Dunia Musik Tanah Air Kehilangan Yon Koeswoyo

Selamat jalan, Yon Koeswoyo
(Foto: tribunnews.com)

Pada awal tahun 2018 ini, Indonesia kehilangan salah satu musisi besarnya. Koesyono Koeswoyo atau yang biasa dipanggil Yon Koeswoyo meninggal dunia pada Jumat (5/1) pagi. Vokalis Koes Plus itu meninggal dunia di rumahnya di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, pada usia 77 tahun.

Kepergian Yon jelas merupakan sebuah pukulan hebat untuk dunia musik Indonesia. Sebuah kehilangan yang besar. Pasalnya, Yon dengan Koes Plus, ikut membangun dan mengembangkan dunia musik tanah air. Puluhan album mereka rilis sejak tahun 1969, persisnya sejak band masih bernama Koes Bersaudara.

Selamat jalan, Yon Koeswoyo
(Foto: Detikcom)

Dalam jagat Twitter, ungkapan belasungkawa atas kepergian legenda musik kelahiran Tuban, 27 September 1940, menjadi trending topic. Kurang dari 2 jam setelah berita tentang kematiannya menyebar, sudah 4.632 tweet yang datang dari para musisi, penikmat musik, dan politisi.

“Turut berduka cita atas wafatnya salah seorang legenda musik Tanah Air, Yon Koeswoyo (Koes Plus) semoga amal ibadah Almarhum diterima Allah SWT,” tulis Slank lewat akun Twitter-nya, @slankdotcom.

Selamat jalan, Yon KoeswoyoAktor Vino G. Bastian pun ikut mengungkapkan dukacitanya atas kepergian mendiang Yon. “Koes Ploes dan om Yon Koeswoyo adalah salah satu idola dr alm. Chrisye. Musik Indonesia hari ini kembali berduka. Selamat jalan om Yon Koeswoyo, terima kasih atas karya2 hebatmu. RIP,” tulisnya dalam akun Twitter-nya, @VinoGBastian_.

Selamat jalan, Yon Koeswoyo
(Foto: kompas.com)

Yon meninggal dunia karena penyakit komplikasi yang dideritanya. Pada Mei 2016 lalu, ia sempat dirawat di rumah sakit. Ia divonis mengalami kebocoran paru-paru dan menderita diabetes. Yon meninggalkan seorang istri dan empat orang anak. Dari pernikahannya dengan Damiana Susi, Yon dikaruniai dua orang anak, yaitu Gerry Koeswoyo dan David Koeswoyo. Setelah bercerai dari Susi, Yon menikahi Bonita Angela. Dari pernikahan itu, keduanya dikarunai dua orang anak, yaitu Bela Aron dan Kenas.

Saat ini, jenazah Yon masih disemayamkan di rumah duka di Jl. Salak, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Rencananya jenazah anak keenam dari Sembilan bersaudara ini dimakamkan keesokan harinya, Sabtu (6/1), di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Selamat jalan, Yon Koeswoyo
Jenazah Yon disemayamkan di rumah duka (Foto: okezone.com)

“Saya sebagai yang tertua punya prinsip semua harus hadir. Saya pengen nunggu David,” kata Gerry Koeswoyo, putra sulung Yon. Saat ini, David Koeswoyo, putra kedua Yon, masih berada di Raja Ampat, Papua.

Selamat jalan, Yon. Semoga semangatmu membakar generasi muda bangsa ini.

 

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
1
sad
0
angry