Bayi di Florida Lahir dengan Antibodi Covid-19

News | 25 March 2021
Bayi di Florida Lahir dengan Antibodi Covid-19
Ibu hamil divaksin (Foto: Getty Images)

Program vaksinasi sedang dilakukan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Namun, tidak semua orang boleh divaksin. Di Indonesia, pemerintah sudah mengeluarkan daftar kelompok orang yang tidak boleh menerima vaksin Covid-19.

Salah satu kelompok yang masuk dalam daftar itu adalah ibu hamil. Alasannya adalah bukan karena vaksin Covid-19 berbahaya untuk ibu hamil dan janinnya. Alasan sebenarnya adalah belum ada data klinis yang cukup mengenai manfaat dan efek samping pada ibu hamil.

Lalu bagaimana dengan di negara lain? Sama seperti di Indonesia, masih ada banyak negara yang menunda vaksinasi Covid-19 terhadap ibu hamil dan menyusui. Namun, ada juga negara yang merasa bahwa ibu hamil dan menyusui boleh divaksin. Di Amerika Serikat, seperti dikutip YUKK dari prevention.com, beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk menunda vaksinasi pada ibu hamil.

Bayi di Florida Lahir dengan Antibodi Covid-19
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Rekomendasi beberapa ahli kesehatan di Amerika Serikat ini lalu menjadi acuan untuk dilakukannya vaksin terhadap ibu hamil. Salah satunya adalah seorang ibu hamil yang merupakan seorang tenaga kesehatan. Dikutip dari The Guardian, ibu hamil di Florida itu divaksin dengan vaksin Moderna pada Januari lalu. Ketika itu, usia kehamilannya mencapai 36 minggu.

Beberapa waktu kemudian, dia melahirkan anaknya yang berjenis kelamin perempuan. Dan bayi itu dilaporkan telah memiliki antibodi Covid-19.

“Sepengetahuan kami, ini adalah laporan pertama di dunia tentang bayi yang lahir dengan antibodi setelah (sang ibu) vaksinasi,” kata Drs. Paul Gilbert, dokter anak, kepada WPBF.

Bayi di Florida Lahir dengan Antibodi Covid-19
Ibu hamil (Foto: Freepik)

Antibodi bayi ini ditemukan setelah dilakukan pemeriksaan darah dari tali pusat.

“Kami menguji tali pusat sang bayi untuk melihat apakah antibodi dari ibu diturunkan ke bayi seperti yang terjadi pada vaksin lain ketika diberikan selama kehamilan,” kata Gilbert.

Hasil penemuan ini pun telah dilaporkan oleh Gilbert dan Chad Rudnick dalam sebuah studi pracetak. Dengan hasil ini, mereka mendesak para peneliti untuk segera melakukan penelitian lebih lanjut tentang keamanan vaksin Corona ibu hamil.

Bayi di Florida Lahir dengan Antibodi Covid-19
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Ini adalah satu kasus kecil dimana ribuan bayi akan lahir dari ibu yang telah divaksinasi dalam beberapa bulan ke depan. Studi lebih lanjut harus menentukan berapa lama antibodi ini dapat bertahan,” jelas Rudnick.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry