Siapa Bilang Anak-Anak Tidak Rentan Virus Corona?

Anak-anak rentan terhadap virus Corona
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Secara global, penyebaran virus Corona masih terjadi. Jumlah kasus Covid-19 meningkat dari hari ke hari. Demikian juga jumlah pasien yang meninggal dunia dan yang berhasil disembuhkan.

Di Indonesia pun demikian. Jumlah kasus positif terus meningkat seiring dengan semakin banyaknya jumlah tes per hari yang dilakukan. Sudah lebih dari 20 ribu orang yang terinfeksi, lebih dari 5.000 orang berhasil disembuhkan, dan lebih dari 1.000 orang meninggal dunia.

Dari data-data yang ada, tampak bahwa jumlah pasien positif Covid-19 dan yang meninggal dunia lebih banyak orang dewasa daripada anak-anak. Namun, tetaplah salah jika orang menganggap bahwa anak-anak lebih aman dari serangan virus Corona ketimbang orang dewasa. Anak-anak tetap berisiko terinfeksi virus ini.

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melakukan deteksi kasus secara mandiri hingga pertengahan Mei ini. Dan dari deteksi mandiri itu diketahui bahwa:

  • Pasien dalam pengawasan (PDP) usia anak: 3.324 kasus
  • Anak berstatus PDP meninggal: 129 kasus
  • Anak terkonfirmasi positif Covid-19: 584 kasus
  • Anak meninggal karena Covid-19: 14 kasus

“Temuan ini menunjukkan bahwa angka kesakitan dan kematian anak akibat Covid-19 di Indonesia tinggi. Dan ini membuktikan bahwa tidak benar kelompok usia anak tidak rentan terhadap Covid-19 atau hanya akan menderita sakit ringan saja,” tulis Ketua Umum IDAI, Dr. dr. Aman B. Pulungan, Sp.A(K) FAAP., FRCPI(Hon) dalam sebuah pernyataan resmi seperti dikutip YUKK dari detikHealth.

Ilustrasi (Foto: Freepik)

Mengingat akan berakhirnya masa tanggap darurat Covid-19 dan melihat tingginya tingkat terpaparnya anak-anak, IDAI menyarankan kepada pemerintah dan pihak terkait untuk tetap dilakukannya pembelajaran jarak jauh bagi anak-anak dan remaja.

“Hal ini disarankan untuk tetap dilanjutkan mengingat kemungkinan bulan Juli wabah belum teratasi dengan baik,” tegas IDAI.

 

 

#YUKKpakeYUKK#BelanjaOnlinePakeYUKKSaja

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry