Biar Tak Boncos, Ini Tips Menggunakan Google Ads untuk Pemasaran UMKM

Tips pemasaran google ads untuk bisnis UMKM

Google Ads menjadi solusi pemasaran digital yang tepat bagi para pelaku bisnis UMKM dalam memasarkan produk secara efektif. Apalagi, Anda mempunyai keleluasaan dalam menentukan pengeluaran saat melakukan pemasangan iklan. Namun, Anda perlu menerapkan tips pemasaran Google Ads untuk bisnis UMKM yang tepat biar memperoleh hasil yang optimal. 

Penggunaan Google Ads menjadi bagian penting dalam mendorong tingkat persaingan bisnis Anda. Apalagi, hampir sebagian besar pelaku bisnis di Indonesia menggunakan layanan ini. Lalu, bagaimana cara agar Anda bisa mendapatkan hasil yang optimal dari kampanye iklan di Google Ads? Ada 9 tips yang bisa Anda terapkan sebagai berikut: 

1. Riset Kata Kunci dengan Benar

Google Ads Anda gunakan untuk bisa memunculkan iklan di halaman pencarian. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan kata kunci yang tepat untuk bisa memperoleh banyak impresi dan konversi. 

Pilih kata kunci yang mempunyai kaitan erat dengan produk yang ditawarkan. Selain itu, perhatikan pula beberapa aspek meliputi: 

  • Search intent
  • Volume pencarian
  • Tingkat persaingan

Anda bisa menggunakan berbagai pilihan tool untuk melakukan riset kata kunci, termasuk di antaranya adalah Ubersuggest, SEMrush, Ahrefs, Moz, serta Google Keyword Planner. Sebagai tambahan, pastikan untuk menggunakan long tail keyword.

2. Rancang Landing Page yang Teroptimasi

Tips pemasaran Google Ads untuk bisnis UMKM yang selanjutnya adalah membangun landing page. Keberadaan landing page berguna sebagai halaman yang bertujuan untuk mendukung kampanye iklan Anda. Anda pun bisa mencantumkan promo produk secara lengkap di sana.

Namun, jangan sekadar membuat landing page. Pastikan pula desain landing page tersebut teroptimasi dengan baik. Anda pun perlu melakukan berbagai eksperimen untuk bisa memperoleh landing page yang benar-benar bekerja dengan baik. Kalau perlu, Anda bisa pula membangun beberapa landing page sekaligus.

3. Tetapkan Tujuan Campaign yang Tepat

Google Ads menawarkan berbagai pilihan tujuan campaign yang bisa Anda gunakan. Oleh karena itu, biar kampanye pemasaran dapat berjalan dengan optimal, Anda perlu memilih jenis tujuan yang tepat. Beberapa tujuan atau campaign objective tersebut di antaranya adalah: 

  • Meningkatkan sales
  • Mendapatkan leads
  • Mendatangkan traffic website
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mendorong jumlah pengguna aplikasi
  • Mengajak audiens untuk datang ke toko offline

4. Lakukan Eksperimen Berbagai Jenis Kampanye IklanĀ 

Tips pemasaran Google Ads untuk bisnis UMKM yang tak kalah penting adalah terkait penggunaan jenis kampanye iklan. Ada berbagai pilihan jenis kampanye iklan yang bisa Anda jalankan di Google Ads. Mulai dari iklan pencarian, performance max, display, hingga demand gen

Lalu, dari sekian banyak pilihan jenis iklan, mana yang sesuai untuk bisnis Anda? Jawabannya bisa bervariasi, disesuaikan dengan karakteristik bisnis yang Anda jalankan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menjalankan eksperimen dengan berbagai jenis kampanye yang tersedia. 

5. Terapkan Strategi Remarketing

Untuk meningkatkan efektivitas pemasaran, Anda dapat pula menerapkan strategi remarketing lewat Google Ads. Remarketing dapat Anda lakukan dengan menargetkan iklan pada audiens yang mempunyai ketertarikan terhadap produk Anda. Strategi ini sangat tepat untuk mendorong terjadinya transaksi. 

6. Tambahkan Kata Kunci Negatif

Saat menggunakan Google Ads, Anda bisa pula memasukkan kata kunci negatif. Tujuan pemakaian dari kata kunci negatif tersebut adalah untuk menghindari pengunjung yang tidak Anda inginkan. Anda dapat menemukan kata kunci negatif tersebut di Search Terms report

7. Lakukan Automasi Bid

Untuk memudahkan Anda dalam pemasangan iklan di Google Ads, pertimbangkan untuk menggunakan fasilitas automasi bid. Fitur ini disediakan Google untuk membantu Anda memperoleh hasil yang optimal. Anda pun bisa mengatur berbagai strategi di dalamnya, mulai dari memaksimalkan nilai konversi hingga target cost per acquisition (CPA).

Hanya saja, Anda tidak bisa serta merta melakukan automasi bid. Algoritma dari sistem automasi tersebut dapat bekerja maksimal kalau didukung dengan data yang mencukupi. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan eksperimen untuk dalam melakukan bid untuk selanjutnya bisa dijadikan sebagai landasan.

8. Buat Ad Copy Menarik

Aspek yang tak kalah penting dari strategi iklan di Google Ads adalah desain ad copy yang menarik. Anda perlu merancang headline serta deskripsi yang tepat sehingga mendorong target audiens untuk mengeklik iklan. 

Tak ada formula baku yang bisa Anda gunakan untuk bisa membuat ad copy menarik. Sebagai gantinya, lagi-lagi Anda perlu melakukan eksperimen. Dari berbagai eksperimen, Anda bisa mengetahui ad copy yang memberikan konversi terbaik. 

9. Fokus Pada Metrik yang Tepat

Ada banyak eksperimen yang perlu Anda jalankan saat melakukan kampanye iklan di Google Ads. Anda pun perlu memiliki parameter penilaian yang jelas untuk bisa memperoleh formula iklan yang tepat. Ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan berbagai jenis metrik. 

Ada beberapa jenis metrik yang bisa Anda jadikan parameter dalam penilaian iklan Google Ads, di antaranya adalah: 

  • Conversion rate
  • Quality score
  • Return on ad spend (ROAS)
  • Cost per acquisition (CPA)
  • Impression-to-conversion (ITC)

Nah, itulah 9 tips pemasaran Google Ads untuk bisnis UMKM yang penting untuk Anda terapkan. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi secara berkala sehingga performa iklan semakin meningkat. 

Sebagai pelengkap, pertimbangkan untuk memberi kemudahan bagi para pelanggan dalam menyelesaikan transaksi pembelian secara online. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan layanan YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway menghadirkan solusi cara pembayaran digital yang praktis. Dengan YUKK Payment Gateway, Anda bisa menyediakan beberapa opsi cara pembayaran yang modern. Mulai dari QRIS, kartu kredit, virtual account, hingga e-wallet

Yuk, manfaatkan YUKK Payment Gateway untuk kemajuan bisnis Anda.

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry