Fakta Tentang Pantai Nemberala, Pantai di Mana Presiden Jokowi Mencuci Mukanya

Fakta tentang Pantai Nemberala
Pantai Nemberala (Foto: pedomanwisata.com)

Senin (8/1) sore lalu, setelah menjalani serangkaian kegiatan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Presiden Jokowi terbang ke Pulau Rote. Ia didampingi Iriana Joko Widodo, Ibu Negara, dan sejumlah pejabat, antara lain, Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan, Basuki Hadi Moeljono, Menteri PUPR, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Nasional, Sofyan Jalil. Mereka terbang ke pulau paling Selatan di Indonesia itu dengan pesawat TNI AU RJ-85/RRJ-42 dan Cn-295 sekitar pukul 16.14 WITA.

Di Kabupaten Rote Ndao, Presiden Jokowi dan rombongan menginap di Bungalow Nemberala Beach Resort di kawasan Pantai Nemberala. Resor ini disebut-sebut sebagai salah satu resor terbaik di Indonesia. Warna Rote sangat kental pada resor ini.

Fakta tentang Pantai Nemberala
Presiden Jokowi sedang membasuh tangan dan mukanya (Foto: detikcom)

Keesokan harinya, Selasa (9/1), Presiden Jokowi memulai harinya dengan menikmati keindahan Pantai Nemberala. Jarum jam menunjukkan pukul 07.30 WITA ketika orang nomor satu di negeri ini keluar dari kamarnya dan berjalan kaki ke pantai. Jarak antara resor dan pantai tidak terlalu jauh. Hanya sekitar 50 m.

Seperti biasa, lelaki itu mengenakan kemeja putih dan celana bahan hitam. Dan seperti biasa pula, lengan panjang kemeja itu ia gulung. Bedanya adalah kali ini ia tidak memakai sepatu, tetapi sandal jepit.

Fakta tentang Pantai Nemberala
Presiden Jokowi tercatat sebagai presiden pertama yang mengunjungi Pulau Rote (Foto: tribunnews.com)

Sampai di bibir pantai, ia melepaskan sandal, menggulung celananya, dan berjalan ke dalam laut. Lalu tunduk dan membasuh kedua tangan dan wajahnya. “Ini kan air laut Indonesia bagian paling selatan. Kita bisa merasakan segarnya. Asinnya,” katanya. Ia seperti mengulang secara persis apa yang dilakukannya pada tahun 2016 lalu di Miangas, Sulawesi Utara. Ketika itu, ia juga membasuh tangan dan wajahnya dengan air laut.

Ombak Kelas Dunia

Fakta tentang Pantai Nemberala
Pantai Nemberala adalah salah satu destinasi favorit turis mancanegara (Foto: pedomanwisata.com)

Tidak lama setelah itu, Pantai Nemberala menjadi buah bibir. Disebut di mana-mana sebagai salah satu pantai dengan pemandangan paling indah di Indonesia. Salah satu pantai dengan air laut yang sangat jernih. Salah satu pantai yang menjadi destinasi wisata paling favorit para turis mancanegara.

Sudah sejak dulu Pantai Nemberala tercatat sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Pulau Rote. Pantai ini disebut-sebut sebagai salah satu pantai dengan ombak yang sangat tinggi. Para peselancar menyebutnya “pantai dengan ombak kelas dunia.”

Fakta tentang Pantai Nemberala
Pantai Nemberala sering menjadi tempt digelarnya selancar ajang tingkat dunia (Foto: pedomanwisata.com)

Tidaklah berlebihan bahwa Pantai Nemberala disebut sebagai “pantai dengan ombak kelas dunia”. Ombaknya sangat tinggi. Bisa mencapai ketinggian 7 m pada Agustus—Oktober. Itulah mengapa di pantai ini sering diadakan kejuaraan selancar tingkat dunia.

Fakta tentang Pantai Nemberala
Ombak yang tinggi menjadi incaran para peselancar dunia (Foto: edito.livethelife.tv)

Pantai Nemberala memang merupakan pantai impian para peselancar dunia. Pada tahun 2016 lalu, pantai ini menyabet penghargaan Anugerah Pesona Indonesia sebagai juara pertama untuk kategori tempat berselancar terpopuler. Mengalahkan Nusa Lembongan, Bali, yang berada di peringkat kedua dan Pantai Plengkung, Banyuwangi, di peringkat ketiga.

#YUKKpakeYUKK

 

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry