Belajar Online Bikin Kuota Internet Jebol? Atasi dengan Cara Ini!

Belajar Online Bikin Kuota Internet Jebol? Atasi dengan Cara Ini!
Ilustrasi belajar online (Foto: Freepik)

Ada beberapa sekolah yang sudah kembali melakukan proses belajar-mengajar tatap muka. Namun, masih banyak sekolah yang menerapkan proses belajar-mengajar dalam jaringan (online). Demikian juga sejumlah perguruan tinggi.

Sisi baiknya banyak. Salah satunya adalah anak atau mahasiswa tidak harus keluar dari rumah. Dengan demikian, rantai penyebaran dan penularan virus Corona bisa diputus (justru inilah alasan utama mengapa proses belajar-mengajar dalam jaringan dilakukan).

Masalahnya juga tidak sedikit. Salah satunya adalah kuota internet. Belajar onlinesetiap hari tentu bisa bikin kuota internet jebol. Belum lagi ditambah dengan tugas lain yang mengharuskan anak atau mahasiswa mengunduh atau mencarinya melalui internet.

Apa yang harus kamu lakukan agar kuota internetmu tidak jebol? Ada beberapa trik yang bisa kamu praktikkan:

Tetapkan batas pemakaian

Belajar Online Bikin Kuota Internet Jebol? Atasi dengan Cara Ini!
Ilustrasi (Foto: ting.com)

Kamu harus tahu bahwa ponsel pintar sudah dilengkapi dengan fitur pembatasan pemakaian kuota internet. Jadi, manfaatkan fitur itu. Buka telepon pintarmu dan atur jumlah penggunaan kuota internet harianmu. Dengan begitu, pemakaian kuota internetmu lebih terkontrol.

Mana yang paling penting?

Belajar Online Bikin Kuota Internet Jebol? Atasi dengan Cara Ini!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Kamu harus bijak menggunakan internet. Jika kamu adalah orang tua, kamu harus tahu prioritas kebutuhan anakmu. Alokasikan kuota internet untuk prioritas itu. Kalau anakmu membutuhkan internet untuk belajar, maka kuota internet harus lebih besar dan banyak. Itu berarti bahwa kamu harus mengurangi pemakaian telepon dan video call. Video callmenghabiskan banyak kuota. Kamu juga bisa berhenti untuk sementara waktu mengakses media sosial dan streaming video atau film. Sebaiknya kuota yang ada dialokasikan untuk prosoes belajar-mengajar online anakmu.

Matikan pembaruan otomatis dan lokasi

Belajar Online Bikin Kuota Internet Jebol? Atasi dengan Cara Ini!
Ilustrasi (Foto: Blog Second)

Tanpa kamu sadari, update aplikasi secara otomatis menyedot kuota internet sangat banyak. Jadi, matikan pembaruan aplikasi secara otomatis di Google Play atau App Store. Selain itu, matikan juga GPS, agar ponsel tidak melakukan update lokasi menggunakan internet. Dengan melakukan hal ini, kamu telah menghemat penggunaan internetmu.

Cari paket yang murah

Belajar Online Bikin Kuota Internet Jebol? Atasi dengan Cara Ini!
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah mencari penyedia layanan internet yang punya koneksi yang stabil dan harga paket yang murah. Kamu bisa mencari dan membelinya di aplikasi YUKK. Pulsa telepon dan paket data dari berbagai provider sangat murah.

Jika kamu adalah pelanggan Axis, kamu bisa mendapatkan paket Bronet 4G Owsem 1 GB + 1GB (4 GB) hanya dengan Rp23.000. Paket Bronet 4G Owsem 3 GB + 9 GB (4 GB) hanya senilai Rp75.000. Dan paket Bronet 24 Jam 5 GB 60 Hari hanya senilai Rp53.000. Sangat murah!

Pulsa dan Paket Data yang Murah Ada di YUKK
Promo Pulsa dan Paket Data di YUKK (Grafis: YUKK)

Kamu pelanggan Telkomsel? Paket data dan pulsa teleponnya tidak tanggung-tanggung murahnya. Cukup dengan Rp11.000, kamu sudah bisa mendapatkan pulsa senilai Rp10.000. Kamu ingin membeli pulsa senilai Rp75.000? Bisa! Harganya hanya Rp75.000. Kalau senilai Rp100.000? Kamu hanya cukup membayar Rp99.000. Murahnya tidak tanggung-tanggung, bukan?

Lalu harga paket datanya? Untuk Telkomsel Direct Paket Data (Games Max. 25.000), kamu hanya perlu membayar Rp25.500. Untuk Telkomsel Direct Paket Data 15 GB (Maxstream Gala), kamu hanya cukup membayar Rp99.000. Kalau paket data 12 GB + 2 GB OMG? Hanya Rp99.000.

Anak Belajar Online? Lakukan Ini Agar Anak Merasa Nyaman
(Grafis: YUKK)

Pulsa dan paket data untuk provider lain pun murah. Ada yang biaya administrasinya hanya Rp500. Ada yang hanya Rp1.000. Bahkan ada yang tidak ada tambahan biaya apa pun. Jika kamu ingin membeli pulsa Smartfren senilai Rp100 ribu, misalnya, maka yang kamu bayar adalah Rp100 ribu. Tidak ada tambahan biaya lagi.

Untuk setiap pembelian pulsa telepon dan paket data, kamu akan mendapatkan cashback 10%. Cashback diberikan dalam bentuk YUKK Point yang jumlah maksimalnya mencapai 10.000 poin. Poin-poin ini bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi lain seperti membayar iuran BPJS Kesehatan, Angsuran, TV Kabel & Internet, dan membeli voucher game dan paket Spotify, JOOX, dan Sushiroll.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry