Mau Tau Rahasia Cara Bikin Surat Lamaran Kerja? Cek di Sini!

Panduan cara bikin surat lamaran kerja

Ketika ingin melamar kerja, Anda tidak cuma perlu mengirimkan curriculum vitae (CV). Namun, Anda juga harus melampirkan surat lamaran kerja yang bagus, rapi, dan profesional. Oleh karenanya, Anda perlu tips cara bikin surat lamaran kerja yang benar dan menarik. 

Mengapa Surat Lamaran Kerja Penting?

Keberadaan surat lamaran dapat menjadi pelengkap dari CV lamaran kerja. Anda perlu menggunakannya sebagai sarana dalam menciptakan kesan awal yang kuat kepada pihak HRD. Selain itu, fungsi dari surat lamaran kerja cukup beragam, termasuk di antaranya adalah: 

  • Sarana perkenalan tertulis
  • Memberikan informasi kepada HRD terkait data diri pelamar serta posisi yang diinginkan
  • Media permohonan melamar kerja yang bersifat resmi

Komponen-Komponen Surat Lamaran Kerja

Komponen-komponen surat lamaran kerja

Mengingat pentingnya peran dari sebuah surat lamaran, Anda sudah menyadari pentingnya memahami cara pembuatannya dengan benar, kan? Oleh karena itu, Anda harus tahu dan paham komponen yang ada dalam sebuah surat lamaran, termasuk di antaranya adalah: 

1. Alamat dan Salam Pembuka

Komponen pertama adalah alamat serta salam pembuka. Alamat harus Anda tuliskan dengan jelas dan efektif. Contoh penulisannya adalah sebagai berikut: 

Yth. HRD PT YUKK Kreasi Indonesia

Jl. Jalur Sutra Ruko De Mansion

Blok D Nomor 17, Alam Sutera, Tangerang

Selanjutnya, untuk penggunaan salam pembuka pilih kalimat yang bersifat netral. Karena surat lamaran kerja bersifat resmi, maka gunakan kata pembuka yang umum digunakan dalam surat-surat resmi, yakni ‘Dengan hormat,’.

2. Paragraf Pembuka

Selanjutnya, Anda perlu menuliskan paragraf pembuka. Apa yang perlu Anda tuliskan di sini? Sampaikan tujuan utama pembuatan surat lamaran, yakni melamar pekerjaan. Selain itu, Anda dapat pula menyampaikan dari mana informasi terkait lamaran didapatkan.

3. Paragraf Isi

Setelah paragraf pembuka, Anda dapat menuliskan isi surat lamaran. Dalam bagian isi ini, Anda dapat menuliskan kualifikasi serta pengalaman kerja yang relevan.

4. Paragraf Penutup

Sesudah isi, Anda perlu menuliskan paragraf penutup. Anda dapat menuliskan ucapan terima kasih kepada pihak HRD. Sebagai tambahan, sampaikan harapan Anda untuk bisa mendapatkan kesempatan mengikuti sesi wawancara kerja dari pihak perusahaan.

5. Penutup dan Tanda Tangan

Terakhir, Anda dapat menuliskan penutup surat lamaran dengan disertai tanda tangan. Seperti halnya kalimat pembuka, gunakan kata-kata penutup yang bersifat netral dan resmi. Jenis kata penutup yang kerap digunakan dalam surat resmi adalah ‘Hormat saya’. 

Tak lupa, dalam cara bikin surat lamaran kerja yang benar, Anda perlu membubuhkan tanda tangan di bagian bawah. Pembubuhan tanda tangan tersebut harus Anda serta dengan nama terang. 

Langkah-Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Langkah-langkah membuat surat lamaran kerja yang tepat

Setelah memahami komponen dari sebuah surat lamaran kerja, kini Anda siap untuk mulai membuatnya sendiri. Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti dalam cara bikin surat lamaran kerja dengan benar, yakni: 

1. Mengerti Posisi yang Dilamar

Ketika menuliskan surat lamaran, Anda perlu menyampaikan tujuan pembuatannya. Di situ, Anda mencantumkan posisi yang dilamar. Tak cukup sampai di situ, usahakan untuk melakukan riset tentang posisi serta perusahaan yang Anda lamar. Pemahaman terhadap posisi dan perusahaan yang dilamar menunjukkan tingkat keseriusan Anda di mata HRD. 

2. Menonjolkan Pengalaman dan Keterampilan yang Relevan

Anda perlu membuat surat lamaran yang menarik sehingga mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan surat dari pelamar lain. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan meng-highlight pengalaman serta keterampilan yang Anda miliki. 

Namun, Anda tidak bisa sembarangan dalam menonjolkan pengalaman kerja serta keterampilan. Pilih keahlian serta pengalaman yang sesuai dengan posisi yang tengah Anda lamar. 

3. Menggunakan Bahasa yang Sopan dan Profesional

Selanjutnya, perhatikan penulisan kata-kata di dalam surat lamaran. Pastikan Anda memakai tone yang tepat, dengan bahasa sopan serta profesional. Selain itu, usahakan untuk menggunakan kata-kata baku. 

4. Menjaga Surat Lamaran Singkat dan Padat

Dalam penyusunan surat lamaran kerja, pastikan untuk menyusun kata-kata secara singkat dan padat. Hindari pemakaian kalimat yang bertele-tele dan panjang. Selain itu, usahakan untuk membuat surat lamaran dengan panjang tidak lebih dari 1 lembar. 

5. Format dan Tata Letak yang Tepat

Berikutnya, Anda perlu memperhatikan terkait format serta layout surat lamaran. Jenis kertas yang umum digunakan untuk pembuatan adalah kertas A4. Pemakaian margin bisa Anda atur pada 1” pada bagian atas dan bawah serta 0,63” untuk bagian kiri dan kanan. 

Tak lupa, atur pemakaian font dengan tepat. Anda punya banyak pertimbangan dalam memilih font. Pastikan untuk memakai font yang mudah dibaca. Contohnya antara lain adalah Cambria, Times New Roman, Calibri, maupun Arial. 

Contoh Template Surat Lamaran Kerja yang Baik

Untuk membantu Anda dalam memudahkan cara bikin surat lamaran kerja, ada dua contoh template yang bisa dimanfaatkan sebagai berikut: 

1. Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Contoh surat lamaran kerja

Dalam contoh ini, Anda dapat menjabarkan data pribadi sebagai pengenalan. Selanjutnya, terdapat bagian kedua yang menunjukkan bahwa Anda mempunyai keterampilan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Biar terlihat menarik, Anda dapat memperlihatkan pencapaian atau prestasi di tempat kerja terdahulu. 

2. Contoh Surat Lamaran Kerja 2

Contoh surat lamaran kerja

Selanjutnya, ada pertimbangan menggunakan template contoh surat lamaran 2. Surat lamaran ini dibuat dengan bahasa yang formal dan memakai kata-kata yang singkat serta padat. Selain itu, Anda juga bisa menjabarkan secara jelas kelebihan Anda dalam surat tersebut.

Kesalahan Umum yang Harus Dihindari

Anda sudah tahu komponen yang harus ada dalam sebuah surat lamaran kerja. Anda juga telah memahami cara penulisan surat lamaran kerja dengan ringkas dan padat. Selanjutnya, Anda perlu meminimalkan adanya kesalahan yang kerap dilakukan oleh pencari kerja saat membuat surat lamaran. 

Beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat membuat surat lamaran kerja di antaranya adalah: 

  • Surat lamaran yang bertele-tele dan terlalu panjang
  • Penyampaian informasi yang kurang relevan dengan posisi yang Anda lamar
  • Kesalahan penulisan atau typo

Itulah penjelasan lengkap dan padat terkait cara bikin surat lamaran kerja yang benar. Dengan mengikuti panduan ini, Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam membuat surat lamaran kerja yang bagus dan menarik. 

Sebagai tambahan, ada info yang bermanfaat, terutama bagi Anda yang saat ini memiliki usaha sendiri. Terdapat layanan pembayaran transaksi modern yang sesuai dengan kebutuhan para pelaku UMKM di Indonesia saat ini. 

Layanan tersebut adalah YUKK Payment Gateway yang merupakan layanan payment gateway terbaik untuk UMKM. Dengan YUKK Payment Gateway, Anda berkesempatan untuk menjangkau pangsa pasar yang sangat luas, tanpa harus terhalang oleh jarak. YUKK Payment Gateway membantu Anda dalam menerima berbagai jenis pembayaran online secara praktis. Hanya dengan satu layanan, Anda sudah bisa memproses beberapa metode pembayaran sekaligus. Ringkas, hemat, dan modern.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry