Sudahkah Diet Anda Tepat?

perempuan langsing
(Foto: hotthreadsid.wordpress.com)

Kalau mau langsing dan proporsional, jangan makan ini dan itu. Hindari minuman ini, hindari juga minuman itu. Jam sekian tidak boleh makan, jam sekian baru boleh makan.

Itulah sederet larangan yang sering dijadikan pegangan banyak perempuan. Masalahnya adalah aturan semacam itu ternyata salah. Bukannya tambah langsing, aturan seperti itu malah bikin orang tambah sakit. Berat badan naik tak karuan dan badan melar tak proporsional. Apa yang salah dengan diet Anda?

Berikut ini kami beberkan sederet kekeliruan perempuan dalam menjalankan program diet. Semakin cepat kekeliruan ini dikenali dan disadari, semakin cepat hasil yang diperoleh.

  • Menurunkan kalori secara drastis
    diet yang benar
    Ilustrasi (Foto: infoincara.com)

    Ini adalah kekeliruan pertama yang dibuat banyak perempuan. Apakah menurunkan kalori secara drastis akan mempercepat penurunan berat badan? Ternyata tidak. Berdiet bukan berarti memangkas makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berdiet sebenarnya adalah mengatur pola makan. Itu berarti yang diatur adalah jumlah asupan kalorinya dan bukan memangkas atau menurunkan kadar kalori secara drastis. Jika Anda mengurangi kadar kalori secara tajam, tubuh akan bereaksi dengan cepat. Dan hal ini akan menimbulkan banyak masalah.

  • Semakin ketat, semakin cepat
    makanan sehat
    (Foto: hipwee.com)

    Kekeliruan besar kedua adalah memperketat program diet untuk mendapatkan hasil yang cepat. Orang yang sedang menjalankan program diet yang ketat menolak banyak jenis makanan. Yang mereka pilih hanya satu. Misalnya, mereka hanya makan sup atau minum jus buah pada waktu makan siang. Prinsip mereka adalah semakin sedikit, semakin cepat dan baik. Jelas ini salah. Mengapa? Mengurangi asupan makanan, yang berarti juga asupan nutrisi, akan mengurangi energi tubuh. Tubuh akan cepat lelah. Ujung-ujungnya orang seperti ini “balas dendam” dengan makan apa pun sebanyak-banyaknya. Diet menjadi tidak efektif.

  • Jangan makan pada malam hari
    Sereal
    (Foto: galerisehat.co)

    Kesalahan ketiga perempuan yang sedang menjalankan program diet adalah tidak makan pada malam hari. Alasan mereka adalah berat badan bakal cepat naik kalau makan pada malam hari. Ini jelas salah karena tubuh tetap memerlukan kalori yang cukup. Harus diingat bahwa gemuk atau tidak gemuknya Anda tidak tergantung pada kapan atau jam berapa Anda makan, tetapi pada pola hidup dan jenis makanan. Kalau yang Anda makan adalah makanan berkadar kalori yang sangat tinggi atau banyak mengandung kolesterol, kelebihan kalori ini akan disimpan sebagai lemak. Jika Anda harus makan sesuatu, pilihlah camilan rendah lemak, air hangat, sereal, dan susu rendah lemak. Untuk mereka yang suka bergadang atau kerja hingga dini hari, makan malam tetap bermanfaat. Kalori yang ada tetap terpakai.

  • Jangan makan sebelum waktunya
    makan sayur
    Ilustrasi (Foto: lifestylemunch.com)

    Supaya cepat langsing, banyak perempuan berusaha untuk makan tepat waktu. Tidak boleh makan sebelum waktunya. Ternyata ini pandangan yang salah. Justru makan makanan kecil yang sehat di antara jam makan siang dan malam membantu proses metabolisme tubuh lebih stabil, sehingga perut Anda tak terlalu kosong dan lapar pada jam makan. Di antara jam makan itu, Anda bisa makan buah dan sayur. Ingat, hampir semua buah mengandung serat, air dan nutrisi yang mengenyangkan.

  • Sengaja tidak makan
    Diet
    Ilustrasi (Foto: falony.com)

    Satu lagi kesalahan orang dalam program diet. Sengaja tidak makan supaya cepat kurus. Ini pandangan yang salah karena dengan tidak makan pada jam-jam makan, metabolisme tubuh akan terganggu. Metabolisme terganggu karena kalori berkurang atau tidak ada. Akibatnya, tubuh menjadi lemah.

  • Katakan “tidak” pada lemak
    makanan berlemak
    (Foto: kompas.com)

    Selama program diet berlangsung, banyak perempuan menghindari lemak. Alasan mereka adalah lemak membuat badan gemuk. Benarkah? Ini pandangan yang salah. Tubuh memerlukan 50 gram lemak setiap hari untuk menjaga otot tetap licin dan kuat. Itu berarti tidak semua lemak jahat. Beberapa jenis lemak yang dianjurkan untuk tetap dikonsumsi adalah omega 3 yang terdapat di dalam ikan dan lemak yang terdapat di dalam kacang-kacangan, minyak zaitun dan avokad.

  • Jangan minum susu

    Minum susu
    Ilustrasi (Foto: starberita.com)

    Banyak orang gagal menjalankan program diet karena menolak dan menghindari susu atau produk yang terbuat dari susu seperti keju atau es krim. Mengapa? Karena susu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan kalsiumnya sangat banyak. Menurut sebuah penelitian, konsumsi kalsium yang cukup dapat menurunkan berat badan.

Baca juga tips merawat kulit wajah.

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
1
haha
0
wow
0
sad
0
angry