Ini 4 Langkah Menjadi Pemilih yang Cerdas dan Berdaulat

Tips menjadi pemilih yang cerdas dalam pemilu 2019
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Pada 17 April mendatang, bangsa Indonesia akan menggelar pesta demokrasi: pemilu. Pesta untuk memilih pemimpin ini digelar secara langsung, umum, bebas, dan rahasia. Semua warga negara yang sudah memenuhi aturan berhak memberikan suaranya.

Pada tahun ini, pesta lima tahunan ini menjadi sangat istimewa. Mengapa istimewa? Karena pemilihan presiden dan wakil presiden digelar bersamaan dengan pemilihan para wakil rakyat. Tidak seperti sebelumnya yang digelar terpisah.

Semua warga negara yang sudah memenuhi aturan dihimbau untuk menggunakan hak pilih dalam pesta demokrasi ini. Tidak boleh ada golput. Seperti apa langkah bangsa ini ke depan sangat tergantung pada suara yang diberikan.

Lalu bagaimana menjadi seorang pemilih yang cerdas dan berdaulat? Bagaimana kamu menentukan dan memilih calon yang ada, baik calon presiden dan wakil presiden, maupun calon wakil rakyat? Berikut ini beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan:

Supaya kamu tidak salah memilih pemimpin dan para wakil rakyat, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan.

Siapa calonmu?

Tips menjadi pemilih yang cerdas dalam pemilu 2019
Ilustrasi (Foto: Mojok)

Yang paling pertama adalah kenali calonmu. Siapa calon presiden dan wakil presiden yang menjadi kontestan dalam pemilu ini? Cari tahu juga siapa saja calon wakil rakyat.

Bagaimana rekam jejaknya?

Tips menjadi pemilih yang cerdas dalam pemilu 2019
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Bagaimana rekam jejak para calon presiden dan wakil presiden? Apa yang sudah mereka lakukan untuk orang banyak? Bagaimana sepak terjang mereka? Seperti apa latar belakang mereka? Rekam jejak para calon wakil rakyat dapat dilihat dalam situs infopemilu.kpu.go.id. Di situ ada data lengkap tentang riwayat hidup dan data diri para kandidat atau calon wakil rakyat. Kamu bisa juga dapat mencari informasi dari berbagai sumber lain yang dianggap valid seperti media cetak dan media online yang memiliki kredibel.

Apa visi dan misinya?

Tips menjadi pemilih yang cerdas dalam pemilu 2019
Ilustrasi (Foto: Side.id)

Ini yang paling utama. Seperti apa visi calon presiden dan wakil presiden yang ada? Lalu apa saja misi mereka dalam membangun bangsa lima tahun ke depan? Cari tahu juga visi dan misi para calon wakil rakyat. Apa yang akan mereka lakukan jika mereka terpilih untuk menjadi wakilmu dalam pemerintahan ini?

Apa saja partai pendukungnya?

Tips menjadi pemilih yang cerdas dalam pemilu 2019
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ini juga harus kamu perhatikan. Mengapa? Karena ini berhubungan dengan sejalan atau tidaknya partai pendukung dengan ideologi yang dianut. Pilihlah calon yang diusung oleh partai yang punya ideologi yang jelas dan seirama dengan ideologi bangsa dan negara. Jangan sampai calon yang kamu pilih itu mencoba menawarkan ideologi yang baru yang pada akhirnya membuat bangsa dan negara ini hancur.

Setelah menentukan pilihanmu, datanglah ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) dan berikan suaramu. Ingatlah bahwa suaramu sangat menentukan nasib bangsa ini 5 tahun ke depan. Dengan memberikan suaramu, kamu sudah membantu mencegah pemimpin jahat berkuasa.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry