Untuk Apa Kantong Kecil Pada Saku Celana Jeans?

Kegunaan saku kecil di celana jeans
(Foto: Freepik)

Perhatikan celana jinmu. Celana itu punya 5 saku. Dua di depan dan dua di belakang. Sementara satu lagi berukuran kecil dan terletak di sisi depan sebelah kanan.

Pernahkah kamu bertanya untuk apa saku kecil di sebelah kanan itu? Pasalnya, saku itu hampir tidak digunakna sama sekali lantaran sangat kecilnya ukurannya. Jangankan untuk menyimpan ponsel kecil, untuk memasukkan dua jarimu saja kamu akan mengalami kesulitan. Lalu untuk apa saku kecil itu? Hanya hiasan?

Kegunaan saku kecil di celana jeans
Ilustrasi pekerja bangunan (Foto: Freepik)

Saat ini, mungkin saku kecil itu tampak hanya sebagai aksesori; sekadar pemanis sepotong jin. Namun, dulu, pada awal abad ke-19, saku kecil itu adalah “penyelamat” untuk para pria pekerja. Di saku kecil itulah mereka menyimpan barang berharga mereka.

Levi Strauss & Co. atau Levi’s, merk jin pertama yang beredar pada tahun 1879, ternyata membuat saku super kecil tersebut sebagai tempat untuk menyimpan arloji para pria pekerja. Ketika itu, celana jin dipakai oleh tukang kayu, penambang, hingga insinyur kereta api. Blog Levi Strauss menulis bahwa celana jin biru pertama yang dibuat hanya memiliki empat saku, yaitu satu di belakang, satu di depan, dan dua saku arloji kecil.

Kegunaan saku kecil di celana jeans
Gadis berjin biru (Foto; Freepik)

“Selain untuk menyimpan jam tangan, saku kecil ini juga berfungsi untuk menyimpan koin, korek api, kondom, dan tiket,” kata Tracey Panek, sejarawan Levi, seperti dilansir HuffPost.

Saku itu dibuat dalam ukuran kecil dan desain yang ketat dengan maksud tertentu. Maksudnya adalah agar barang yang disimpan di dalamnya tidak mudah jatuh atau keluar dari saku. Dengan demikian, saku kecil itu sangat tepat untuk menyimpan koin, korek api, arloji, tiket, dan barang-barang berukuran kecil lainnya.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry