Apakah Boleh Minum Kopi Saat Sahur?

Apakah Boleh Minum Kopi Saat Sahur?
Kopi (Foto: Freepik)

Kopi punya banyak manfaat untuk tubuh. Bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe. Bisa mengurangi risiko depresi dan gangguan fungsi otak. Bisa meningkatkan jumlah antioksidan di dalam tubuh. Bisa meningkatkan kinerja fisik. Bisa melindungi organ hati. Bisa juga membersihkan perut. Dan masih banyak lainnya.

Untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat itu, kopi harus dikonsumsi dalam batas yang wajar. Hasil penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyarankan orang untuk tidak minum kopi lebih dari 6 cangkir dalam sehari. Bahkan hasil penelitian lain menyarankan orang untuk minum 2—3 cangkir kopi dalam sehari. Tidak boleh lebih.

Selama Ramadan ini, orang tidak bisa minum kopi sebanyak biasanya. Misalnya, orang tidak bisa minum kopi pada siang hari seperti sebelumnya. Kopi baru bisa diminum pada saat berbuka puasa atau setelah makan malam atau juga saat sahur.

Apakah Boleh Minum Kopi Saat Sahur?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah apakah boleh minum kopi saat sahur?

“Hati-hati! Minum kopi saat sahur dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi. Jika tidak perlu benar-benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur,” kata dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK, dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah, seperti dikutip YUKK dari detikcom.

 Mengapa tidak perlu? Karena kopi punya efek diuretik. Setelah minum kopi, kamu akan sering buang air kecil. Jika kamu sering buang air kecil dan tidak minum air lantaran berpuasa, kamu bisa mengalami dehidrasi.

Apakah Boleh Minum Kopi Saat Sahur?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

“Jika tidak perlu benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur,” tambahnya.

Apakah itu berarti bahwa kamu sama sekali tidak boleh minum kopi? Tentu saja tidak demikian. Kamu masih tetap boleh minum kopi selama Ramadan. Namun, jumlahnya dikurangi.

“Apabila kamu biasa minum kopi sebanyak 2 sendok teh, dapat dikurangi menjadi 1 sendok teh. Namun, jika kamu merasa tidak ada masalah, misalnya, pada perut, masalah lambung, dan dehidrasi, maka kamu dapat tetap menerapkan kebiasaan lama,” katanya.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry