Sudah Pakai Legging, Masih Perlukah Celana Dalam?

Sudah Pakai Legging, Masih Perlukah Celana Dalam?
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Selain sport bra, apparel yang dipilih perempuan untuk berolahraga adalah legging. Selain karena lebih praktis, legging dipilih juga karena lebih nyaman ketika dikenakan. Legging membuat perempuan lebih bebas bergerak.

Yang menjadi pertanyaan adalah kalau sudah pakai legging, masih perlukah pakai celana dalam? Ada yang mengatakan bahwa celana dalam tidak perlu lagi dipakai karena legging saja sudah ketat. Namun, ada yang mengatakan bahwa legging tidak lantas menggantikan celana dalam. Para ahli kesehatan pun memiliki pendapat yang berbeda tentang hal ini.

Sudah Pakai Legging, Masih Perlukah Celana Dalam?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menurut Rupal Juran, MD, FACOG, seorang ginekolog, menyarankan perempuan untuk tetap memakai celana dalam. Alasannya adalah ada banyak gesekan antara tubuh dengan pakaian saat berolahraga. Celana dalam dapat mencegah terjadinya luka, ingrown hair, dan infeksi.

Jenis celana dalam yang dipakai pun tak bisa sembarangan. Misalnya, celana dalam jenis thong. Celana ini dipilih perempuan dengan alasan agar garis celana dalam tidak tembus. Masalahnya adalah celana dalam seperti ini dapat menyebabkan trauma pada kulit halus di daerah yang tertutup thong. Oleh karena itu, perempuan disarankan untuk memilih celana dalam berbahan katun.

Sudah Pakai Legging, Masih Perlukah Celana Dalam?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Sementara itu, menurut Donna Bell, MD, seorang ginekolog, celana dalam tidak perlu dipakai jika legging sudah dipakai. Alasannya adalah celana dalam menghalangi aliran udara. Jika tidak ada aliran udara, area intim akan sangat lembap. Belum lagi keringat yang keluar karena olahraga. Kondisi ini memicu perkembangan ragi yang sebenarnya senang area gelap, lembap, dan manis.

Lalu seharusnya bagaimana? Tergantung pada pribadi masing-masing. Bisa pakai celana dalam, bisa juga tidak. Yang penting adalah bersih. Dan segeralah mandi setelah berolahraga.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry