Sebenarnya Berapa Jumlah Vitamin C yang Dibutuhkan untuk Jaga Imunitas?

Sebenarnya Berapa Jumlah Vitamin C yang Dibutuhkan untuk Jaga Imunitas?
Ilustrasi (Foto: Freepik)

Daya tahan tubuh yang kuat adalah benteng yang ampuh untuk melindungi diri dari virus Corona. Daya tahan tubuh ini bisa ditingkatkan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C.

Menurut Katherine Zeratsky, seorang ahli gizi, seperti dikutip dari Mayo Clinic, tubuh tidak bisa memproduksi dan menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, orang harus menambahkan asupan vitamin C melalui makanan dan buah-buahan seperti jeruk, stroberi, paprika merah, brokoli, dan lainnya. Bisa juga dari berbagai suplemen.

Di pasar, beredar banyak jenis suplemen untuk tubuh. Namun, kandungan vitamin C dalam suplemen itu tidak terlalu banyak. Berkisar antara 500—1.000 mg.

Sebenarnya Berapa Jumlah Vitamin C yang Dibutuhkan untuk Jaga Imunitas?
Brokoli (Foto: Freepik)

Lalu berapa jumlah vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk membangun daya tahan tubuh? Apakah sebanyak 500—1.000 mg. Institute of Medicine, seperti dikutip dari Healthline,memberikan rekomendasi jumlah takaran asupan nutrisi dari makanan atau suplemen. Berikut ini jumlah vitamin C harian yang direkomendasikan untuk dikonsumsi:

  • Anak- anak (1—3 tahun): 15 mg
  • Anak-anak (4—8 tahun): 25 mg
  • Remaja (9—13 tahun): 45 mg
  • Remaja akhir (14—18 tahun): 65—75 mg
  • Perempuan dewasa (19 tahun ke atas): 75 mg
  • Laki-laki dewasa (19 tahun ke atas): 90 mg
  • Ibu hamil: 85 mg
  • Ibu menyusui: 120 mg
Sebenarnya Berapa Jumlah Vitamin C yang Dibutuhkan untuk Jaga Imunitas?
Paprika (Foto: Freepik)

Orang dewasa, menurut Zeratsky, bisa mengonsumsi vitamin C hingga 2.000 mg dalam sehari. Lebih dari jumlah yang direkomendasikan. Namun, tidak akan ada efek samping yang membahayakan karena konsumsi vitamin C yang berlebihan itu.

“Konsumsi suplemen dengan dosis berlebihan bisa mengakibatkan diare, muntah, mual, heartburn, kram perut, sakit kepala, dan insomnia,” kata Zeratsky.

Sebenarnya Berapa Jumlah Vitamin C yang Dibutuhkan untuk Jaga Imunitas?
Stroberi (Foto: Freepik)

Apa saja sumber vitamin C dalam jumlah yang cukup yang bisa dikonsumsi setiap hari? Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C:

  • Paprika merah (75 g): 95 mg vitamin C
  • Paprika hijau (75 g): 60 mg vitamin C
  • Jus jeruk (177 ml): 93 mg vitamin C
  • Kiwi (90 g): 64 mg vitamin C
  • Brokoli yang sudah dimasak (78 g): 51 mg vitamin C
  • Stroberi (72 g): 49 mg vitamin C

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry