Siaga Menghadapi Musim Hujan dengan Jahe Merah

Siaga menghadapi Musim Hujan dengan Jahe Merah
(Foto: google)

Musim hujan sudah tiba. Pada musim ini, kamu harus benar-benar menjaga kesehatanmu karena ada begitu banyak penyakit yang berpotensi menyerang tubuhmu. Mulai dari yang ringan hingga yang berat. Sekali saja kamu lengah, kamu akan menghadapi masalah yang rumit.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran pada musim hujan ini. Cara paling baik adalah memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi, cukup beristirahat, dan rutin berolahraga. Jika kamu membangun pola hidup sehat seperti ini, yakinlah bahwa kamu akan tetap sehat dan bugar selama musim hujan ini.

Siaga menghadapi Musim Hujan dengan Jahe Merah
(Foto: google)

Makanan dan minuman seperti apa yang harus kamu konsumsi? Tentu saja yang memenuhi kadar gizi yang dibutuhkan tubuh. Makanan dan minuman yang dikonsumsi haruslah mengandung vitamin, mineral, dan berbagai zat penting lainnya.

Salah satu jenis minuman yang harus kamu konsumsi, khususnya pada musim hujan ini, adalah jahe merah. Sudah sejak dulu, dalam dunia pengobatan tradisional di Indonesia, jahe merah digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa tanaman rimpang dengan nama Latin Zingiber officinale var. Rubra ini mengandung banyak senyawa penting yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Antiperadangan

Siaga menghadapi Musim Hujan dengan Jahe Merah
Ilustrasi (Foto: google)

Dunia pengobatan tradisional sudah membuktikan bahwa jahe merah dapat mengatasi rasa nyeri akibat radang sendi. Dunia ilmu pengetahuan, seperti dilansir alodokter.com, kemudian membuktikan hal ini dengan melakukan penelitian pada hewan. Para ilmuwan mencari tahu apakah benar jahe merah dapat meredakan peradangan baik yang bersifat kronis maupun akut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe merah memang dapat menekan proses peradangan yang bersifat akut maupun kronis.

Mencegah Hipertensi dan Penyakit Kardiovaskular

Siaga menghadapi Musim Hujan dengan Jahe Merah
Ilustrasi (Foto: google)

Para ilmuwan kembali melakukan penelitian untuk membuktikan klaim tradisional bahwa jahe merah dapat mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular. Mereka menggunakan ekstrak cair dari jahe putih dan jahe merah pada tikus untuk melihat seperti apa kaitan antara jahe dan enzim yang menyebabkan terjadinya hipertensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jahe merah memiliki peran yang lebih signifikan dalam menghambat enzim yang menyebabkan terjadinya hipertensi. Jahe juga dapat menghambat terjadinya peroksidasi lipid di organ hati atau proses terjadinya kerusakan oksidatif pada lemak di hati. Para ahli menduga bahwa jahe dapat mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular karena kandungan polifenolnya.

Sumber Antioksidan
Jahe merah adalah salah satu sumber antioksidan terbaik. Para ilmuwan yakin bahwa minum jahe merah merupakan salah satu langkah terbaik untuk mencegah dan melawan stress oksidatif di otak. Mengapa? Karena kandungan antioksidannya dapat melindungi sel-sel otak.

Siaga menghadapi Musim Hujan dengan Jahe Merah
ilustrasi perempuan stres (Foto: google)

Harus diketahui bahwa terjadinya peroksidasi (kerusakan oksidatif) pada membran sel dan tingginya kadar ion besi berhubungan dengan berbagai penyakit degenerasi saraf dan gangguan otak. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jahe merah dan jahe putih mempunyai efek proteksi terhadap otak dengan cara menghalangi terjadinya peroksidasi oleh ion besi pada otak. Namun, jahe merah lebih mempunyai tinggi efek proteksinya daripada jahe putih.

Menjaga Jantung

Siaga menghadapi Musim Hujan dengan Jahe Merah
Ilustrasi (Foto: google)

Jahe merah punya manfaat lain yang tidak kalah penting: menjaga kesehatan jantung. Kandungannya dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh.

Mengatasi Gangguan Pencernaan

Siaga menghadapi Musim Hujan dengan Jahe Merah
Ilustrasi minyak jahe merah (Foto: google)

Kamu mengalami gangguan pencernaan? Jangan khawatir! Minumlah jahe merah. Jika tidak, kamu bisa menggunakan ekstrak minyak jahe merah. Agen antibakteri yang terdapat di dalamnya dapat membasmi bakteri jahat seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus. 

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Siaga menghadapi Musim Hujan dengan Jahe Merah
Ilustrasi (Foto: fivestaruc.com)

Selama musim hujan ini, menjaga kekebalan tubuh adalah hal yang utama. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi jahe merah. Kandungan jahe merah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kamu bisa bebas dari penyakit flu dental jade merah.

 

#YUKKpakeYUKK

 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry