11 Tips Memilih Lokasi Bisnis UMKM, Biar Ramai & Untung Besar!

Tips memilih lokasi usaha yang strategis untuk bisnis umkm

Ketika menjalankan bisnis, termasuk UMKM, pemilihan lokasi yang tepat menjadi faktor penting. Pemahaman tentang tips memilih lokasi usaha yang strategis untuk bisnis UMKM, bisa memberikan banyak manfaat. Bahkan, Anda bisa merasakan perkembangan bisnis secara pesat dari pemilihan lokasi strategis tersebut. 

Baca juga: Ini 11 Alasan Kenapa UMKM Sulit Berkembang, Tak Cuma Modal Saja!

Manfaat Menjalankan Bisnis UMKM di Lokasi yang Strategis

Ada berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan berkat pemilihan lokasi bisnis UMKM yang strategis, termasuk di antaranya adalah: 

Meningkatkan Potensi Penjualan

Pertama, lokasi bisnis yang strategis berpeluang mendatangkan pelanggan lebih banyak. Dengan begitu, Anda bisa memiliki peluang memperoleh angka penjualan yang juga lebih besar. 

Meningkatkan Efisiensi Biaya Operasional

Selanjutnya, lokasi yang strategis memberikan manfaat berupa efisiensi biaya operasional. Misalnya, Anda bisa melakukan aktivitas pemasaran secara lebih efektif dan mengakses bahan baku dengan lebih mudah. 

Meningkatkan Margin Keuntungan

Tak kalah penting, penerapan tips memilih lokasi usaha yang strategis untuk bisnis UMKM berpeluang dalam meningkatkan margin keuntungan. Apalagi, kalau Anda bisa memperoleh angka penjualan dalam jumlah besar dan meningkatkan efisiensi setiap pengeluaran. 

Tips Memilih Lokasi Usaha yang Strategis untuk Bisnis UMKM

Untuk membantu Anda dalam memilih lokasi bisnis yang tepat dan strategis, ada 10 tips penting yang perlu menjadi perhatian, yakni: 

Pertimbangkan Target Pemasaran Bisnis Anda

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan saat menentukan lokasi usaha adalah dengan mempertimbangkan target pemasaran bisnis. Pilih lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang termasuk dalam target pasar bisnis Anda. Dengan begitu, target pasar bisa mengetahui dan mendatangi bisnis Anda dengan mudah. 

Kenali karakteristik dari target audiens Anda. Selanjutnya, Anda bisa mengerucutkan pilihan lokasi bisnis yang tepat sesuai dengan segmen bisnis Anda. Misalnya, Anda mempunyai usaha coffee shop. Maka, lokasi yang pas adalah berada dekat dengan anak-anak muda seperti di area sekitar kampus. 

Perhatikan Tingkat Persaingan

Aspek berikutnya yang perlu menjadi perhatian adalah tingkat persaingan. Cari tahu apakah ada kompetitor usaha secara langsung yang sudah ada di lokasi. Utamakan lokasi dengan tingkat persaingan yang minim, sehingga usaha Anda bisa berkembang.

Baca juga: 7 Tantangan Utama Pelaku UMKM dalam Mengembangkan Usaha di Era Digital

Perhatikan Tingkat Keamanan

Faktor yang tidak kalah penting dalam tips memilih lokasi usaha yang strategis untuk bisnis UMKM adalah keamanan. Hindari area yang terkenal sebagai daerah rawan kejahatan. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan usaha dengan tenang dan konsumen pun tak perlu khawatir saat melakukan transaksi. 

Perhatikan Aksesibilitas

Dalam pemilihan lokasi usaha, Anda perlu pula memperhatikan faktor aksesibilitas. Pertimbangkan untuk memilih lokasi yang punya tingkat aksesibilitas sangat mudah. Misalnya, dekat dengan jalan raya, akses jalan yang lebar, maupun area parkir yang cukup luas. 

Aksesibilitas tersebut tidak hanya memudahkan pelanggan untuk datang ke tempat usaha Anda. Namun, kemudahan aksesibilitas juga dapat meningkatkan efisiensi Anda dalam melakukan aktivitas bisnis dengan para vendor dan supplier

Perhatikan Potensi Lokasi Usaha di Masa Depan

Dalam menentukan lokasi usaha untuk bisnis UMKM, Anda dapat pula memperhatikan potensi lokasi tersebut di masa mendatang. Misalnya, Anda memilih lokasi yang berdekatan dengan lokasi rencana pembangunan masjid atau area perkantoran. 

Sesuaikan dengan Model Bisnis yang Dijalankan

Selanjutnya, pemilihan lokasi usaha juga harus mempertimbangkan model bisnis dari usaha yang Anda jalankan. Apalagi, setiap model bisnis memiliki tingkat kebutuhan tempat yang berbeda-beda. 

Misalnya, Anda memiliki bisnis rumahan. Maka, Anda bisa memilih rumah atau menyewa bangunan baru dengan ukuran lebih luas. Kalau Anda punya bisnis retail, maka pilih area di pusat keramaian seperti dekat dengan pusat perbelanjaan, terminal, stasiun, dan lain sebagainya. 

Pertimbangkan Kesesuaian dengan Brand

Tips memilih lokasi usaha untuk bisnis UMKM dapat pula Anda lakukan dengan mempertimbangkan brand. Misalnya, Anda membangun brand dengan konsep yang mewah. Maka, hindari pemilihan lokasi usaha di daerah pinggiran kota yang umumnya menjadi pilihan bagi konsumen ketika belanja dengan harga murah. 

Perhatikan Riwayat Penggunaan Lokasi usaha

Pemilihan tempat usaha juga harus memperhatikan rekam jejak dari lokasi yang Anda pilih. Apakah tempat tersebut pernah digunakan untuk lokasi usaha sebelumnya? Lalu, jenis usaha seperti apa yang yang menempatinya? 

Kalau tempat yang Anda inginkan ternyata pernah ditempati oleh beberapa jenis pelaku usaha, lakukan riset secara mendalam berkaitan dengan hal ini. Cari tahu alasan atau permasalahan yang membuat para pelaku usaha tersebut gagal atau memilih untuk pindah. 

Foot traffic

Untuk beberapa jenis usaha, Anda perlu mengedepankan adanya foot traffic atau lalu lintas pejalan kaki. Misalnya, Anda mempunyai usaha jualan produk tertentu. Maka, pilih lokasi yang strategis dan ramai oleh pejalan kaki. Dengan begitu, mereka bisa melihat produk secara lebih dekat dan melakukan pembelian. 

Lain halnya bagi Anda yang mempunyai usaha yang mengedepankan kerahasiaan. Maka, lokasi usaha yang ramai oleh pejalan kaki bukanlah opsi yang terbaik. Anda perlu mengutamakan pilihan pada lokasi dengan area yang tidak terlalu ramai. 

Perhatikan Regulasi yang Berlaku

Faktor lain yang layak menjadi perhatian adalah regulasi yang berlaku di wilayah tersebut. Usahakan untuk memilih lokasi usaha dengan regulasi yang tidak menghambat perkembangan bisnis. 

Lokasi yang memiliki birokrasi perizinan yang ribet dan rumit, hanya akan menjadi penghambat bagi bisnis Anda. Dampaknya, proses pengurusan izin berlangsung lama dan tak kunjung selesai. Dampaknya, Anda bisa mengalami kerugian cukup besar. 

Pertimbangkan Biaya

Tips memilih lokasi usaha yang strategis untuk bisnis UMKM adalah biaya. Pastikan bahwa lokasi usaha yang Anda inginkan memiliki kesesuaian dengan anggaran yang telah disiapkan. Kalaupun biaya sewa tempat tersebut terlalu mahal, Anda tak harus membelinya. Ada pertimbangan untuk bisa menyewanya. 

Selain itu, faktor lain yang berkaitan dengan biaya perlu pula menjadi pertimbangan tambahan. Misalnya, ada tidaknya biaya tersembunyi, biaya renovasi, pajak, perbaikan utilitas, dan maupun biaya terkait perizinan. Oleh karena itu, lakukan riset yang cukup mendalam berkaitan dengan biaya. 

Nah, itulah 11 tips memilih lokasi usaha yang strategis untuk bisnis UMKM yang penting untuk Anda terapkan. Lewat penerapan tips-tips tersebut, Anda bisa menemukan lokasi usaha yang strategis, potensial, dan memberikan keuntungan bagi bisnis UMKM. Dengan begitu, usaha Anda bisa berkembang jadi lebih besar. 

Baca juga: Go Digital Bikin UMKM Laris Manis, Ternyata Ini Alasannya!

Selain penentuan lokasi usaha, jangan lupa pula mempertimbangkan efektivitas serta efisiensi dalam hal pelayanan kepada para pelanggan. Dengan begitu, konsumen bisa memperoleh kenyamanan saat bertransaksi. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan layanan dari YUKK Payment Gateway

YUKK Payment Gateway menghadirkan solusi cara pembayaran digital yang praktis kepada pelaku UMKM di Indonesia. Dengan YUKK Payment Gateway, Anda bisa menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran digital sekaligus. Semuanya tersedia hanya dengan satu tool. Praktis dan modern!

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry