Yang Harus Kamu Ketahui tentang Gaya Smart Casual

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Gaya Smart Casual!
Ilustrasi (Foto: Pinterest)

Kamu pasti sudah familiar dengan frasa smart casual. Mungkin juga kamu sering dituntut untuk tampil dengan gaya itu untuk menghadiri sebuah acara. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksudkan dengan gaya smart casual? Dan bagaimana seharusnya kamu tampil dengan gaya itu?

Sebelum tampil dengan gaya itu, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu smart casual. Kamu harus tahu supaya kamu tidak salah menerapkannya.

Awal Abad ke-20

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Gaya Smart Casual!
Ilustrasi (Foto: telegraph.co.uk)

Frasa ini muncul pertama kali di tanah Amerika. Diciptakan oleh orang Amerika. Frasa ini menjadi sangat familiar pada tahun 1980-an. Namun, frasa itu sudah disebut pertama kali dalam koran The Davenport Democrat and Leader pada Mei 1924.

“The sleeveless dress with three-quarter overblouses, in smock appearance completing it for street wear, is accorded various interpretations. It is at once practiced and gives a smart casual appearance.”

Lebih dari 20 tahun setelah smart casual disebut untuk pertama kalinya dalam dunia mode itu, muncul frasa lain untuk menjelaskan sebuah gaya berpakaian yang baru: business casual. Sama seperti frasa smart casual itu, frasa yang baru ini pun diciptakan orang Amerika. Frasa ini merujuk pada gaya berpakaian kantoran yang lebih santai. Tidak lagi “berat” seperti sebelumnya.

Perpaduan yang Apik

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Gaya Smart Casual!
Ilustrasi (Foto: google)

Sejak disebut untuk pertama kalinya itu, smart casual diinterpretasikan dengan cara yang berbeda. Namun, interpretasi itu tetap tidak jauh dari yang sudah dijelaskan The Davenport Democrat and Leader itu. “Rapi” dan “santai” adalah kata kuncinya.

Francis Blagburn, dalam artikelnya yang berjudul “How to Master Smart Casual: A Guide for Men” yang dimuat dalam telegraph.co.uk, menyebut kata itu sebagai sebuah oksimoron. Dalam ilmu linguistik, oksimoron adalah penempatan dua antonim dalam suatu hubungan sintaksis. Contohnya, antara lain, ill health, deafening silence, dan small crowd.

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Gaya Smart Casual!
Ilustrasi (Foto: google)

Frasa itu memang merupakan sebuah oksimoron. Namun, menurut Blagburn, frasa itu bukanlah frasa abstrak yang aneh. Frasa itu justru merujuk pada sebuah instruksi praktis tentang sebuah gaya berpakaian yang bisa “masuk” dalam berbagai kesempatan: bisa untuk suasana yang formal, bisa juga suasana yang informal.

Oxford English Dictionary mendefinisikan frasa itu sebagai “gaya berpakaian yang rapi dan konvensional, tapi relatif informal”. Sama seperti kamus yang diterbitkan untuk pertama kalinya pada tahun 1884 itu, Macquarie Dictionary pun memberikan arti yang sama pada frasa itu: berpakaian bagus dengan gaya kasual atau santai. Kata “rapi” dan “santai” atau “informal” dipakai untuk menegaskan kekhasan gaya itu.

Yang Harus Kamu Ketahui tentang Gaya Smart Casual!
Ilustrasi (Foto: styleoholic.com)

Definisi yang diberikan Wikipedia pun tidak jauh berbeda. Namun, ensiklopedia dalam jaringan itu, yang sering dijadikan acuan banyak orang, melihat gaya smart casual sebagai gaya berpakaian yang ambigu. Mengapa? Karena seperti apa pakaian yang “rapi”, tetapi “santai” atau “sederhana” itu tidak jelas.  Pemahaman orang tentang gaya itu sangat tergantung pada konteks, budaya, tempat, dan paradigma. Dengan demikian, tidak ada kesepakatan yang jelas tentang seperti apa dan bagaimana gaya smart casual itu.

Memang tidak ada kesepakatan umum dan pasti seperti apa bergaya yang rapi, sekaligus santai itu. Para ahli mode punya perspektif masing-masing. Semuanya punya definisi yang agak berbeda. Namun, mereka sepakat bahwa smart casual style itu mengacu pada gaya berpakaian yang bisa diterima dalam berbagai kesempatan atau acara: bisa diterima dalam situasi yang resmi, bisa juga dalam situasi yang santai.

Setelah melihat beberapa definisi frasa itu, tiba saatnya kamu memilih pakaian yang tepat untuk menunjukkan kekhasan gaya itu. Seperti apa pakaian yang “rapi”, tapi tetap terlihat “santai” itu? Kamu bisa menentukannya sendiri.

Baca juga : Padu Padan yang Tepat untuk Gaya Smart Casual

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry