Ini 6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Memperburuk Kesehatan Mulut

Ini 6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Memperburuk Kesehatan Mulut
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kamu masih mengalami sakit gigi sekalipun merasa sudah rajin menyikat gigi? Atau napasmu tidak segar, padahal sudah menyikat gigi sebelum tidur dan setelah sarapan? Jika ya, berarti masih ada yang salah.

Kebersihan dan kesehatan mulut harus dijaga. Menyikat gigi akan menghilangkan lapisan bakteri yang menempel pada gigi dan gusi. Jika tidak, bakteri akan merusak gusi dan membuat gigi berlubang seiring waktu.

“Mulut Anda penuh dengan bakteri yang menempel di gigi Anda. Setelah menempel di sana, bakteri tersebut tumbuh menjadi biofilm, yang sebanding dengan buih di dasar perahu,” kata Frank A. Scannapieco, Kepala Biologi Mulut di University at Buffalo School of Dental Medicine, seperti dikutip dari Live Strong.

Yang kemudian menjadi masalah adalah mengapa masih ada banyak orang mengalami masalah gigi dan gusi sekalipun sudah rajin menyikat gigi? Ini mungkin disebabkan oleh tidak tepatnya teknik atau cara menyikat gigi.

“Saya khawatir banyak orang tidak benar-benar menyikat gigi sebagaimana mestinya dan hal itu menyebabkan banyak radang gusi dan penyakit gusi,” sambung Scannapieco.

Berikut ini 6 kesalahan umum dalam menyikat gigi:

Hanya menyikat gigi

Ini 6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Memperburuk Kesehatan Mulut
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ini adalah kesalahan paling umum. Orang hanya fokus pada bagian atas gigi. Gusi tidak diperhatikan.

“Anda harus fokus pada garis gusi, area di mana sebagian besar bakteri tumbuh,” saran Scannapieco.

Plak yang dibiarkan menempel di samping atau di bawah gusi inilah yang menyebabkan radang gusi. Gingivitis, catat U.S. Library of Medicine, adalah tahap awal penyakit gusi. Jadi, pastikan kamu membersihkan gusi dengan lembut saat menyikat gigi.

Sikat gigi berbulu keras

Ini 6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Memperburuk Kesehatan Mulut
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Jangan menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras atau kuat. Sikat gigi dengan bulu sikat seperti itu akan merusak gusi, terutama bila digunakan berulang kali selama bertahun-tahun. Gunakan sikat berbulu lembut. Sikat seperti ini tidak hanya lebih ramah pada gusi, tapi juga bisa menghilangkan biofilm yang mengandung bakteri sebelum mengeras menjadi karang gigi.

Flosser yang salah

Ini 6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Memperburuk Kesehatan Mulut
Ilustrasi (Foto: Freepik)

The American Dental Association (ADA) merekomendasikan pembersihan di sela-sela gigi sekali sehari. Benang, pembersih interdental (alat kecil seperti sikat), dan benang air semuanya dapat digunakan. Pilihlah yang paling cocok untukmu.  Misalnya, jika ada ruang yang lebih besar di antara gigi, maka pilihlah pembersih interdental. Jika kamu memiliki retainer permanen, maka water flosser mungkin bisa membantu.

Lalu kapan waktu terbaik membersihkan gigi? Scannapieco mengatakan bahwa waktu terbaik adalah sebelum tidur. Yang pertama harus kamu lakukan adalah membersihkan celah-celah gigi dengan benang. Baru setelah itu, lanjutkan dengan menyikat gigi.

Tidak menyikat cukup lama

Ini 6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Memperburuk Kesehatan Mulut
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Menurut The American Dental Association (ADA), durasi menyikat gigi yang benar adalah selama dua menit.

“Rata-rata orang menyikat gigi sekitar 30 detik dan itu tidak cukup. Dari flossing hingga menyikat dan kemudian berkumur dengan obat kumur, seluruh rutinitas kesehatan mulut Anda harus memakan waktu 2—5 menit,” kata Scannapieco.

Bukan pasta gigi berfluoride

Ini 6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Memperburuk Kesehatan Mulut
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak orang khawatir menggunakan pasta gigi berfluoride untuk menyikat gigi. Namun, menurut Scannapieco, fluoride adalah komponen terapeutik aktif yang melindungi gigi.

Tidak sikat gigi sebelum tidur

Ini 6 Kesalahan Menyikat Gigi yang Memperburuk Kesehatan Mulut
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Dokter gigi merekomendasikan orang untuk menyikat gigi dua kali sehari: sekali pada pagi hari dan sekali sebelum tidur. The American Dental Association (ADA) juga menyarankan hal yang sama. Namun, Scannapieco mengatakan bahwa yang terpenting adalah menyikat gigi sebelum tidur.

“Mulut Anda mengering saat tidur dan air liur adalah pelindung alami mulut. Sebaiknya tidur dengan mulut bersih,” sarannya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry