Apa Itu RekBer (Rekening Bersama)?

apa itu rekber

Bagi sebagian dari masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan apa itu rekber (rekening bersama), terutama bagi mereka yang sering melakukan transaksi di forum-forum online. Rekber menjadi salah satu metode transaksi yang sering dipakai oleh para pelaku belanja online karena dianggap salah satu metode paling aman. Hal ini karena proses transaksi yang melibatkan pihak ketiga sebagai pihak netral untuk menjamin kelancaran transaksi antara penjual dan pembeli. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu rekber, mengapa rekber sering digunakan dan apa saja kelebihan dari rekber, Anda dapat menyimak artikel berikut ini. 

Apa Itu Rekening Bersama (Rekber)?

Rekening bersama atau rekber adalah sebuah proses transaksi yang melibatkan tiga pihak, pihak penjual, pihak pembeli dan pihak netral sebagai penengah. Tugas dari pihak ketiga untuk menyimpan uang sementara menjamin transaksi terpenuhi sesuai kesepakatan. Sebenarnya, proses transaksi ini disebut eskro, tetapi masyarakat Indonesia lebih sering menyebutnya rekber karena lebih terdengar akrab di telinga. 

Istilah rekber sendiri dipopulerkan oleh para pengguna forum Kaskus, sebuah forum komunitas untuk mencari informasi, berbagi hobi, bergabung dan berinteraksi dengan komunitas dan bertransaksi jual beli. Rekber sendiri muncul sebagai inisiatif akibat banyaknya oknum yang melakukan penipuan transaksi online. Hal ini karena pada masa itu, transaksi online belum se-masif sekarang, sehingga penipuan transaksi online lebih mudah untuk dilakukan. 

Baca juga: Apa Itu Virtual Account? Manfaat dan Cara Bayar dalam Transaksi Keuangan

Mengapa Rekber Sering Digunakan?

Setelah mengetahui tentang apa itu rekber, pasti Anda juga bertanya-tanya mengapa rekber sering digunakan hingga se-populer sekarang ini. Berikut ini beberapa alasan mengapa rekber sering digunakan:

1. Keamanan yang lebih terjamin

Pihak rekber adalah pihak netral yang memiliki kredibilitas yang sudah terjamin keamanannya. Jika penjual tidak mengirimkan produk atau produk yang dikirim tidak sesuai dengan kesepakatan, pembeli dapat menginformasikan bahwa produk tidak sesuai sehingga uang yang dibayarkan oleh pembeli akan dikembalikan. 

Hal inilah yang menjadi keuntungan bagi pembeli yang biasanya pihak dengan kemungkinan ditipu lebih tinggi. Dengan demikian, oknum penipu yang sering mengatasnamakan penjual di forum jual beli online akan lebih cenderung menghindari rekber ketika menjual barang. 

2. Saling meningkatkan kepercayaan dalam bertransaksi

Sebagai penjual, kepercayaan para pembeli adalah kunci paling penting dalam memulai bisnis. Untuk itu, jika menggunakan pilihan rekber sebagai pilihan transaksinya maka pembeli tidak akan berpikir dua kali untuk melakukan transaksi. Karena proses transaksi yang terjadi sudah dijamin kelancarannya oleh pihak ketiga. 

3. Memberikan perlindungan dari resiko penipuan

Secara prinsip, penyedia layanan rekber yang dapat dipercaya tidak akan meneruskan dana kepada penjual sebelum pembeli menerima barang sesuai dengan pesanan dan dalam kondisi yang baik. Jika pembeli menerima paket yang tidak sesuai dengan deskripsi produk saat dipesan, mereka memiliki hak untuk mengajukan komplain kepada penyedia rekber.

Sebagai lembaga netral, rekber akan melakukan penyelidikan terhadap keluhan tersebut dan mencari solusi yang memuaskan bagi kedua belah pihak. Hal ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik dan menjaga kepuasan pelanggan. Dengan demikian, keberadaan rekber dapat mengurangi risiko penipuan dan mencegah terjadinya transaksi palsu.

apa itu rekber

Baca Juga: M Banking Terblokir? Jangan Panik, Cek Solusinya Disini!

Bagaimana Cara Kerja Rekber?

Rekber, singkatan dari Rekening Bersama, adalah layanan yang menyediakan perantara keuangan untuk transaksi jual beli secara online. Cara kerja rekber melibatkan beberapa langkah penting untuk memastikan keamanan dan keberlangsungan transaksi antara penjual dan pembeli. Berikut adalah cara kerja Rekber secara umum:

1. Pendaftaran

Penjual dan pembeli melakukan pendaftaran di platform Rekber yang dipercaya. Mereka biasanya akan diminta untuk memberikan informasi identitas dan rekening bank.

2. Penawaran dan Kesepakatan

Penjual memasang barang atau layanan yang ingin dijual, dan pembeli menawarkan harga atau menyetujui harga yang ditawarkan. Kemudian kedua belah pihak mencapai kesepakatan tentang harga dan detail lainnya.

3. Pembayaran

Pembeli mentransfer pembayaran ke rekening bank yang disediakan oleh Rekber. Uang ini akan ditahan oleh Rekber sementara proses pengiriman dan penerimaan barang atau layanan berlangsung.

4. Verifikasi Pembayaran

Rekber memverifikasi bahwa pembayaran telah diterima sebelum melanjutkan transaksi lebih lanjut. Ini memastikan bahwa dana yang diterima telah sesuai dengan jumlah yang disepakati.

5. Pengiriman Barang atau Layanan

Setelah pembayaran diverifikasi, penjual mengirim barang atau layanan kepada pembeli sesuai dengan kesepakatan. Mereka juga akan memberikan nomor pelacakan atau bukti pengiriman kepada Rekber.

6. Konfirmasi Penerimaan

Pembeli menerima barang atau layanan yang dibeli dan mengkonfirmasi penerimaannya kepada Rekber. Mereka juga memberikan umpan balik tentang pengalaman mereka.

7. Pengiriman Pembayaran ke Penjual

Setelah pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang atau layanan, Rekber akan melepaskan pembayaran kepada penjual. Ini menandai penyelesaian transaksi.

8. Penyelesaian dan Pelaporan

Rekber akan merekam semua detail transaksi dan memberikan laporan kepada kedua belah pihak sebagai bukti pembayaran dan pengiriman.

Dengan menggunakan Rekber, pembeli dan penjual dapat melakukan transaksi secara aman dan terpercaya tanpa perlu khawatir tentang penipuan atau ketidakjujuran. Rekber bertindak sebagai pihak ketiga yang memfasilitasi proses transaksi dan memastikan kepuasan kedua belah pihak. 

aplikasi yukk | 7 e-wallet paling populer

Bertransaksi Online Aman Dengan YUKK Payment Gateway

Setelah mempertimbangkan uraian di atas, tidak dapat disangkal bahwa Rekber merupakan solusi yang tepat bagi pemilik usaha dan konsumen dalam konteks bisnis saat ini. Rekber tidak hanya memperkuat kepercayaan antara penjual dan pembeli, tetapi juga menjamin keamanan dan kenyamanan dalam setiap transaksi.

Apakah Anda mencari layanan Rekber yang dapat diakses dengan mudah, kapan pun dan di mana pun Anda berada? Jika ya, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan payment gateway seperti YUKK Payment Gateway. YUKK Payment Gateway merupakan solusi yang ideal bagi berbagai jenis bisnis, termasuk startup, UMKM, dan perusahaan skala besar. Dengan YUKK Payment Gateway, semua transaksi akan tercatat secara otomatis dalam pembukuan, menghilangkan kebutuhan untuk melakukan pencatatan manual yang merepotkan.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry