Tagihan PLN Bengkak? Coba 7 Cara Menghemat Listrik Ini, Yuk!

Penjelasan cara-cara melakukan penghematan listrik di rumah

Listrik menjadi kebutuhan penting dalam menunjang dan memudahkan berbagai kegiatan sehari-hari. Karena kenyamanannya tersebut tak heran kalau banyak orang terbiasa menggunakan listrik secara berlebihan dan sampai tak tahu pentingnya cara menghemat listrik di rumah. 

Pemakaian listrik secara berlebihan sangatlah merugikan. Kebiasaan tersebut bisa membebani pengeluaran bulanan. Padahal, kalau Anda memanfaatkannya dengan benar, sebagian pengeluaran untuk biaya PLN dapat dialihkan untuk keperluan lain yang tak kalah pentingnya, lho! 

Baca juga: Gampang dan Efektif, Ini 7+ Tips Mengelola Keuangan Pribadi

Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan sebagai upaya nyata menghemat tagihan listrik PLN. Upaya penghematan ini dapat Anda lakukan ketika menggunakan layanan listrik pra bayar maupun pasca bayar. Berikut ini adalah tips penting cara menghemat listrik di rumah yang bisa Anda lakukan: 

1. Matikan Semua Peralatan Listrik yang Sedang Tidak Digunakan

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghemat biaya listrik bulanan adalah dengan memakainya secara bijak. Pemakaian listrik perlu Anda pastikan hanya untuk peralatan yang tengah digunakan. Kalau Anda sedang tidak memakai peralatan tersebut, biasakan untuk mematikannya. 

Dalam praktiknya, ada banyak kebiasaan menyalakan peralatan listrik meski tak digunakan. Contohnya adalah menyalakan TV saat tidur, menyalakan lampu di siang hari, menyalakan komputer meski sedang tidak menggunakannya, ataupun membiarkan kabel peralatan listrik dalam kondisi terhubung ke stop kontak. 

2. Gunakan Lampu LED atau Hemat Energi

Beberapa contoh model lampu LED atau hemat energi

Penggunaan lampu dapat pula Anda terapkan sebagai cara menghemat listrik di rumah. Alih-alih menggunakan lampu bohlam atau lampu neon, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan lampu LED. Lampu jenis ini memiliki manfaat dalam menerangi ruangan tanpa perlu membebani listrik secara berlebihan. 

Terkait pemilihan lampu, Anda perlu tahu kalau faktor yang harus diperhatikan bukan faktor daya atau watt-nya. Namun, Anda perlu mengedepankan pada kemampuan lampu dalam mengeluarkan cahaya. Anda bisa menemukan kemampuan ini pada kemasan lampu dengan satuan lumens. 

3. Gunakan AC dengan Bijak

Faktor yang kerap mendorong pemborosan penggunaan energi listrik di rumah adalah pemakaian AC. Penggunaan AC di negara tropis seperti Indonesia memang penting, biar suasana di dalam ruangan tidak terlalu panas. Namun, kalau Anda menyalakan AC secara terus-menerus, tagihan PLN bakal membengkak. 

Lalu, bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan ini? Anda tetap bisa menggunakan AC. Hanya saja, pastikan Anda menyalakan AC secara bijak. Sebagai alternatif, Anda dapat memakai kipas angin. Selain itu, ada pula pilihan untuk memanfaatkan jendela dalam memaksimalkan sirkulasi udara di dalam ruangan. 

4. Kurangi Penggunaan Peralatan Listrik yang Boros Daya

Upaya berikutnya yang dapat Anda terapkan untuk menekan biaya tagihan listrik bulanan adalah memperhatikan pemakaian peralatan boros listrik. Ada banyak peralatan listrik yang boros daya dan biasa digunakan di rumah-rumah. Tidak hanya AC, ada pula peralatan boros listrik seperti kompor listrik, mesin cuci, ataupun pompa air. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan penggunaan peralatan boros listrik tersebut. Sebagai contoh, Anda dapat memilih untuk mencuci pakaian dalam sekali waktu. Selain itu, pertimbangkan untuk mengutamakan pilihan untuk memakai kompor gas dibandingkan kompor listrik. 

5. Manfaatkan Cahaya Matahari sebagai Sumber Pencahayaan di Siang Hari

Menyalakan lampu ketika siang hari adalah kebiasaan boros yang harus Anda hilangkan. Alih-alih menggunakan pencahayaan dari lampu, Anda bisa beralih untuk memaksimalkan pemakaian cahaya alami dari sinar matahari. Apalagi, negara tropis seperti Indonesia mendapat kemudahan karena bisa memperoleh pancaran sinar matahari sepanjang tahun. 

Pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber pencahayaan rumah memiliki kaitan erat dengan desain rumah. Anda dapat menerapkan tips cara menghemat listrik di rumah ini kalau mempunyai jendela atau ventilasi dengan jumlah yang mencukupi. 

6. Atur Pemakaian Kulkas dengan Tepat

Kulkas

Kulkas termasuk salah satu jenis peralatan listrik yang boros daya. Meski begitu, keberadaannya sangat penting sebagai tempat penyimpanan makanan. Oleh karena itu, Anda bakal sulit untuk meminimalkan penggunaannya. Sebagai gantinya, Anda perlu mengatur pemakaiannya secara bijak. 

Terkait pemakaian kulkas, Anda perlu menghentikan kebiasaan buka tutup pintunya secara terus-menerus. Kebiasaan ini membuat pemborosan daya listrik pada kulkas. Hal itu terjadi karena kulkas perlu menstabilkan suhu kulkas setiap pintu terbuka. Bahkan, pintu kulkas terbuka 30 detik butuh waktu 30 menit dalam menstabilkan suhu. 

Selain itu, pastikan pula kondisi pintu kulkas serta freezer tertutup secara rapat. Pintu yang tidak tertutup dengan baik bakal menimbulkan pemborosan karena kulkas memerlukan usaha lebih untuk mendinginkannya. 

Hal yang tak kalah penting, atur pula suhu kulkas secara tepat. Jangan terbiasa untuk memaksimalkan pengaturan suhu sepanjang hari. Sebagai gantinya, atur suhu sesuai dengan kebutuhan.  

7. Pasang Panel Surya (Jika Memungkinkan)

Tips terakhir, Anda dapat mempertimbangkan pemasangan panel surya. Keberadaannya dapat menjadi sumber energi listrik tambahan. Sistem pemasangan panel surya dapat Anda terapkan secara on-grid ataupun off-grid

Sistem on-grid dapat Anda terapkan tanpa menggunakan baterai untuk penyimpanan energi listrik. Sementara itu, panel surya off-grid memerlukan penggunaan baterai sebagai sarana penyimpanan energi listrik. 

Sekarang, Anda tahu berbagai cara menghemat listrik di rumah, kan? Penerapannya dapat membantu Anda dalam menekan tagihan PLN bulanan dalam jumlah yang cukup signifikan. 

Pengetahuan tentang cara menghemat tagihan PLN tak hanya berguna untuk rumah tangga biasa. Namun, informasi ini juga sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha, khususnya bagi pelaku UMKM. 

Bagi para pelaku UMKM, ada informasi tambahan penting untuk menunjang usaha Anda. Info tersebut adalah layanan payment gateway terbaik yang bisa Anda dapatkan dari YUKK. 

Dengan YUKK Payment Gateway, Anda bisa melayani pembayaran konsumen secara praktis dan cepat. Bahkan, Anda dapat pula menggunakannya untuk memperlancar aktivitas bisnis online. Yuk, mulai gunakan YUKK Payment Gateway!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry