Wow, Ilmuwan Berhasil Menumbuhkan Tanaman di Tanah dari Bulan

Wow, Ilmuwan Berhasil Menumbuhkan Tanaman di Tanah dari Bulan
Benih yang tumbuh (Foto: UF/IFAS)

Sebuah kabar gembira untuk dunia ilmu pengetahuan. Untuk pertama kalinya, para ilmuwan berhasil menumbuhkan tanaman di tanah yang dibawa astronot dari bulan dalam program Apollo. Hasil eksperimen itu telah diterbitkan dalam jurnal Communications Biology.

“Penelitian ini sangat penting untuk tujuan eksplorasi manusia jangka panjang NASA. Kita perlu menggunakan sumber daya yang ditemukan di Bulan dan Mars untuk mengembangkan sumber makanan bagi astronot masa depan yang tinggal dan beroperasi di luar angkasa,” kata Bill Nelson, Administrator NASA, seperti dikutip YUKK dari laman NASA.

Wow, Ilmuwan Berhasil Menumbuhkan Tanaman di Tanah dari Bulan
Robert Ferl dan Anna-Lisa Paul sedang mengamati benih yang tumbuh (Foto: UF/IFAS)

Dalam eksperimen itu, Robert Ferl dari Institute of Food and Agricultural Sciences, University of Florida, dan timnya menggunakan 12 g tanah yang dikumpulkan dari berbagai tempat di Bulan selama misi Apollo 11, 12, dan 17. Mereka menempatkan sekitar 1 g tanah (disebut “regolit”) itu dalam pot kecil, memasukkan benih, dan menyiramnya dengan air. Benih yang dipilih adalah Arabidopsis thaliana, kerabat sawi.

Para ilmuwan juga menanam benih yang sama dalam tanah dari Bumi dan dari Mars. Setiap hari, mereka memberikan larutan nutrisi kepada benih-benih itu. Dua hari kemudian, semua benih itu, termasuk yang ditanam di dalam tanah dari Bulan, tumbuh.

“Semuanya bertumbuh. Saya tidak bisa menggambarkan betapa herannya kami. Semua tanaman, entah itu yang ditanam di tanah dari Bulan, entah di tanah dari Bumi, tampak sama hingga hari keenam,” kata Anna-Lisa Paul, ilmuwan dari Universitas Florida.

Wow, Ilmuwan Berhasil Menumbuhkan Tanaman di Tanah dari Bulan
(Foto: UF/IFAS)

Setelah itu, perbedaan mulai terlihat. Ternyata tanaman yang tumbuh di tanah dari Bulan lebih lambat pertumbuhannya. Akarnya pun kerdil.

Setelah 20 hari, para ilmuwan memanen semua tanaman itu. Setelah itu, mereka melakukan penelitian tentang DNA tanaman-tanaman itu. Hasil analisis menunjukkan bahwa tanaman yang tumbuh di tanah dari Bulan bereaksi serupa dengan yang tumbuh di lingkungan yang tidak bersahabat seperti tanah dengan terlalu banyak garam atau logam berat.

 

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry