Ini Alasan Mengapa Virus Nipah Sangat Mematikan

News | 27 January 2021
Ini Alasan Mengapa Virus Nipah Sangat Mematikan
Ilustasi (Foto: Freepik)

Dunia dibayang-bayangi virus berbahaya lainnya ketika sedang berjuang untuk bebas dari virus Corona. Virus berbahaya lainnya itu adalah virus Nipah. Virus ini dikhawatirkan akan menjadi pandemi baru.

Ada beberapa alasan mengapa virus Nipah ini sangat berbahaya. Pertama, masa inkubasinya lama. Laporan menunjukkan bahwa masa inkubasinya mencapai 45 hari. Itu berarti bahwa inang yang terinfeksi tidak menyadari mereka sakit.

Ini Alasan Mengapa Virus Nipah Sangat Mematikan
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Virus ini juga bisa menginfeksi banyak jenis hewan. Dengan demikian, kemungkinan penyebarannya bertambah banyak. Virus ini dapat menular melalui kontak langsung atau mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

Orang yang terinfeksi virus ini mungkin akan menampakkan beberapa gejala. Mulai dari masalah pernapasan termasuk batuk, sakit tenggorokan, sakit dan kelelahan, dan ensefalitis. Bahkan bisa terjadi pembengkakan otak yang dapat menyebabkan kejang dan kematian.

Wabah virus Nipah sudah pernah terjadi beberapa tahun lalu. Dikutip dari laman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), wabah Nipah sempat terjadi di Malaysia pada tahun 1998. Virus ini juga menyebar ke Singapura dan menyebabkan sedikitnya 100 orang meninggal dunia.

Corona Belum Selesai, Asia Sudah Dihantui Pandemi Baru
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)

Wabah berikutnya terjadi di Bangladesh dan India. Konsumsi buah-buahan atau produk buah-buahan seperti jus kurma mentah yang terkontaminasi urin atau air liur kelelawar buah yang terinfeksi disebut sebagai penyebab infeksi. Saat ini, WHO telah memasukkan virus Nipah sebagai penyakit prioritas untuk penelitian dan pengembangan.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry