Jagalah Kesehatan Mata di Depan Komputer

Jaga kesehatan mata di depån komputer
Ilustrasi (Foto: iStock)

Untuk Anda yang bekerja di kantor dan sering berhubungan dengan komputer, mata adalah “senjata” utama. Indera inilah yang menentukan maju atau mundurnya usaha dan pekerjaan Anda. Namun, tahukah Anda bahwa radiasi elektromagnetik bisa merusakkan mata? Apa yang mesti Anda lakukan supaya mata Anda tetap sehat?

Menurut penelitian yang dilakukan American Optometric Association (AOA), radiasi elektromagnetik bisa membawa dampak tak baik pada mata. Ada beberapa keluhan yang sering muncul, antara lain, kelelahan mata, penglihatan berkurang, mata kering, kehilangan fokus, mata berkunang-kunang, dan sakit kepala dan leher. Apa yang harus Anda lakukan?

Berikut ini kami sajikan beberapa cara praktis yang bisa Anda lakukan agar mata Anda tetap sehat.

  • Gunakan screen protector

    Screen protector
    (Foto: amazon.com)

    Untuk mengurangi radiasi elektromagnetik yang dihasilkan oleh komputer, Anda bisa menggunakan screen protector atau filter. Filter ini bisa Anda tempelkan di depan layar monitor. Screen protector ini akan menghindari kontak langsung mata dengan monitor.

  • Atur jarak
    jarak mata dengan komputer
    Ilustrasi (Foto: winnetnews.com)

    Idealnya, jarak antara mata dan monitor adalah 45 cm. Usahakan agar posisi monitor tidak lebih tinggi atau lebih rendah daripada mata. Kalau monitor terlalu tinggi sehingga Anda harus mendongak, aliran air, darah dan udara ke otak bisa terhambat. Kalau sudah terhambat, kepala bisa sakit dan mekanisme kerja otak bisa terganggu. Kalau terlalu rendah, tenggorokan bisa terganggu. Menurut AOA, posisi monitor mesti ergonomis.

  • Atur tingkat pencahayaan
    pencahayaan komputer
    Ilustrasi (Foto: mebiso.com)

    Unsur lain yang mesti diperhatikan adalah pencahayaan monitor. Monitor yang terlalu terang atau yang terlalu redup bisa mengganggu daya kerja mata. Kalau terlalu terang, mata bisa cepat silau, berkunang-kunang dan selama beberapa saat hilang penglihatan. Kalau terlalu redup, mata akan bekerja ekstra keras untuk menangkap objek (huruf). Karena bekerja keras, mata cepat sekali lelah. Oleh karena itu, aturlah tingkat pencahayaan monitor supaya mata tetap nyaman.

  • Perhatikan pencahayaan ruangan

    Pencahayaan ruangan
    Ilustrasi (Foto: gogobli.com)

    Selain tingkat pencahayaan monitor, tingkat pencahayaan ruangan pun perlu diperhatikan. Ini berhubungan juga dengan daya kerja mata. Jangan mengetik di tempat yang gelap. Usahakan agar cahaya dalam ruangan atau di tempat kerja cukup membantu Anda melihat objek. Kalau Anda ingin menghemat listrik, bukalah jendela atau gorden. Jika tidak, nyalakan lampu. Hindari pemakaian lampu duduk atau lampu meja yang sinarnya langsung mengarah ke wajah atau mata. Jarak lampu dan mata Anda mesti jauh.

  • Atur font tulisan
    perbesar ukuran font
    Ilustrasi (Foto: jalantikus.com)

    Supaya mata tidak terlalu dipaksa, aturlah font tulisan. Jangan menggunakan font yang kecil supaya mata dan otak tidak terlalu dipaksa menangkap objek. Lebih baik Anda menggunakan font yang besar selama mengetik naskah atau tulisan. Kalau sudah selesai, Anda bisa mengatur font tulisan sesuai dengan tuntutan atau ketentuan yang berlaku di tempat kerja Anda.

  • Kedipkan mata sesering mungkin

    menjaga mata agar terhindar dari radiasi elektromagnetik
    Ilustrasi (Foto: google)

    Berkediplah sesering mungkin selama bekerja di depan komputer supaya mata tetap basah dan terhindar dari iritasi. Pada saat Anda berkedip, air mata akan membasahi seluruh kornea mata, sehingga mata tetap lembap dan terang. Jika Anda jarang mengedipkan mata, air yang melapisi atau melindungi mata akan menguap. Radiasi elektromagnetik akan dengan cepat membuat mata kering dan memerah.

  • Beristirahat sejenak

    Istirahat sejenak
    Ilustrasi (Foto: google)

    Jangan terlalu lama atau betah duduk di depan komputer. Jika Anda tidak punya waktu untuk berpaling dari komputer, besar kemungkinan Anda diserang computer stress syndrome (CSS). Computer stress syndrome adalah stres yang menyerang tubuh dan penglihatan akibat komputer. Karena itu, Anda mesti beranjak dari depan komputer setiap 2 jam sekali untuk mengistirahatkan mata. Jauhkan mata Anda dari monitor selama kurang lebih 20—30 menit. Pada setiap 2 jam itu, Anda bisa “menghibur” mata Anda dengan berjalan-jalan di taman atau melihat pemandangan lain. Setiap 10—15 menit Anda bisa mengalihkan pandangan ke objek lain selama 5—10 detik. Cara ini membantu mata untuk tetap bekerja baik dan terhindar dari berbagai gejala kerusakan.

  • Gunakan kacamata

    Kacamata untuk komputer
    Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

    Cara lain yang bisa Anda coba adalah mengenakan kacamata yang dirancang khusus untuk berhadapan dengan komputer. Kacamata ini membantu mata tetap lembap dan jernih. Menurut Dr. Jay Schlanger, seorang optometris, akan lebih baik jika setiap perusahaan menyediakan kacamata dengan lensa ganda. Lensa atas untuk melihat monitor dan lensa bawah untuk membaca naskah atau tulisan.

  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A

    makanan yang mengandung vitamin A
    (Foto: hellosehat.com)

    Selain mengatur jarak, beristirahat, berkedip dan menggunakan kacamata, cara lain untuk menjaga kesehatan mata adalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Makanan yang mengandung vitamin A, antara lain, adalah wortel, ubi, labu kuning, bayam, melon, susu, keju, mentega dan telur. Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan vitamin A bisa menyebabkan masalah yang serius. Salah satunya adalah kebutaan.

  • Tidur yang cukup

    Tidur yang cukup
    Ilustrasi (Foto: brewcitymke.com)

    Jangan kira bahwa hanya otak Anda yang bekerja keras. Juga bukan hanya otot yang berjuang keras. Mata Anda juga bekerja ekstra keras sepanjang hari. Oleh karena itu, sayangilah mata Anda. Kalau tiba jam istirahat, misalnya, jangan takut untuk tidur barang sejenak. Ambil waktu sejenak untuk menutup mata Anda. Dan jika Anda sudah benar-benar bebas dari segala kesibukan atau pekerjaan, segeralah tidur. Ketika Anda tidur, otot-otot mata beristirahat, kembali normal dan lembap.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry