Kapan Sebaiknya Kamu Mengecas Baterai Ponselmu?

Kapan Sebaiknya Kamu Mengecas Baterai Ponselmu?
Ilustrasi (Foto: Crello)

Ada orang yang baru mengisi daya baterai telepon genggam ketika daya baterainya sudah tidak ada sama sekali alias 0%. Ada yang baru mulai mengecas ponsel ketika daya baterai tinggal 30%. Sementara yang lain sudah buru-buru mengisi daya ketika baterai baru berkurang 30%.

Kalau begitu kapan sebaiknya kamu mengecas baterai telepon genggammu? Apakah ketika baterainya tinggal 20%? Dan sebaiknya berapa lama? Apakah lebih baik semalaman?

Tidak boleh sampai 100%

Kapan Sebaiknya Kamu Mengecas Baterai Ponselmu?
Ilustrasi (Foto: NET)

Jika kamu ingin mengecas telepon genggammu, jangan sampai kamu mengecasnya hingga mencapai angka 100%. Mengapa?
Jika baterai sudah terisi penuh, tetapi ponsel masih dalam keadaan dicas, maka ponsel akan berusaha terus mengisi daya baterai. Ketika sudah mencapai 100%, ponsel akan menghentikan proses charging. Nah, pada saat ini, daya akan turun ke 99% lalu kembali ke 100%. Artinya adalah daya ponsel naik-turun dari 99% ke 100%. Jika dibiarkan terus-menerus, cara ini dapat mengurangi umur (life-cycle) dari baterai telepon genggammu.

Perlu dipahami, seperti dilansir Tech Advisor, bahwa baterai ponsel memiliki umur penggunaan yang optimal 3—5 tahun atau antara 500—1.000 kali siklus (cycle) pengisian daya. Siklus pengisian daya ini dihitung saat baterai ponsel diisi dari keadaan kosong hingga penuh. Ketika sudah digunakan lebih dari 3 tahun, baterai tidak akan dapat bertahan lama layaknya baterai pada ponsel baru. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak mengecas telepon genggammu semalaman.

Tidak boleh benar-benar kosong

Kapan Sebaiknya Kamu Mengecas Baterai Ponselmu?
Ilustrasi (Foto: MyRepublic)

Jangan tunggu hingga kapasitas baterai di bawah 20% atau bahkan sampai benar-benar 0% baru kamu mengecas. Mengapa? Performa baterai berbahan lithium ion dapat turun ketika diisi dalam keadaan terlalu rendah/kosong. Baterai jenis itu baru dapat bekerja dengan optimal dalam keadaan di tengah-tengah. Jadi, jangan tunggu hingga daya baterai menjadi terlalu sedikit.

Harus yang orisinal

Kapan Sebaiknya Kamu Mengecas Baterai Ponselmu?
Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Gunakanlah charger asli/orisinal; charger keluaran pabrik. Charger asli sudah memiliki keluaran arus daya yang tepat atau pas dengan baterai dan ponsel. Jika kamu menggunakan charger yang tidak asli, maka sudah bisa dipastikan daya yang dikeluarkan charger terlalu kecil atau besar. Dan hal ini sangat mempengaruhi keawetan baterai.

Jangan terlalu sering menggunakan bank daya

Kapan Sebaiknya Kamu Mengecas Baterai Ponselmu?
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Bank daya (powerbank) bisa sangat membantu ketika kamu berada jauh dari sumber listrik sementara bateraimu sudah berkurang drastis. Namun, terlalu sering menggunakannya bisa membuat daya tahan baterai ponsel berkurang. Mengapa? Karena powerbank tidak mengalirkan daya yang stabil dan sesuai dengan spesifikasi telepon genggammu.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry