Yang Harus Kamu Ketahui tentang Hipertensi

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Hipertensi
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tekanan darah didefinisikan sebagai tekanan yang diberikan sirkulasi darah terhadap dinding arteri tubuh, yaitu pembuluh darah utama. Tekanan ini sebenarnya sangat tergantung pada resistensi pembuluh darah dan seberapa keras jantung bekerja untuk memompa darah. Jika darah yang dipompa banyak, sementara arteri sempit, maka tekanan darah akan tinggi.

Tekanan darah ini dibagi menjadi 2 kategori, yaitu tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik. Tekanan darah sistolik adalah tekanan yang terjadi ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Dan tekanan darah diastolik adalah tekanan ketika otot jantung relaksasi sebelum kembali memompa darah.

Tekanan darah sistolik, jika dicatat, biasanya ditulis lebih dahulu daripada tekanan darah diastolik. Dan biasanya angkanya lebih tinggi. Misalnya, 120/80 mmHg. Itu berarti bahwa tekanan sistoliknya 120 mmHg dan tekanan diastoliknya 80 mmHg.

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Hipertensi
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Tekanan darah disebut normal jika berada di bawah 120/80 mmHg. Jika berkisar di antara 120—129/>80 mmHg, maka tekanan darah disebut meningkat. Jika tekanannya 130/80 mmHg—139/89 mmHg, maka tekanannya disebut hipertensi tingkat 1. Jika tekanannya pada 140/90 mmHg atau lebih, maka tekanannya disebut hipertensi tingkat 2.

Dikutip dari WebMD, ada beberapa gejala hipertensi yang harus diwaspadai, yaitu sakit kepala parah, kelelahan atau kebingungan, pandangan kabur, nyeri dada, sulit bernapas, detak jantung tidak teratur, darah dalam urin, dan dada, leher, atau telinga berdebar. Jika kamu atau orang terdekat atau orang yang berada di sekitarmu mengalami gejala-gejala itu, segera periksakan diri pada dokter. Tekanan darah yang tinggi sangat berbahaya karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Akibatnya adalah timbul berbagai penyakit. Misalnya, gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung.

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Hipertensi
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Dikutip dari Medical News Today, hipertensi jangka panjang bisa menyebabkan komplikasi melalui aterosklerosis, di mana plak berkembang di dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan. Jika pembuluh darah menyempit, maka hipertensi akan bertambah parah. Dan aterosklerosis yang berhubungan dengan hipertensi ini bisa menjadi gagal jantung dan serangan jantung, aneurisma (tonjolan abnormal pada dinding arteri yang sewaktu-waktu bisa pecah), gagal ginjal, stroke, amputasi, dan retinopathi hipertensi pada mata (dapat menyebabkan kebutaan).

Lalu apa yang menyebabkan terjadinya hipertensi? Dikutip dari Mayo Clinic, ada 2 jenis hipertensi yang dilihat berdasarkan penyebabnya. Yang pertama adalah hipertensi primer. Pada banyak orang dewasa, penyebab tekanan darah tinggi ini tidak dapat diidentifikasi. Cenderung berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun.

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Hipertensi
Ilustrasi aterosklerosis (Foto: Freepik)

Yang kedua adalah hipertensi sekunder. Hipertensi jenis ini cenderung muncul secara tiba-tiba. Dan biasanya bisanya menyebabkan tekanan darah lebih tinggi dibanding hipertensi primer.

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan hipertensi sekunder adalah sleep apnea atau gangguan tidur obstruktif, masalah ginjal, tumor kelenjar adrenal, masalah tiroid, cacat bawaan di pembuluh darah, obat-obatan tertentu (seperti pil KB, obat flu, dan penghilang rasa sakit), dan obat-obatan terlarang seperti kokain dan amfetamin.

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Hipertensi
Ilustrasi pola makan yang burk (Foto: Freepik)

Faktor risiko apa saja yang bisa menyebabkan seseorang mengalami hipertensi? Laman resmi NHS mencatat beberapa faktor risiko:

  • berusia lebih dari 65 tahun
  • mengalami obesitas atau kelebihan berat badan
  • memiliki garis keturunan dengan darah tinggi
  • makan terlalu banyak garam
  • memiliki pola makan tidak sehat
  • jarang berolahraga
  • minum terlalu banyak alkohol terlalu banyak
  • konsumsi kafein
  • merokok
  • kurang tidur

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry