Google. Meskipun tidak secara khusus dirancang untuk membuat toko online, Google Site tetap dapat digunakan untuk membuat situs toko online sederhana. Termasuk membuat halaman produk dan layanan. 

Google Site memiliki keunggulan berupa dapat diakses secara gratis dan memiliki antarmuka yang ramah pengguna. Sangat cocok untuk para pelaku UMKM yang belum terlalu memahami cara membuat website. Sayangnya Google Site tidak memiliki fitur e-commerce bawaan, sehingga hanya cocok digunakan untuk membuat toko online sederhana. 

6. Big Cartel

Big Cartel adalah platform e-commerce yang fokus pada bisnis kecil dan menengah. Dengan menggunakan Big Cartel, pengguna dapat menjual produk mereka dengan mudah tanpa adanya fitur yang membingungkan atau kompleks. Dengan demikian, para pelaku UMKM, yang kebanyakan adalah pemula dalam dunia digital, dapat dengan mudah menggunakan Big Cartel. 

rekomendasi toko online

Tips Memilih Website Toko Online

Memilih website yang dapat digunakan untuk berjualan online bisa menjadi sangat membingungkan bagi para pelaku UMKM. Selain karena banyaknya platform yang menyediakan layanannya, banyak istilah teknis yang dapat membuat pemula mengalami kebingungan dalam memilih website toko online terbaiknya. 

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda pahami sebelum mulai memutuskan membuat website toko online:

1. Pastikan Kecepatan Website Terjamin

Dalam berjualan online, kecepatan memuat (loading) website menjadi salah satu faktor yang harus sangat diperhatikan oleh Anda ketika ingin membuat toko online sendiri. Kecepatan memuat website ini menjadi penting karena semakin lama website Anda dimuat, semakin kecil pelanggan membeli produk Anda. Oleh karena itu, untuk menjaga kenyamanan pelanggan, Anda harus memperhatikan kecepatan website milik Anda. 

2. Memperhatikan Potensi Website Traffic

Jika produk atau layanan Anda memiliki pasar yang besar, maka akan banyak orang yang mengunjungi website tersebut. Anda harus mempertimbangkan menggunakan resource yang besar pula. Karena jumlah pengunjung yang besar, resource yang kecil dapat membuat  server dari website Anda down atau tidak bisa diakses.

4. Menentukan Platform 

Anda perlu mempertimbangkan platform mana yang akan Anda gunakan sebelum membuat karena berbagai platform menawarkan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Selain itu, platform dengan komunitas yang besar seperti WordPress akan lebih membantu karena banyaknya pengguna.

5. Gunakan Sistem Pembayaran Otomatis

Penting untuk membangun sistem otomatis, termasuk dalam sistem pembayaran. karena dengan menggunakan sistem pembayaran otomatis, pelanggan akan dimudahkan dalam proses transaksinya.

Apakah Payment Gateway Bisa Membuat Transaksi Jauh Lebih Mudah? 

Payment gateway dapat mempermudah transaksi Anda. Karena payment gateway memberikan Anda sistem pembayaran otomatis untuk setiap transaksi yang dilakukan pelanggan Anda. Dengan menggunakan payment gateway, pelanggan Anda tidak perlu menunggu invoice dan konfirmasi pembelian setiap kali melakukan transaksi. 

Anda tidak perlu mengecek setiap transaksi yang terjadi karena Anda akan menerima notifikasi untuk setiap pembayaran secara real-time dan otomatis. Anda juga akan terhindar dari kemungkinan penipuan karena payment gateway menggunakan sistem verifikasi untuk setiap transaksi. Dengan demikian, bisnis online Anda akan lebih aman.

Salah satu payment gateway yang sudah digunakan lebih dari 13.000 merchant adalah YUKK Payment Gateway. YUKK Payment Gateway menyediakan berbagai layanan dengan biaya yang transparan. Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang biaya layanan, kamu bisa mengunjungi laman ini. 

YUKK Payment
Virtual Account (Transfer Bank)Rp3.750 per transaksi
Kartu Kredit2.70% per transaksi
e-WalletYUKK (1,5%), DANA (2%), OVO (2%) ShopeePay (2,5%), LinkAja (2,5%)
QRIS0,7% per transaksi
aplikasi yukk | 7 e-wallet paling populer

Layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway memiliki berbagai layanan seperti: 

1. YUKK Payment 

Dengan sistem integrasi tunggal yang YUKK Payment Gateway siapkan, penjual dapat dengan mudah menerima pembayaran online dalam berbagai metode, seperti virtual account, kartu kredit QRIS, dan e-Wallet.

2. YUKK Checkout

YUKK Payment Gateway mempermudah pelanggan Anda melakukan pembayaran dengan YUKK Invoice melalui laman checkout yang dibagikan. Invoice antarmuka yang YUKK Payment Gateway siapkan sangat mudah digunakan untuk menagih pelanggan Anda.

3. YUKK Payment Link

Salah satu layanan YUKK Payment Gateway adalah YUKK Payment Link.  Dengan layanan ini, Anda bisa membuat link (tautan) pembayaran dan membagikannya kepada pelanggan Anda melalui media sosial atau aplikasi perpesanan singkat. Ketika proses pembayaran berhasil, Anda akan segera menerima notifikasi.

4. YUKK Disbursement

YUKK Payment Gateway membuat proses pengiriman dan penerusan dana (disbursement) ke ribuan penerima sekaligus menjadi lebih mudah dan praktis dengan minimum transfer Rp10.000. YUKK Payment Gateway sudah terhubung dengan berbagai bank dan e-Wallet di Indonesia.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry