Pria, Ini 4 Jenis Makanan Penambah Sperma

Makanan penambah sperma
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kualitas sperma sangat dipengaruhi oleh gaya hidup. Jangan berharap kamu punya sperma yang bagus kualitasnya jika gaya hidupmu masih tidak sehat. Jangan berharap produksi spermamu lancar dan tinggi jika pola makanmu tidak sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang buruk bisa menurunkan produksi dan kualitas sperma. Itu berarti bahwa jika apa yang kamu makan tidak mengandung nutrisi yang mendukung produksi sperma, maka produksi spermamu bisa menurun. Kualitasnya pun buruk. Dalam proses pembuahan, sperma seperti itu tidak akan bekerja maksimal. Bahkan bisa terjadi tidak ada pembuahan sama sekali.

Makanan apa saja yang bisa menambah jumlah produksi sperma? Laman alodokter.com melansir 4 jenis makanan yang bisa meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Empat jenis makanan ini harus dikonsumsi pria.

Makanan yang kaya akan antioksidan

Makanan penambah sperma
Ilustrasi pria makan anggur (Foto: Freepik)

Makanan yang diketahui mengandung zat antioksidan dalam jumlah yang tinggi adalah anggur, buah beri (blueberi, stroberi, dan raspberi), sayuran hijau (bayam, selada, dan brokoli), wortel, ubi manis, kacang-kacangan, teh, dan makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh. Zat antioksidan membantu meningkatkan pergerakan sperma dan mencegahnya mengalami kerusakan.

Makanan yang mengandung asam folat

Makanan penambah sperma
Ilustrasi pria makan sayuran (Foto: Freepik)

Nama lain dari asam folat adalah vitamin B9. Vitamin ini ada di dalam sayuran hijau, sereal, kacang-kacangan, dan buah-buahan sitrus (lemon, jeruk mandarin, dan jeruk nipis). Menurut penelitian, pria yang kekurangan vitamin ini sulit memproduksi sperma yang berkualitas.

Makanan yang kaya akan zinc

Makanan penambah sperma
Lobster (Foto: Freepik)

Zinc berperan untuk mencegah infertilitas karena sperma yang menggumpal. Zat ini terdapat di dalam tiram, kepiting, lobster, daging sapi, dan daging ayam.

Makanan mengandung selenium

Makanan penambah sperma
Ilustrasi pria makan daging (Foto: Freepik)

Salah satu peran selenium adalah merangsang tubuh untuk memproduksi sperma yang sehat. Zat ini paling banyak terdapat di dalam kacang Brasil. Selain itu, zat ini terkandung di dalam ikan tuna, sarden, udang, daging sapi, hati sapi, daging ayam, nasi merah, telur, bayam, dan oatmeal. Kamu harus tahu bahwa sperma yang keluar saat ejakulasi, misalnya, pada hari ini, dibentuk sejak tiga bulan yang lalu. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk makan makanan penambah sperma ini setidaknya selama masa pembentukan sperma ini.

#YUKKpakeYUKK

 

 

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry