Catat! Ini Kuliner Khas Indonesia yang Diburu Orang Barat

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
Seorang bule sedang makan mie instan (Foto: YouTube)

Sudah bukan lagi rahasia bahwa panorama Bali menjadi buah bibir orang dari berbagai belahan dunia. Demikian juga beberapa daerah lain seperti Lombok, Papua, Flores, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Sumatera. Hampir di mana-mana orang berbicara tentang eksotisme alam di berbagai daerah di Indonesia.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa batik membuat Indonesia disebut-sebut sebagai bangsa dengan warisan budaya adiluhung. Keelokan batik membuat Nelson Mandela jatuh hati. UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization), pada 2 Oktober 2009 lalu, secara resmi mengakui warisan budaya ini dan memasukkannya dalam “Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity”.

Selain batik, kain tenun dari berbagai daerah pun membuat Indonesia menjadi pusat perhatian orang-orang di luar sana. Lihat saja bagaimana bangganya bule karena mengenakan busana yang terbuat dari kain tenun dari beberapa daerah di Indonesia. Atau lihat saja bagaimana bergairahnya mereka berburu kain tenun hingga ke pelosok-pelosok.

Ternyata tidak hanya itu yang membuat Indonesia dikenal di luar. Masih ada beberapa yang lain. Salah satunya adalah makanan khas. Apa saja makanan khas dari Indonesia yang sudah mendunia?

Rendang

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
(Foto: google)

Makanan khas Minangkabau ini, pada tahun 2011 lalu, dimasukkan  CNN International dalam urutan pertama “World’s 50 Most Delicious Foods”. Sangat lezat karena dibumbui dengan banyak rempah. Cara memasaknya pun tidaklah sembarangan. Di London, rendang sangat disukai. Di situ, ada restoran Indonesia bernama Bali Bali. Menu yang disajikan beraneka macam. Mulai dari martabak hingga rendang.

Sop Buntut

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
(Foto: Shutterstock)

Makanan khas Indonesia lainnya yang sangat disukai orang bule adalah sop buntut. Makanan ini disukai karena kaya akan bumbu dan proses pengolahannya yang benar-benar khas. Pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol, dan menjadi menu favorit orang Selandia Baru dalam acara Indonesian Culinary Week pada Agustus lalu.

Gado-Gado

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
(Foto: taste.com.au)

Pada tahun 2010 lalu, sebuah perlombaan memasak tingkat dunia digelar di Napoli, Italia. Kamu mau tahu masakan mana yang menjadi jawara? Gado-gado. Kuliner khas Indonesia ini disukai karena tidak jauh berbeda dengan salad yang biasa dikonsumsi orang Eropa dan Amerika. Namun, lebih istimewa daripada salad karena ada saus kacang, bawang goreng, dan kerupuk.

Tempe

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
(Foto: pinterest)

Makanan khas Indonesia ini selalu disajikan dalam festival kuliner tingkat dunia. Di London, ada Warung Tempeh. Warung yang menjadi salah satu tempat favorit orang London ini menyajikan aneka kreasi tempe. Selain orang Inggris, orang Belanda dan Swiss pun suka sekali makan temped an pecel lele. Di situ, satu iris kecil tempe dijual dengan harga 2 euro dan pecel lele sekitar 15 euro.

Gudeg

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
(Foto: Good Indonesian Food)

Makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan gula palem dan santan ini adalah makanan khas Yogyakarta. Tahukah kamu bahwa makanan ini diburu wisatawan mancanegara? Di Australia, tepatnya di Melbourne, ada warung yang menyajikan gudeg. Namanya Warung Gudeg. Warung ini selalu ramai oleh orang Australia yang suka gudeg.

Satai

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
Sate Ayam Madura (Foto: Resep Koki)

Orang Amerika sudah tidak asing dengan kuliner khas Indonesia yang satu ini. Tidak hanya karena mantan presiden mereka, Barack Obama, pernah menyebutnya. Bahkan menikmatinya. Di New York, ada restoran Indonesia bernama Satay Junction. Menu andalannnya adalah satai ayam. Orang Korea pun tidak asing dengan satai. Di kawasan Ansan, seperti dilansir idntimes.com, terdapat banyak restoran Melayu. Salah satunya adalah restoran dari Indonesia. Namanya Warung Barokah. Di sini disajikan berbagai makanan khas Indonesia seperti nasi goreng, satai, dan lainnya.

Nasi Goreng

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
(Foto: Eating Well)

Banyak wisatawan mancanegara yang jatuh cinta pada nasi goreng. Cita rasanya memang khas. Barack Obama, mantan orang nomor satu Amerika, pernah mengatakan bahwa nasi goreng Indonesia benar-benar lezat. Di Berlin, Jerman, ada Nusantara Restaurant. Di situ disajikan tempe mendoan, rendang, soto, nasi goreng, dan pempek. Banyak orang Jerman yang mampir ke restoran ini.

Soto

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
(Foto: blog.fatfreevegan.com)

Banyak orang Madrid, Spanyol, yang sudah tahu apa itu soto. Makanan khas Indonesia ini pernah disiarkan secara langsung oleh Telemadrid dalam program Buenos das Madrid.  Dan mereka suka. Demikian juga masyarakat di kawasan Ibaraki, Jepang. Mereka sudah sangat terbiasa dengan soto sejak diperkenalkan oleh para pelajar dari Indonesia.

Indomie Goreng

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
(Foto: pinterest)

Indomie sudah terkenal di dunia sejak 20 tahun lalu. Sudah diekspor ke 80 negara. Di Timur Tengah dan Afrika, hampir semua supermarket menjual indomie goreng. Di Amerika, indomie goreng menjadi kado Natal paling favorit. Sementara di Australia, sebuah restoran di Sydney menyajikan burger dengan isi indomie goreng.

Nasi Padang

Makanan Indonesia yang diburu orang Barat
(Foto: google)

Jauh sebelum Audun Kvitland Rostad, musisi dari Norwegia, menciptakan lagu berjudul Nasi Padang karena jatuh cinta pada nasi padang, orang Barat sudah tahu apa itu nasi padang dan bagaimana rasanya. Sama seperti rendang, nasi padang pun dimasukkan CNN International dalam daftar masakan paling lezat di dunia. Jangan heran bahwa orang Barat memburu masakan ini ketika datang ke Indonesia.

 

#YUKKpakeYUKK

 

2
like
1
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry