Resmi! Gubernur Kalimantan Tengah Nikahi Gadis 25 Tahun dari Semarang

Gubernur Kalimantan Tengah Nikahi Gadis 25 Tahun dari Semarang
Sugianto dan Yulistra (Foto: Instagram)

Cukup lama Sugianto Sabran, Gubernur Kalimantan Tengah, hidup sendiri. Kurang lebih 11 tahun. Persisnya sejak bercerai dari Ussy Sulistiawaty pada tahun 2006 silam.

Perlu diketahui bahwa Sugianto dan Ussy menikah pada 12 Agustus 2005 lalu. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai seorang anak yang diberi nama Syafa Al Zhara. Pada Desember 2006, mereka bercerai. Ussy lalu menikah dengan Andhika Pratama pada Januari 2012 lalu.

Setelah cukup lama menduda, lelaki berusia 44 tahun itu akhirnya menemukan teman hidupnya. Dia adalah seorang gadis cantik kelahiran 26 Juli 1992. Namanya Yulistra Ivo Azhari. Gadis asal Semarang itu bekerja sebagai tenaga Public Relation Gumaya Hotel Semarang.

Gubernur Kalimantan Tengah Nikahi Gadis 25 Tahun dari Semarang
(Foto: google)

Sugianto dan Yulistra menjalin hubungan serius selama sekitar 4 tahun. Pada Jumat (5/1) malam lalu, seperti dilansir dari tribunnews.com, Sugianto melamar Yulistra. Acara lamaran itu berlangsung di kediaman Yulistra di Semarang.

Dua prosesi
Dua puluh hari setelah lamaran itu, mereka menikah. Akad nikah digelar di Masjid Raya Darussalam. Pernikahan tersebut, seperti dilansir kompas.com, didahului dengan prosesi adat Dayak. Setelah itu baru dianjutkan dengan prosesi adat Jawa Tengah dan ijab kabul.

Gubernur Kalimantan Tengah Nikahi Gadis 25 Tahun dari Semarang
(Foto: tribunnews.com)

Dalam prosesi pernikahan adat Dayak itu, Yulistra Ivo Azhar mendapat gelar sebagai Nyai Rantian Intan: seorang perempuan yang mampu menjaga kesucian dan kehormatan keluarga serta membawa cahaya kedamaian bagi masyarakat. Sebagai seorang gubernur, Yulistra harus bisa menjadi cahaya kedamaian bagi masyarakat Kalimatan Tengah; harus bisa mendampingi sang suami dalam mengemban tugas melayani dan mengayomi seluruh warga Kalimantan Tengah.

Simbol dari pemberian gelar adat itu adalah penyerahan Sangku dan kalung Lilis Tamiyang. Kedua barang adat itu diserahkan oleh Ketua DAD Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran. Setelah pemberian gelar adat itu, beberapa tetua adat menyalami Nyai Rantian Intan Yulistra Ivo Azhari dan memberinya ucapan selamat.

Sementara itu, dalam prosesi pernikahan adat Jawa, Sugianto Sabran menerima gelar dari Keraton Pakualaman, Yogyakarta. Gelar yang diberikan adalah Kanjeng Raden Tumenggung Hario Sugianto Sabran Sri Lintang Noto Projo.

Gubernur Kalimantan Tengah Nikahi Gadis 25 Tahun dari Semarang
(Foto: google)

Dengan gelar ini, Sugianto diharapkan bisa menjadi seorang pemimpin yang dapat mengayomi keluarga dan masyarakat Kalimantan Tengah dan melestarikan adat dan budaya. Penganugarahan gelar dilangsungkan setelah prosesi sungkeman dan sesaat sebelum ijab kabul dilaksanakan.

Ribuan orang
Acara resepsi digelar setelah akad nikah itu di Istana Isen Mulang, rumah jabatan gubernur Kalimantan Tengah, Palangkaraya. Beberapa pejabat negara hadir dalam acara ini. Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Zulkifli Hasan, Ketua MPR, menjadi saksi pernikahan Sugianto dan Yulistra. Selain mereka, hadir juga Megawati Soekarnoputri dan beberapa menteri.

Setelah prosesi pernikahan adat dan agama, acara dilanjutkan dengan pesta rakyat. Ribuan warga Kota Palangkaraya tenggelam dalam kegembiraan dan kebahagiaan. Mereka sudah tidak sabar untuk melihat dari dekat Sugianto dan Yulistra.

“Setelah selesai proses pernikahan secara adat, baik itu adat Jawa Tengah maupun adat Dayak, acara selanjutnya adalah pesta rakyat yang digelar di Bundaran Besar Kota Palangkaraya,” kata Herson, panitia acara pernikahan sang gubernur.

Gubernur Kalimantan Tengah Nikahi Gadis 25 Tahun dari Semarang
Sugianto dan Yulistra menyapa warga Kalimantan Tengah (Foto: jpnn.com)

Dalam pesta rakyat itu disajikan berbagai jenis makanan. Selain itu, digelar pula pawai budaya dari 14 kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Tengah.

Ussy Sulistiawaty, mantan istri Sugianto, juga diundang beserta suami dan anak-anak mereka. Namun, Ussy tidak hadir karena sibuk dengan pekerjaannya.

 

#YUKKpakeYUKK

 

 

0
like
0
love
1
haha
0
wow
0
sad
0
angry