Benarkah Anggur Merah Dapat Meningkatkan Kesuburan?

Anggur dapat meningkatkan kesuburan
Ilustrasi (Foto: google)

Dalam beberapa tahun terakhir ini, para ilmuwan melakukan sejumlah penelitian secara intensif untuk mengetahui apa saja manfaat anggur merah untuk kesehatan. Penelitian dilakukan baik terhadap anggur itu sendiri maupun terhadap perempuan dan laki-laki yang mengonsumsi anggur merah. Dari sejumlah penelitian itu, para ahli menyimpulkan bahwa memang anggur merah punya manfaat untuk kesehatan.

Baru-baru ini, seperti dilansir kompas.com, para ilmuwan di Washington University, St. Louis, Missouri, Amerika Serikat, melakukan penelitian tentang pengaruh anggur merah terhadap perempuan berusia 18—44 tahun. Para peneliti melibatkan 135 perempuan dari rentang usia itu yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berbeda. Selama penelitian itu, para peneliti melakukan pemindaian ultrasound secara regular kepada masing-masing mereka untuk menghitung berapa sisa sel telur sehat yang mereka miliki.

Anggur merah dapat meningkatkan kesuburan
Ilustrasi (Foto: google)

Dari penelitian itu, mereka menyimpulkan bahwa perempuan yang rutin minum anggur merah setiap pekan, di luar faktor lain seperti usia dan pendapatan, memiliki cadangan ovarium yang lebih baik. Mereka lebih subur daripada perempuan yang tidak minum anggur merah. Mengapa? Karena anggur merah mengandung resveratol, yaitu sejenis molekul antioksidan, yang bertugas melindungi sel dari berbagai tekanan biologis.  Resveratol ini menjadi komponen kunci dalam anggur merah, biji cokelat, dan bluberi. Dalam anggur merah, jumlah molekul antioksidan itu sangat banyak.

Hasil penelitian ini tentu saja merupakan sebuah kabar baik bagi dunia kesehatan dan ilmu pengetahuan sekalipun masih harus dilakukan penelitian yang dalam dan menyeluruh. Penelitian ini juga menjadi kabar baik bagi perempuan. Meskipun demikian, hasil penelitian itu tidak bisa menjadi dasar dan patokan untuk mendorong semua perempuan yang ingin mempunyai anak untuk minum anggur merah. Sekali lagi, masih harus dilakukan penelitian yang dalam dan menyeluruh tentang manfaat anggur merah ini. Hasil penelitian ini hanya menunjukkan manfaat resveratol dalam anggur merah untuk kesuburan perempuan yang minum sekitar lima gelas anggur merah setiap bulan.

Anggur merah bisa meningkatkan kesuburan
(Foto: google)

Adam Balem, pimpinan di British Fertility Society, mengatakan kepada The Times bahwa penelitian tersebut ‘menarik’, tapi masih diperlukan penelitian selanjutnya untuk menjelaskan seperti apa hubungan antara anggur merah dan tingkat kesuburan. “Ini penelitian yang menarik. Namun, karena skalanya kecil, belum signifikan secara statistik,” katanya.

Hasil penelitian ini tidak bisa dijadikan pegangan utama untuk menegaskan bahwa anggur merah dapat meningkatkan kesuburan. Pasalnya, belum bisa dibuktikan bahwa meningkatnya kesuburan itu hanya disebabkan oleh anggur dan bukan faktor lain.

Anggur merah dapat meningkatkan kesuburan
Ilustrasi (Foto: vinepair.com)

“Hal lain yang harus dipahami adalah bahwa paparan janin yang sedang berkembang terhadap alkohol dapat menyebabkan kerusakan perkembangannya, sehingga konsumsi alkohol tidak boleh lebih dari enam unit (kira-kira dua gelas anggur besar) per pekan untuk perempuan yang ingin hamil,” terangnya.

Baca juga : Penelitian Baru: Anggur Merah Bisa Mencegah Kematian Sel Otak!

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
1
wow
0
sad
0
angry