Waspada! Sakit Perut Bisa Jadi Tanda Pertama Covid-19!

Sakit perut bisa jadi gejala pertama Covid-19
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Hasil sebuah penelitian tentang gejala awal Covid-19 dipublikasikan melaluiAmerican Journal of Gastroenterology. Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa gangguan pencernaan bisa jadi merupakan tanda bahwa orang itu sudah terinfeksi virus Corona. Dan itu bisa jadi merupakan gejala awal.

Hasil penelitian itu didapatkan dari analisis data yang dilakukan para peneliti terhadap 204 pasien Covid di Hubei, China. Para peneliti menemukan bahwa 48,5% dari pasien itu datang dengan keluhan masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, dan mual muntah.

Sakit perut bisa jadi gejala pertama Covid-19
Virus Corona (Foto: National Institute of Allergy and Infectious Diseases)

“Dalam studi ini, pasien Covid-19 dengan gejala pencernaan memiliki hasil klinis yang lebih buruk dan risiko kematian yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki gejala pencernaan. Hal ini menekankan pentingnya memasukkan gejala seperti diare untuk mencurigai adanya Covid-19 pada gejala awal sebelum gejala pernapasan muncul,” kata Brennan M. R. Spiegel, co-editor-in-chief American Journal of Gastroenterology.

Hasil penelitian ini diharapkan semakin membuat masyarakat waspada terhadap infeksi coronavirus ini. Gejala utamanya adalah demam tinggi dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin juga mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek atau sakit tenggorokan.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry