10 Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Sederhana & Efektif!

Cara meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif

Aset dalam bisnis tidak hanya hal-hal yang sifatnya fisik. American Customer Satisfaction Index (ACSI) menyebutkan kalau aspek nonfisik seperti kepuasan pelanggan juga termasuk aset berharga dalam bisnis. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan tips meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif. 

Manfaat Tingkat Kepuasan Pelanggan yang Tinggi untuk Bisnis

Dalam pengertiannya, kepuasan pelanggan merupakan parameter yang berguna untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan terhadap bisnis. Pemahaman yang tepat tentang kepuasan pelanggan bisa memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda, seperti: 

Mendorong Perkembangan Bisnis dengan Pesat

Lewat implementasi tips meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif, Anda bisa memperoleh manfaat berupa perkembangan bisnis yang pesat. Manfaat ini bisa Anda rasakan karena tingkat kepuasan yang tinggi dapat meningkatkan retensi pelanggan. 

Dalam penelitian oleh Frederick Reichheld of Bain & Company, peningkatan retensi pelanggan sebesar 5%, dapat memberikan dampak pada kenaikan profit antara 25% sampai 95%. Dengan profit yang meningkat, bisnis dapat berkembang lebih pesat. 

Meningkatkan Efisiensi Biaya Pemasaran

Selanjutnya, kepuasan pelanggan juga berkaitan dengan efisiensi biaya pemasaran. Anda perlu tahu kalau biaya untuk mendatangkan pelanggan baru jauh lebih mahal dibandingkan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Bahkan, terdapat selisih biaya yang begitu besar, mencapai 5 sampai 25 kali

Meningkatkan Daya Saing Bisnis

Kepuasan pelanggan yang tinggi juga memiliki kaitan erat dengan daya saing bisnis di pasaran. Kompetitor bisa saja meniru atau menjiplak produk Anda. Namun, keberadaan pelanggan yang loyal bakal membuat produk Anda tetap menjadi pilihan konsumen. 

Dalam studi oleh PwC, terungkap kalau 73% konsumen mempertimbangkan tingkat kepuasan saat melakukan transaksi. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha berlomba-lomba dalam menciptakan customer experience yang nyaman untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Biar Langgeng, Ini Tips Rahasia Bangun Merek Bisnis yang Kuat

Mendatangkan Pelanggan Baru

Anda perlu tahu kalau kepuasan pelanggan yang tinggi dapat membantu Anda dalam mendatangkan pelanggan baru. Bahkan, keberadaan seorang pelanggan yang loyal tak ubahnya berperan sebagai brand ambassador untuk bisnis Anda.

Pelanggan dengan loyalitas tinggi akan berupaya untuk mengajak orang-orang terdekat mencoba produk Anda. Oleh karena itu, semakin banyak pelanggan loyal yang Anda miliki, maka semakin banyak pula pelanggan baru yang bisa Anda peroleh.  

Membantu Proses Pengambilan Keputusan Bisnis

Terakhir, Anda bisa memperoleh manfaat kepuasan yang tinggi sebagai landasan dalam proses pengambilan keputusan penting dalam bisnis. Anda bakal memiliki kecenderungan untuk mengambil keputusan yang inline dengan keinginan dari para pelanggan loyal. 

Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Secara Efektif

Untuk bisa memperoleh berbagai manfaatnya secara nyata, ada 10 tips dalam meningkatkan kepuasan pelanggan yang bisa Anda praktikkan, yakni: 

Jaga Kualitas Produk dan Layanan

Upaya pertama yang dapat Anda lakukan dalam dengan mengedepankan kualitas produk serta layanan. Konsumen akan merasa puas dan senang ketika produk yang mereka beli sesuai dengan harapan yang diinginkan. 

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki sistem kontrol yang ketat dalam proses produksi. Pastikan bahwa proses produksi berjalan sesuai SOP. Kalau perlu, Anda bisa melakukan pengujian produk secara acak untuk memastikan standar kualitasnya.

Kedepankan Pelayanan yang Bersifat Personal

Layanan yang bersifat personal untuk setiap pelanggan menjadi aspek penting dalam tips meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif. Pelayanan seperti ini membantu pelanggan untuk bisa membantu mereka memperoleh produk yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Kunci dalam pelayanan yang personal adalah interaksi. Lewat interaksi, Anda bisa mengetahui preferensi pelanggan, alasan mereka berbelanja, permasalahan terkait produk yang diinginkan, dan lain sebagainya. Selanjutnya, Anda pun bisa merekomendasikan produk sesuai dengan jawaban mereka.

Kumpulkan Feedback Pelanggan dan Lakukan Follow Up

Dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan, penting bagi Anda untuk mengumpulkan feedback pelanggan sebanyak-banyaknya. Feedback merupakan salah satu bukti bahwa Anda sebagai pelaku usaha mendengar setiap kritik, saran, dan masukan dari pelanggan. 

Hanya saja, Anda tak cukup mendengarkan dan mengumpulkan feedback pelanggan. Namun, Anda juga perlu melakukan evaluasi dan action atas setiap feedback tersebut. Dengan begitu, pelanggan akan merasa kalau kritik dan saran yang mereka berikan benar-benar Anda dengarkan. 

Layani Pelanggan dengan Empati 

Selanjutnya, Anda perlu pula mengedepankan pelayanan yang berbasis empati kalau ingin memperoleh kepuasan pelanggan yang tinggi. Empati merupakan bukti kalau Anda benar-benar mempunyai kepedulian terhadap pelanggan. Apalagi, ketika berhadapan dengan pelanggan yang tengah frustrasi dengan permasalahan tertentu. 

Berikan Respons untuk Ulasan Pelanggan

Tak cukup dengan feedback. Anda perlu pula memperhatikan setiap ulasan atau review dari para pelanggan. Anda pun bisa memanfaatkan keberadaan review tersebut sebagai sarana melakukan interaksi dengan mereka. 

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan respons untuk setiap ulasan pelanggan. Baik ulasan yang sifatnya positif maupun negatif. Respons tersebut dapat meningkatkan peluang konsumen untuk kembali datang ke tempat Anda.

Sediakan Saluran Komunikasi yang Mudah

Tips meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif berikutnya adalah lewat adanya kemudahan dalam melakukan interaksi. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan jalur komunikasi yang memberi kemudahan bagi pelanggan untuk menghubungi Anda. 

Di era digital seperti sekarang, Anda bisa menghadirkan berbagai pilihan jalur komunikasi. Tak cukup dengan akun media sosial. Anda perlu pula menyediakan komunikasi via email, WhatsApp, maupun nomor telepon. 

Berikan Dukungan yang Proaktif dan Cepat

Sikap proaktif juga efektif dalam meningkatkan angka kepuasan pelanggan. Petugas customer support dapat menunjukkan sikap yang proaktif dengan menawarkan solusi atas permasalahan yang dihadapi pelanggan. 

Tingkatkan Kepuasan Karyawan

Anda perlu tahu kalau kepuasan karyawan memiliki kaitan yang sangat erat dengan kepuasan pelanggan. Karyawan yang memiliki tingkat kepuasan tinggi di tempat kerja, akan berupaya memberikan hal yang terbaik untuk bisnis. Termasuk ketika mereka berhadapan dengan pelanggan. 

Bangun Komunitas

Tips selanjutnya dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan membangun komunitas. Keberadaan komunitas berguna untuk meningkatkan interaksi Anda dengan para pelanggan. Selain itu, Anda bisa pula menggunakan komunitas tersebut untuk menjalin hubungan emosional yang dekat dengan mereka. 

Kurangi Waktu Tunggu Pelanggan

Pelayanan yang bertele-tele dan lama, membuat pelanggan tak nyaman. Anda pun perlu melakukan pelatihan kepada setiap karyawan agar bisa memberi pelayanan yang efektif dan cepat. Dengan begitu, pelanggan tak perlu menunggu lama dan tidak timbul antrean panjang. 

Kalau perlu, Anda bisa pula menggunakan tool pendukung dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja karyawan. Salah satunya adalah dengan menggunakan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway membantu Anda dalam memproses setiap pembayaran pelanggan dengan cepat dan praktis. Dengan YUKK Payment Gateway, pelanggan bisa bebas memilih metode cara pembayaran, mulai dari QRIS, kartu kredit, virtual account, hingga e-wallet

Anda pun tidak perlu bingung dengan menyiapkan uang kembalian. Selain itu, semua transaksi juga bisa tercatat secara lengkap tanpa ada yang tertinggal. Alhasil, waktu tunggu dapat berkurang secara drastis serta membuat pelanggan jadi lebih puas dan nyaman. 

Nah, sekarang Anda sudah memahami betapa pentingnya penerapan tips meningkatkan kepuasan pelanggan secara efektif, kan? Yuk, lakukan tindakan nyata biar pelanggan puas dan loyal terhadap bisnis Anda.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry