Yuk, Pelajari Berbagai Istilah Bisnis yang Wajib Anda Tahu!

Istilah-istilah dalam bisnis

Sebanyak apa istilah bisnis yang Anda ketahui? Mengenal Beragam kosakata dalam sektor bisnis dapat membantu Anda untuk menjalankan usaha dengan lebih baik. Daftar di bawah ini merupakan berbagai istilah bisnis yang sering ditemui, berikut penjelasan singkat namun padat untuk Anda.

A/B Testing

Pengujian A/B atau A/B Testing adalah eksperimen dalam membandingkan dua hal berbeda (sample) untuk mengetahui dan mendapatkan mana hasil yang lebih baik. Biasanya, pengujian A/B dilakukan untuk kebutuhan pemasaran (marketing) perusahaan.

Added Value

Penambahan nilai alias added value adalah nilai ekonomi yang dengan sengaja ditambahkan terhadap produk atau jasa ketika ditawarkan kepada konsumen. Penambahan tersebut biasanya berkaitan dengan berbagai faktor seperti inovasi produk, peningkatan kualitas, perbaikan layanan, kewajiban pajak atau popularitas merek.

Affiliate

Afiliasi atau affiliate adalah model kerja sama dengan pihak ketiga, baik perseorangan atau kelompok untuk terlibat dalam kegiatan bisnis suatu perusahaan. Pihak ketiga ini ikut memasarkan produk atau jasa dan kemudian mendapatkan komisi dari setiap transaksi yang berhasil.

Akuisisi/Acquisition

Akuisisi atau acquisition adalah  tindakan pengambilalihan aset dan non aset dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Tujuannya untuk mengambil alih kontrol sebagian atau sepenuhnya atas perusahaan tersebut, namun identitas perusahaan yang diambil tetap dipertahankan atau ditambahkan sesuai pemilik baru.

Angel Investor

Investor malaikat alias angel investor adalah individu atau persekutuan kaya raya yang memiliki cukup modal untuk mendanai suatu perusahaan. Biasanya berupa perusahaan rintisan yang baru berkembang. Imbalan yang diperoleh oleh angel investor berupa ekuitas atau obligasi konversi.

Baca juga: Ini 8 Trik Rahasia Biar Cepat Dapat Modal Bisnis dari Investor!

Annual Report

Laporan tahunan atau annual report adalah dokumen tahunan yang dirilis oleh perusahaan untuk para pemegang saham dan pengambil keputusan internal dan eksternal. Isi dari laporan tersebut adalah perkembangan finansial dan operasional perusahaan dalam bentuk grafik, foto, maupun narasi.

Asset

Aset atau asset dalam dunia bisnis adalah uang dan benda fisik maupun non – fisik lainnya yang terdaftar sebagai kekayaan perusahaan. Aset tersebut diharapkan dapat menghasilkan pemasukan maupun jaminan untuk keberlangsungan bisnis. Aset juga dianggap sebagai interpretasi stabilitas keuangan suatu perusahaan.

Audit

Audit adalah sebuah proses peninjauan oleh tim internal maupun eksternal perusahaan untuk memastikan akurasi dari sebuah laporan keuangan yang disetorkan tim keuangan. Pengecekan ini berguna untuk menghindari kecurangan atau kelalaian yang dapat menghancurkan stabilitas suatu usaha.

B2B

Business to Business (B2B) adalah suatu model usaha dimana transaksi terjadi antara dua perusahaan. Biasanya berbentuk supply bahan baku untuk produksi. Contohnya, perusahaan otomotif untuk kebutuhan komponen seperti kaca, karet, dan besi akan disuplai oleh perusahaan lain yang berfokus pada produksi bahan-bahan tersebut.

B2C

Business to Consumer (B2C) adalah transaksi langsung yang terjadi antara perusahaan dengan konsumen akhir. Contoh paling umum yang tengah tren saat ini adalah penjualan produk dari merek-merek pakaian terkenal pada konsumen secara digital dan tidak lagi melalui ritel yang bekerja sama.

B2G

Business to Government (B2G) adalah model transaksi bisnis yang terjadi antara perusahaan swasta dengan pihak pemerintahan. Dalam hal ini, pihak perusahaan akan mengajukan penawaran menggunakan proposal resmi kepada pemerintah. Apabila sesuai, maka pemerintah akan memberikan kontrak kerja sama. Bisa juga melalui model lelang tender pemerintah yang diikuti beberapa perusahaan swasta.

Benchmark

Benchmark adalah suatu metode perbandingan antara suatu perusahaan dengan kompetitornya dengan menjadikan produk dan layanan sebagai aspek pembanding. Tujuannya sebagai metode evaluasi perusahaan pertama agar tidak sampai tertinggal oleh pesaing. Indikator yang digunakan biasanya jumlah biaya atau produktivitas.

Best Practice

Praktek terbaik atau best practice adalah serangkaian pedoman atau standar yang disusun berdasarkan pengalaman terbaik dari penyelesaian tugas seseorang dalam profesinya. Hasil ini dapat dijadikan acuan untuk orang lain dalam bidang yang sama dalam menjalankan tugas-tugas pekerjaan. Pedoman ini bagus untuk membantu pengembangan sumber daya baru dalam perusahaan.

Bootstrapping

Bootstrapping adalah strategi pengembangan bisnis dari pemilik usaha tanpa perlu berbagi ekuitas dengan pihak lain atau mengandalkan pinjaman. Jadi, pengembangan usaha tersebut 100% mengandalkan aset dan sumber daya internal pemilik. Tujuannya untuk menghindari kesulitan mengembalikan pinjaman serta meningkatkan kemampuan problem-solving.

Brand

Merek alias brand adalah pemberian nama atau simbol sebagai suatu upaya untuk menciptakan pembeda atau ciri khas yang unik dari pesaing. Tujuannya untuk membuat konsumen memudahkan dalam mengenali dan memilih jenama tersebut dibandingkan kompetitor. Merek sebaiknya didaftarkan sebagai hak paten untuk menghindari peniruan atau pemalsuan.

Baca juga: Mau Usaha Jadi Lebih Besar? Pahami Cara Urus Merek Dagang!

Branding

Branding adalah usaha dari suatu merek (brand) untuk memperkuat karakter suatu produk selain pemberian nama. Istilah bisnis yang satu ini bertujuan membangun karakter kuat terhadap jenama terkait. Jadi, brand adalah nama, sedangkan branding merupakan usaha melekatkan merek pada konsumen.

Baca juga: Tips Membangun Branding untuk UMKM Biar Berkembang & Makin Laris

Break Even Point / BEP

Titik impas atau Break Even Point (BEP) adalah titik di mana hasil penjualan yang didapatkan sama dengan besaran modal produksi. Ini merupakan titik aman perusahaan karena biaya produksi sudah tercukupi meski produk belum terjual habis. Sehingga, perusahaan tidak sampai mengalami kerugian karena modal sudah kembali.

Budgeting

Penganggaran alias budgeting adalah serangkaian proses perencanaan untuk membelanjakan dan menginvestasikan uang. Tujuannya untuk mengoptimalkan pengeluaran agar tidak terjadi pemborosan dan sebisa mungkin melebarkan penggunaan untuk menjadi sumber penghasilan lainnya.

Bundling

Penggabungan atau bundling adalah penyatuan dua atau lebih dari produk maupun layanan di suatu perusahaan. Metode ini diterapkan sebagai bagian dari upaya promosi, biasanya untuk memperkenalkan produk atau layanan baru dengan memanfaatkan popularitas barang dan jasa terdahulu.

Business Plan

Perencanaan bisnis alias business plan adalah dokumen yang berisi keseluruhan aktivitas bisnis. Termasuk di dalamnya sumber dan total pendanaan, riset terhadap kompetitor dan strategi untuk memenangkan pasar, prospek bisnis yang dijalankan, hingga potensi resikonya. Business plan dibuat untuk memastikan suatu bisnis berjalan sesuai yang diharapkan.

Buyer

Buyer adalah seseorang yang melakukan transaksi pembelian terhadap penjual – bila diartikan secara harfiah. Namun untuk dunia bisnis, buyer berarti individu atau kelompok yang bertransaksi barang atau jasa untuk kebutuhan perusahaan. Biasanya terjadi dengan pemasok bahan baku untuk kebutuhan produksi agar mendapatkan harga kompetitif dengan kualitas terbaik.

Call-to-Action / CTA

Call to Action (CTA) adalah ajakan bertindak berupa tulisan, gambar, video, maupun lainnya yang dapat mempengaruhi orang lain yang melihat untuk langsung memberi tanggapan atau mengikuti instruksi tersebut. CTA merupakan bagian dari teknik pemasaran yang sangat populer.

Capital

Modal atau capital adalah seluruh sumber pendanaan yang didapat untuk kebutuhan manajemen, operasional, maupun pengembangan bisnis. Baik dari internal seperti kekayaan pribadi maupun eksternal berupa investasi pihak lain dengan imbal balik ekuitas, semua termasuk dalam capital.

Baca juga: Mau Dapat Bantuan Modal UMKM dari Pemerintah? Ini Syarat & Cara Daftarnya

Capital Expenditure / CAPEX

Pengeluaran modal alias capital expenditure (CAPEX) adalah perencanaan keuangan untuk kebutuhan pembelian aset tetap bagi perusahaan. Tujuannya untuk memperoleh manfaat ekonomi jangka panjang bagi kebutuhan operasional dan manajemen bisnis perusahaan, contohnya pembelian gedung kantor atau gudang penyimpanan.

Cash Flow

Arus kas atau cash flow adalah laporan keuangan perusahaan yang menunjukkan pemasukan dan pengeluaran secara menyeluruh. Melalui cash flow dapat dilihat apakah keuangan perusahaan menunjukkan tren positif (pemasukan lebih besar) atau negatif (pengeluaran lebih besar).

Co-branding

Co-branding adalah upaya kerja sama dua buah perusahaan dari lini usaha yang sama untuk berkombinasi menghasilkan satu produk atau layanan. Tindakan ini bertujuan untuk memperkuat pengaruh kedua belah perusahaan sekaligus memperluas pasar melalui target konsumen rekanannya.

Competitive Advantage 

Keunggulan kompetitif alias competitive advantage adalah suatu kelebihan yang ditawarkan oleh perusahaan melalui produk atau jasa mereka dan tidak dimiliki oleh kompetitor. Keunggulan tersebut bisa dari segi kualitas produk atau layanan, harga yang lebih murah, dan banyak lagi.

Cost of Goods Sold / COGS

Harga pokok penjualan atau cost of good solds (CGOS) adalah total biaya produksi atau penyediaan layanan yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan dalam satu periode. Rumus HPP digunakan untuk menentukan harga jual minimal agar potensi kerugian dapat ditekan.

Customer Journey

Perjalanan pelanggan alias customer journey adalah rangkuman secara menyeluruh tentang interaksi langsung konsumen dengan suatu perusahaan penyedia produk ataupun jasa. Tahapan tersebut mencakup pra-transaksi, eksekusi, dan pasca-transaksi.

Deck

Deck adalah materi presentasi yang disusun dan diserahkan kepada pada calon investor sebagai bahan pertimbangan. Dokumen tersebut berfokus pada keunggulan bisnis serta prospeknya yang dapat membuat investor tertarik menanamkan modal.

Baca juga: Ingin Cari Investor Baru? Pahami Cara Buat Proposal Bisnis, Ya!

Distributor

Distributor adalah pihak perantara atau penyalur produk dan jasa dari produsen kepada pengecer atau konsumen akhir. Distributor bertugas memastikan pemerataan barang maupun jasa di seluruh wilayah dalam suatu rantai perdagangan.

Dividen

Dividen adalah bagian keuntungan perusahaan yang diberikan kepada pemilik saham. Dividen bisa dibagikan oleh perusahaan dalam bentuk tunai – apabila kas perusahaan mencukupi, atau berbentuk tambahan saham apabila jumlah kas tunai tersebut tidak cukup.

Down Payment / DP

Uang muka alias down payment (DP) adalah sejumlah pembayaran awal yang diberikan sebagai tanda jadi atau jaminan dalam suatu transaksi bisnis. Biasanya DP diberlakukan bila transaksi tersebut melibatkan nominal yang besar atau jasa dengan pengerjaan yang membutuhkan waktu panjang.

Equity

Ekuitas atau equity adalah salah satu istilah bisnis yang berarti bagian hak kepemilikan yang dihitung dengan rumus total aset dikurangi kewajiban (piutang) perusahaan. Selisih itulah yang kemudian akan dibagikan kepada para pemilik setelah pencairan berlangsung.

Expense

Beban alias expense adalah penurunan pada nilai ekonomi (manfaat) dalam bentuk pengeluaran atau pengurangan aset sebelum perhitungan pajak dalam laporan laba rugi. Sederhananya, expense adalah pengorbanan terhadap laba bersih yang tidak bisa dihindari.

Fixed Cost

Biaya tetap atau fixed cost adalah pengeluaran yang bersifat tetap tidak peduli terjadi penambahan atau pengurangan pada proses produksi dalam satu periode tertentu. Contoh biaya tetap adalah gaji karyawan atau biaya sewa tempat. 

Funding

Pendanaan alias funding adalah aktivitas pengumpulan dana untuk berbagai keperluan dalam pendirian perusahaan atau kegiatan tambahan. Dalam bisnis, dana yang terkumpul berupa investasi yang akan dikembalikan dalam bentuk ekuitas atau dividen oleh perusahaan kepada para investor.

Gross Profit

Pendapatan kotor atau gross profit adalah seluruh pemasukan yang diterima perusahaan setelah pengurangan HPP, namun belum dikurangi pengeluaran lain. Tujuan penghitungan gross profit adalah mengukur berapa nominal yang didapat perusahaan setiap produk atau jasa dari setiap konsumen.

Income

Pemasukan alias income adalah pemasukan yang didapat – bila mengartikan secara general. Dalam bisnis sendiri, istilah tersebut berarti total pendapatan perusahaan setelah dikurangi total biaya produksi dan modal.

Insentif

Insentif adalah penghasilan tambahan yang perusahaan berikan kepada karyawan berprestasi yang mempopulerkan produk atau jasa maupun melakukan transaksi melebihi target. Insentif diberikan di luar gaji pokok dan tunjangan sebagai penghargaan atas pencapaian karyawan.

Interest

Interest adalah suku bunga bila mengambil arti dari sektor bisnis. Suku bunga sendiri artinya biaya atau dana tambahan yang dibayarkan atas suatu pinjaman. Jadi, bila suatu perusahaan mengajukan pembiayaan terhadap instansi perbankan atau investor, dana yang dikembalikan harus ditambah dengan bunga tersebut.

Invoice

Faktur atau invoice adalah dokumen berisi tagihan yang dikeluarkan oleh pihak penjual pada pihak pembeli. Invoice mencatat lengkap identitas dan alamat pembeli, jumlah produk atau layanan yang ditransaksikan, total pembayaran berikut tanggal jatuh tempo.

Key Performance Indicator / KPI

Indikator kinerja alias Key Performance Indicator (KPI) adalah alat pengukuran berbentuk matriks yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur kinerja karyawan dalam meraih tujuan utama perusahaan. Fungsinya untuk membandingkan dengan kinerja sebelumnya, mengetahui progress perkembangan dan menentukan langkah selanjutnya.

Likuiditas

Likuiditas adalah kemampuan perusahaan menunaikan kewajiban jangka pendek – khususnya pembayaran hutang, sebelum jatuh tempo. Likuiditas ditentukan oleh banyaknya aset likuid atau yang mudah dicairkan sewaktu-waktu untuk memenuhi kewajiban tersebut.

Margin

Margin adalah cara menghitung keuntungan alias profit perusahaan yang didapat dari nominal selisih antara harga jual dengan total biaya produksi. Margin biasanya tidak dilaporkan dalam bentuk nominal, melainkan persentase yang menunjukkan tingkat keuntungan perusahaan.

Market Penetration

Penetrasi pasar atau market penetration adalah metode pengukuran untuk mengetahui jumlah konsumen yang menggunakan produk atau layanan dari suatu perusahaan dibandingkan jumlah total area pemasarannya. Tujuannya untuk mengetahui tingkat ketertarikan dan loyalitas konsumen pada produk atau jasa dari suatu perusahaan.

Market Research

Riset pasar alias market research adalah penelitian dalam bidang marketing atau pemasaran secara sistematis dimulai dari perumusan masalah dan tujuan, pengumpulan dan pengolahan data, dan terakhir interpretasi dari hasil penelitian tersebut.

Market Segmentation

Segmentasi pasar atau market segmentation adalah metode memetakan atau membagi-bagi target konsumen yang bersifat heterogen (luas) menjadi homogen (kecil atau sejenis). Pengelompokan bisa didasarkan pada perilaku pembelian, kebutuhan, maupun karakteristik lainnya.

Market Share

Pangsa pasar alias market share adalah total penjualan produk atau penggunaan jasa dari suatu perusahaan dibandingkan dengan para kompetitor dalam industri yang sama. Istilah bisnis yang satu ini bertujuan mengukur persentase keberhasilan perusahaan memenangkan persaingan pasar.

Memorandum of Understanding/MoU

Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) adalah perjanjian pendahuluan yang bersifat sementara namun tetap memiliki kekuatan hukum yang sah sebelum kontrak final tercapai. Dalam dunia bisnis, MoU dibuat oleh dua pihak atau lebih yang bekerja sama dalam suatu proyek.

Merger

Merger adalah penggabungan atau peleburan dua perusahaan menjadi satu, di mana identitas perusahaan yang telah diambil alih dihilangkan sepenuhnya. Merger sering disamakan dengan akuisisi padahal keduanya memiliki makna dan prosedur berbeda.

Modal Ventura/Venture Capital

Modal ventura atau venture capital adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang keuangan yang memberikan bantuan suntikan modal dalam jangka waktu tertentu. Penerima pembiayaan modal ventura biasanya merupakan perusahaan-perusahaan rintisan yang masih dalam proses pengembangan.

Monetisasi

Monetisasi adalah seluruh kegiatan yang dilakukan dalam usaha untuk mengubah segala sesuatu menjadi sumber pendapatan. Dalam bisnis, banyak hal yang bisa dimonetisasi, seperti menambahkan iklan (Ads) pada website perusahaan atau membuat konten-konten menarik di akun sosial media resmi perusahaan yang dapat menghasilkan uang.

Neraca/Balance Sheet

Neraca alias balance sheet adalah laporan keuangan dalam periode tertentu yang berisi total aset, jumlah kewajiban (pembayaran dan piutang), serta ekuitas pemegang saham. Neraca dibutuhkan untuk menghitung rasio keuangan.

Net

Net adalah jumlah pendapatan bisnis suatu perusahaan setelah dikurangi biaya lain di luar HPP. Contohnya, biaya administrasi, penelitian, pemasaran dan lain-lain yang tidak ada kaitan dengan biaya produksi dan operasional.

Operational Expenditure / OPEX

Biaya operasional atau Operational Expenditure (OPEX) biaya berkelanjutan yang dikeluarkan oleh perusahaan yang bersifat tetap untuk kebutuhan operasional. Contoh dari OPEX adalah gaji karyawan dan tagihan listrik. Tepatnya biaya di luar kebutuhan produksi dan manajemen.

Original Equipment Manufacturer / OEM

Produsen peralatan asli alias Original Equipment Manufacturer (OEM) adalah perusahaan yang memproduksi barang atau komponen secara massal dan kemudian dijual kembali ke perusahaan lainnya. Produk tersebut bisa langsung didistribusikan atau diberi label dengan merek perusahaan yang membeli.

Piutang

Piutang adalah tagihan yang ditujukan pada pihak lain melalui adanya transaksi jual beli dengan jenis pembayaran kredit atau tidak langsung. Jatuh tempo tagihan tersebut biasanya cukup pendek, yaitu antara 30 – 60 hari saja.

Pre Order/PO

Pre Order (PO) adalah model transaksi di mana pembeli membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu untuk pemesanan barang yang tidak tersedia dalam waktu tersebut atau tidak ready stock. Biasanya model bisnis ini dilakukan untuk pembelian barang-barang dengan nominal besar dan beresiko sehingga penjual tidak menyediakan stok.

Procurement

Pengadaan alias procurement adalah aktivitas pengadaan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan produksi perusahaan. Ada standar kualitas barang dan prosedur yang ditetapkan untuk procurement yang harus dipatuhi.

Profit Margin

Margin laba atau profit margin adalah persentase laba bersih yang diperoleh perusahaan melalui aktivitas penjualan atau sumber pendapatan lainnya. Tujuannya untuk mengetahui efisiensi keuangan perusahaan dalam satu periode.

Quotation

Quotation adalah dokumen lengkap yang dibuat perusahaan – tepatnya tim pemasaran, tentang deskripsi dan harga produk yang ditujukan pada konsumen. Konsepnya adalah penawaran disertai informasi lengkap sebelum konsumen bertransaksi.

Reseller 

Reseller adalah istilah bisnis yang memiliki arti penjual lanjutan, bisa berupa individu maupun perusahaan. Reseller membeli barang atau menawarkan jasa bukan untuk menggunakan sendiri melainkan ditawarkan kembali pada konsumen dengan harga lebih tinggi.

Return of Investment / ROI

Pengembalian investasi atau Return of Investment (ROI) adalah rasio keuntungan dan kerugian perusahaan yang dibandingkan dengan total investasi. Sederhananya, ROI merupakan persentase pendapatan dari total dana yang diinvestasikan: bisa minus, impas, atau plus.

Revenue

Omzet alias revenue adalah total pendapatan perusahaan dalam satu periode tertentu dari berbagai sumber penghasilan, baik penjualan, monetisasi, maupun emiten. Total pendapatan tersebut belum dikurangi dengan pengeluaran apapun.

Sales

Penjualan atau sales adalah seluruh aktivitas penawaran dari penjual kepada pembeli. Di dalamnya termasuk upaya promosi berupa pemasangan iklan, melakukan penawaran secara personal dan semacamnya agar pembeli tertarik melakukan transaksi.

Seller 

Penjual alias seller adalah individu, kelompok, atau perusahaan yang mengambil posisi menjual produk atau jasa kepada konsumen. Barang maupun layanan yang ditawarkan bisa produksi atau keterampilan sendiri maupun milik orang lain sebagai rekanan.

SMEs

Small and Medium-sized Enterprises adalah suatu model usaha kecil dengan total karyawan di bawah 200 orang dan kepemilikan aset maksimal Rp200.000.000 saja. Dalam Bahasa, SMEs lebih populer dengan istilah Usaha Kecil Menengah (UKM).

Stakeholder

Pemangku kepentingan atau stakeholder adalah individu maupun kelompok yang berkaitan erat dengan isu atau topik terkait perusahaan. Mereka merupakan pemilik kepentingan yang mempunyai hak dan mempengaruhi pengambilan keputusan.

Standar Operasional Prosedur / SOP

Prosedur operasi standar alias Standar Operasional Prosedur adalah suatu pedoman yang berlaku untuk melaksanakan tugas kerja atau operasional perusahaan. Penyusunannya sudah disesuaikan dengan indikator berbagai aspek di dalamnya.

Supplier

Supplier adalah pemasok sumber daya ke suatu perusahaan untuk kebutuhan produksi. Pasokan tersebut biasanya berupa bahan baku mentah atau komponen yang belum diolah yang mana tidak bisa diproduksi sendiri oleh perusahaan tersebut.

Target Audience

Target audience adalah target pasar yang memiliki potensi besar untuk melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan. Baik individu, kelompok, maupun antar perusahaan dapat menjadi sasaran selama mereka menunjukkan ketertarikan.

Target Market

Target market adalah calon konsumen yang sudah masuk dalam incaran dan tengah dilakukan metode pendekatan yang mudah diterima. Kemungkinan target market melakukan transaksi lebih besar dari target audience karena karakteristik sudah dikenali.

Touchpoint

Titik kontak atau touch point adalah tempat interaksi langsung antara perusahaan dan konsumen dengan memanfaatkan teknologi digital. Tujuannya adalah untuk mempermudah perusahaan dalam mengenali karakteristik konsumen, menerima saran dan kritik, serta mendekatkan diri untuk mempertahankan loyalitas mereka.

Trend

Trend adalah perkembangan gaya yang harus diikuti oleh perusahaan dalam menjalankan bisnis. Perusahaan harus mengadaptasikan hal-hal yang tengah diminati atau ramai dibicarakan masyarakat kepada produk atau strategi pemasarannya untuk meningkatkan jumlah penjualan. Bisa juga dengan menciptakan inovasi baru yang dapat memunculkan rasa penasaran dan minat konsumen.

Unique Selling Point / USP

Unique Selling Point (USP) adalah proposisi unik perusahaan yang tidak dimiliki oleh pesaing. Sederhananya, USP merupakan nilai-nilai unik yang membuat produk atau jasa dari perusahaan tersebut lebih unggul dari kompetitor dan tidak terkalahkan.

Utang

Utang adalah bagian kewajiban perusahaan akibat adanya transaksi pembelian barang atau jasa untuk kebutuhan operasional. Pembayaran dari transaksi tersebut dilakukan secara kredit atau bertahap dengan tempo yang relatif singkat.

Banyak sekali bukan istilah bisnis yang mungkin sudah Anda ketahui atau sepenuhnya terasa asing? Selain mempelajari berbagai istilah di atas untuk memajukan bisnis Anda, jangan lupa untuk menggunakan YUKK sebagai payment gateway untuk menunjang segala aktivitas transaksi keuangan bisnis Anda.

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry