Tahukah Kamu Apa Saja Manfaat Seafood?

Manfaat seafood
(Foto: Freepik)

Warung tenda yang menyajikan seafood sebagai menu unggulan sudah tidak terhitung jumlahnya yang berdiri di pinggir-pinggir jalan. Belum termasuk restoran dan kafe. Jumlahnya bisa lebih banyak lagi. Baik berkonsep western, eastern, maupun lokal.

Menjamurnya warung dan restoran seafood adalah tanda bahwa makanan yang berasal dari laut sangat disukai. Sangat digemari. Bahkan menjadi makanan paling favorit.

Mengapa menu yang terdiri atas hewan-hewan laut itu sangat disukai? Apa lagi kalau bukan karena rasanya yang gurih dan lezat. Juga karena manfaatnya yang berlipat ganda. Berikut ini beberapa manfaat seafood yang harus kamu ketahui.

Mengurangi radang sendi

Manfaat seafood
(Foto: Freepik)

Ikan adalah salah satu makanan laut yang kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak ini punya manfaat untuk meredakan nyeri sendi dan mengurangi kekakuan pada tubuh. Makanan laut yang lain diketahui merupakan sumber vitamin D. Vitamin ini membantu tubuh menyerap kalsium dan meningkatkan perkembangan tulang (pada anak-anak). Penderita rheumatoid arthritis disarankan untuk makan makanan laut seperti salmon dan sarden.

Menyehatkan mata

Manfaat seafood
(Foto: Freepik)

Asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam ikan punya banyak manfaat. Salah satunya adalah menyehatkan mata. Mengonsumsi ikan dan varietas kerang secara teratur diketahui dapat meningkatkan penglihatan pada malam hari dan menjaga mata tetap sehat.

Meningkatkan imunitas

Manfaat seafood
(Foto: Freepik)

Tubuh sangat membutuhkan seng agar sistem kekebalannya berfungsi maksimal. Seng ini terdapat dalam jumlah yang banyak dalam tiram, kepiting, udang, dan kerang. Sementara itu, vitamin A, selenium, dan asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam ikan membuat tubuh siap melawan patogen asing.

Melindungi jantung

Manfaat seafood
(Foto: Freepik)

Manfaat lain dari asam lemak omega-3 adalah menyehatkan jantung. Makan satu porsi ikan per minggu dapat mengurangi risiko serangan jantung, aritmia, dan stroke.

Meningkatkan fungsi otak dan daya ingat

Manfaat seafood
(Foto: Freepik)

Mengapa anak-anak dianjurkan untuk makan ikan dan makanan laut lainnya? Karena makanan laut mengandung berbagai mineral penting yang dapat meningkatkan perkembangan otak dan meminimalisir atau memperlambat dampak buruk penuaan pada otak. Berbagai kandungan itu juga melindungi materi abu-abu dalam otak yang berfungsi meningkatkan memori dan mengurangi risiko Alzheimer.

Meningkatkan suasana hati

Manfaat seafood
(Foto: Unilever Food Solutions)

Makanan laut juga punya dampak yang besar terhadap pusat emosi otak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makan seafood dapat menurunkan depresi dan meningkatkan dampak obat anti-depresi.

Menjaga keindahan kulit

Manfaat seafood
(Foto: Primarasa.co.id)

Seafood ternyata dapat membuat kulit tetap lembab dan sekaligus melindunginya kulit dari efek buruf sinar UV matahari. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa makan seafood dapat mengurangi jerawat.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry