Wow, Merpati Balap Belgia Ini Terjual Rp20 Miliar

Merpati balap Belgia terjual Rp20 Miliar
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Sudah sejak dulu burung merpati pos digunakan dalam ajang balapan udara. Biasanya merpati dilepaskan dari jarak ratusan kilometer dari kandangnya. Yang pertama kembali ke kandang adalah pemenangnya.

Hingga hari ini, tradisi balapan merpati pos ini masih bisa ditemui di beberapa negara di Eropa. Sebut saja Belgia, Inggris, Prancis, dan Belanda. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini, ajang balapan udara itu mulai menurun intensitasnya.

Merpati balap Belgia terjual Rp20 Miliar
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Tradisi ini membuat harga seekor merpati balap begitu tinggi. Bahkan hingga miliaran rupiah. Itu bisa dilihat dari sebuah lelang dalam jaringan yang dilakukan awal pekan ini.

Seekor burung merpati spesialis balap Belgi bernama Armando berhasil memecahkan rekor penjualan seekor merpati balap. Jika sebelumnya seekor merpati balap laku terjual dalam lelang online seharga 376 ribu euro atau setara dengan Rp6 miliar, Armando justru dibeli dengan harga berkali-kali lipat dari itu. Dia dibeli  dengan harga 1,25 juta euro atau setara dengan lebih dari Rp20 miliar.

Merpati balap Belgia terjual Rp20 Miliar
Armando (Foto: Pigeon Paradise)

Hasil lelang itu mencengangkan banyak orang, khususnya mereka yang suka memelihara burung merpati dan yang sering terlibat dalam balapan udara.

“Awal pekan ini jelas bahwa Armando akan menjadi merpati termahal yang pernah terjual dalam lelang online. Namun, tidak ada yang pernah menyangka bahwa harga satu juta euro bakal terlampaui,” tulis situs khusus merpati, Pigeon Paradise.

Merpati balap Belgia terjual Rp20 Miliar
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Situs lelang itu tidak mengungkapkan identitas pembeli merpati tersebut. Namun, menurut kantor berita Belgia, Belga, pemenang lelang adalah seorang pembeli asal China. Mereka yakin bahwa burung merpati itu dibeli untuk dibiakkan.

Armando, dilansir AFP, adalah burung milik Joel Verschoot. Dia adalah peternak merpati Belgia yang cukup disegani. Dia punya peternakan merpati di Ingelmunster, Belgia barat. Dalam lelang online yang ditutup Minggu (17/3) lalu, Joel dan keluarganya telah menjual 178 ekor burung merpati dengan pendapatan total mencapai 2 juta euro atau setara dengan Rp32 miliar.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry