Ketahui Efek Samping Vaksin Janssen

Ketahui Efek Samping Vaksin Janssen
Vaksin Janssen (Foto: AFP)

Jumat (10/9) lalu, Indonesia menerima 1,6 juta dosis vaksin Covid-19. Vaksin itu merupakan hasil jalur multilateral COVAX facility dan pembelian oleh pemerintah Indonesia. Kedua jenis vaksin yang diterima adalah vaksin AstraZeneca dan Pfizer.

“Alhamdulillah, pada hari ini, Indonesia kembali kedatangan 358.700 dosis vaksin AstraZeneca melalui jalur multilateral COVAX facility. Pemerintah Indonesia juga terus melakukan pembelian vaksin untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia. Hari ini, telah tiba pula pembelian 615.000 dosis vaksin AstraZeneca dan 639.990 dosis vaksin Pfizer,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers, Jumat (10/9), seperti dikutip YUKK dari detikcom.

Hari ini, Sabtu (11/9), Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19. Kali ini, yang diterima pemerintah Indonesia adalah vaksin Janssen (Johnson & Johnson) dari Belanda.

Ketahui Efek Samping Vaksin Janssen
Vaksinasi (Foto: Sindonews)

“Vaksin Johnson & Johnson yang merupakan bantuan dari pemerintah Belanda melalui skema bilateral. Pertama kalinya menerima vaksin Janssen dalam bentuk vaksin jadi berjumlah 500 ribu dosis,” kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono, Sabtu (11/9) pagi.

Vaksin Janssen ini diketahui hanya memiliki satu dosis dengan efikasi 67,2%. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menyetujui penggunaan darurat vaksin ini.

“Vaksin Johnson & Johnson ini akan dipakai untuk masyarakat umum (usia) 18 tahun ke atas.Pada tahap awal ini akan didistribusikan ke wilayah aglomerasi,” sambung Dante.

Ketahui Efek Samping Vaksin Janssen
Ilustrasi (Foto: aa.com)

Berikut ini ada beberapa efek samping vaksin Janssen seperti dikutip dari lama resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat:

Pada bekas suntikan:

  • Nyeri
  • Kemerahan
  • Pembengkakan

Pada tubuh:

  • Kelelahan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Panas dingin
  • Demam
  • Mual
Ketahui Efek Samping Vaksin Janssen
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Efek samping terjadi dalam satu atau dua hari setelah vaksin disuntikkan. Masyarakat tidak perlu khawatir. Efek samping ini adalah tanda bahwa tubuh sedang membangun perlindungan melawan virus. Dan efek samping ini akan hilang dalam beberapa hari.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry