Banten dan Aceh Kembali Diguncang Gempa

News | 24 January 2018
Banten dan Aceh Kembali Diguncang Gempa
Ilustrasi (Foto: detik.com)

Selasa (23/1) lalu, Lebak, Banten, diguncang gempa berkekuatan 6,4 SR. Getarannya terasa hingga di Jakarta dan Lampung. Akibat gempa ini, lebih dari 1.000 rumah warga rusak berat. Baca artikel nya di Gempa Banten Tidak Berpotensi Tsunami

Hari ini, Rabu (24/1), Lebak kembali diguncang gempa. Gempa terjadi pada pukul 13.32 WIB lalu. Pusat gempa berkekuatan 5,1 SR ini ada di 72 km arah barat daya Lebak dengan kedalaman 42 km. Terletak pada koordinat 7,19 lintang selatan dan 106,07 bujur timur. Lokasinya berdekatan dengan pusat gempa yang terjadi pada hari sebelumnya.

Sama seperti sebelumnya, pihak BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) mengatakan bahwa gempa ini pun tidak menimbulkan tsunami. Goncangannya sangat kecil untuk bisa menimbulkan gelombang air yang sangat besar.

Gempa Banten tidak berpotensi tsunami
Rumah warga rusak akibat gempa yang terjadi pada Selada (23/1) lalu (Foto: kompas.com)

Jika dibandingkan dengan gempa pada hari sebelumnya, kekuatan gempa kali ini memang lebih kecil. Namun, tetap saja guncangannya terasa hingga di Jakarta. Di beberapa kompleks perkantoran, khususnya di gedung bertingkat, banyak karyawan yang berlari ke luar kantor.

Menurut BMKG, guncangan di Jakarta termasuk dalam kategori II-III skala MMI (Modified Mercalli Intensity). Sekadar diketahui, skala Mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Skala ini diciptakan oleh seorang vulkanolog dari Italia bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902. Skala ini dimodifikasi pada tahun 1931 oleh ahli seismologi bernama Harry Wood dan Frank Neumann.

Jika Jakarta dikatakan mengalami guncangan II-III berdasarkan skala MMI, itu berarti bahwa guncangan atau getaran hanya dirasakan beberapa orang; benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Jika orang-orang yang berada di dalam rumah merasakan getaran atau guncangan, berarti guncangan itu masuk skala III. Skala yang paling tinggi adalah XII. Pada skala ini, guncangan gempa menghancurkan apa pun; tampak gelombang pada permukaan tanah; pemandangan menjadi gelap; dan benda-benda terlempar ke udara.

Banten dan Aceh Kembali Diguncang Gempa
Pusat gempa di Aceh (Foto: Dok. BMKG)

Rupanya gempa tidak hanya mengguncang Lebak. Menurut pihak BMKG, tidak lama setelah gempa di Lebak, terjadi gempa bumi di Aceh. Pusat gempa terletak di 2,62 lintang utara dan 95,41 bujur timur. Lokasinya terletak di 68 km barat daya Kabupaten Simeuleu dengan kedalaman 11 km. Kekuatannya sama dengan yang gempa yang terjadi di Lebak, yaitu 5,1 SR.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry