Teh Putih: Mahal Harganya, tapi Banyak Khasiatnya

Teh Putih: Mahal Harganya, tapi Banyak Khasiatnya
(Foto: iStock)

Ada banyak jenis teh di dunia. Ada teh hijau, teh hitam, teh merah, teh oolong, teh putih, dan beberapa lagi lainnya. Masing-masing jenis teh itu punya aroma dan khasiatnya tersendiri.

Kali ini, YUKK mau membahas salah satu jenis teh yang belakangan ini semakin diminati para pencinta teh: teh putih. Teh ini dicari orang karena aromanya kuat dan manfaat kesehatannya banyak. Karena proses pembuatannya yang berbeda, harga teh ini termasuk mahal.

Teh ini berasal dari pucuk tanaman teh yang termuda (masih menggulung dan belum menjadi daun). Bagian pucuk termuda itu masih berwarna putih dan diselimuti bulu halus. Pucuk daun tersebut kemudian dikeringkan. Proses pengeringan itu tidak membuat pucuk muda itu berubah warna menjadi kecoklatan, tetapi tetap berwarna putih keperakan. Itulah mengapa jenis teh ini disebut teh putih. Ada juga yang menyebutnya silver needlekarena tampak seperti jamur perak.

Teh Putih: Mahal Harganya, tapi Banyak Khasiatnya
(Foto: Green Hill Tea)

Beberapa literatur menyebut bahwa teh putih ini berasal dari China. Sudah ada sejak Dinasti Song (1279-690 SM). Pada awalnya, teh jenis ini hanya dikonsumsi oleh kaisar dan keluarga kerajaan. Bahkan dianggap menjadi resep rahasia kerajaan. Baru pada sekitar 1981, China mulai mengekspor teh putih ini. Sejak saat itulah, teh putih tersebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Di Indonesia, teh putih mulai dibudidayakan pada 1878. Salah satu daerah yang membudidayakan teh putih di Indonesia adalah Gemboeng, Jawa Barat. Dalam perjalanannya, teh putih dari Indonesia ini mendapat pengakuan dari The International Society of Antioxidant and Nutrition and Health, Paris, Prancis.

Teh Putih: Mahal Harganya, tapi Banyak Khasiatnya
Pucuk teh (Foto: iStock)

Dikutip dari unggahan Instagram Kementerian Pertanian RI, harga teh putih ini cukup mahal. Harganya berkisar antara Rp1,5 juta—Rp2 juta/kg. Mengapa harganya mahal?

Ada beberapa alasan. Pertama, persediaan pucuk termuda tanaman teh ini terbilang terbatas. Proses pengolahannya khusus, sehingga aroma dan rasanya unik dan khas. Tidak melalui proses oksidasi seperti jenis teh lainnya.

Teh Putih: Mahal Harganya, tapi Banyak Khasiatnya
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Selain itu, khasiatnya banyak. Kandungan antioksidannya disebut-sebut 3 kali lipat lebih banyak daripada teh hijau. Kandungan inilah yang melindungi tubuh dari kerusakan karena radikal bebas.

Jika dikonsumsi secara rutih, teh putih akan memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Mulai dari menurunkan kadar gula darah, kolesterol, kadar lemak, hingga meningkatkan fungsi jantung. Juga dapat mencegah penuaan dini, mengurangi kerutan, dan menjaga kelembapan kulit.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry