Cara Tepat Merawat Kulit Wajah

perawatan wajah
(Foto: cantikalamiku.com)

Bagaimana Anda di mata orang sedikit banyak ditentukan oleh bagaimana Anda menjaga dan merawat diri, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Perawatan yang benar dan rutin akan membuat Anda terlihat lebih menarik dan awet muda. Berikut cara tepat untuk merawat kulit wajah :

  • Bersihkan wajah setiap malam

    cuci wajah
    Ilustrasi (Foto: bintang.com/makeupandbeauty.in)

    Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit wajah tampak kusam dan tidak cerah, antara lain, polusi udara, riasan, dan keringat. Jika tidak dibersihkan, riasan, keringat, dan polusi udara itu akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Lalu muncul jerawat dan bintik-bintik hitam. Oleh karena itu, rutinlah membersihkan wajah setiap malam sebelum tidur. Sekalipun Anda sibuk dan lelah, tetaplah luangkan waktu untuk mencuci wajah sebelum tidur.

  • Bahan-bahan alami

    ekstrak bunga lavender
    (Foto: halosehat.com)

    Para dermatolog menyarankan Anda untuk menggunakan produk pembersih kulit wajah yang terbuat dari bahan-bahan alami. Anda, misalnya, dapat menggunakan produk yang terbuat dari ekstrak lavender, mawar, dan bunga lainnya. Bahan-bahan alami itu tidak hanya membuat kulit wajah Anda lebih cerah, tetapi juga lebih rileks.

  • Lakukan eksfoliasi

    Eskfoliasi
    Ilustrasi (Foto: all4women.co.za)

    Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan cerah adalah melakukan eksfoliasi (pengelupasan sel kulit mati). Gunakan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Anda bisa memilih scrub yang mengandung alpha hydroxy acid.

  • Lindungi wajah dengan tabir surya

    Tabir surya
    Ilustrasi (Foto: stylecraze.com)

    Sebelum keluar dari rumah, lindungi wajah Anda dari paparan sinar matahari dengan pelembap yang mengandung SPF (sun protection factor) minimal 15 atau lebih. Anda bisa juga menggunakan foundation yang mengandung formula untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Jika Anda rutin mengoleskan pelembap atau tabir surya, kulit wajah Anda akan terlihat lebih halus.

  • Oleskan krim malam

    Krim malam untuk wajah
    Ilustrasi (Foto: skin.co.id)

    Pada siang hari, setelah dibersihkan, kulit wajah harus diolesi dengan pelembap. Pelembap berfungsi untuk melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari. Pada malam hari, kulit wajah diolesi dengan krim malam. Sama seperti pelembap yang digunakan pada siang hari, krim malam juga punya manfaat yang besar. Saat ini tersedia banyak jenis krim malam yang mengandung formula untuk melembapkan, menghaluskan, melembutkan, dan mencerahkan kulit.

  • Riasan yang ringan

    Riasan ringan
    Ilustrasi (Foto: lifelikelady.com)

    Ada begitu banyak produk make-up yang tersedia di pasaran. Yang harus Anda lakukan adalah memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Lalu oleskan secukupnya. Riasan yang tebal akan dapat menyumbat pori-pori, sehingga menimbulkan banyak masalah seperti jerawat.

#YUKKpakeYUKK

2
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry