Resmi! Facebook Sudah Ganti Nama Menjadi Meta

Resmi! Facebook Sudah Ganti Nama Menjadi Meta
Ilustrasi (Foto: Pexels)

Facebook sudah resmi berganti nama. Nama barunya adalah Meta. Pergantian nama ini diumumkan secara langsung oleh Mark Zuckerberg dalam ajang Connect 2021.

“Sudah saatnya kami mengadopsi merek perusahaan baru untuk mencakup semua yang kami lakukan. Mulai sekarang, kami akan menjadikan metaversepertama, bukan lagi Facebook. Saya dengan bangga mengumumkan bahwa mulai hari ini, perusahaan kami sekarang adalah Meta,” katanya.

Resmi! Facebook Sudah Ganti Nama Menjadi Meta
Mark Zuckerberg (Foto: The Verge)

Penggantian nama ini tidak akan mengubah nama aplikasinya. Meta akan menjadi induk yang menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lainnya.

“Saat ini, merek kami terkait erat dengan satu produk, sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi pada masa depan,” sambungnya seperti dikutip YUKK dari cbsnews.com.

Resmi! Facebook Sudah Ganti Nama Menjadi Meta
(Foto: Getty Images)

Perlu diketahui bahwa istilah metaverse pertama kali dicetuskan oleh Neal Stephenson dalam novel fiksi ilmiah berjudul Snow Crash pada tahun 1992 lalu. Sederhananya metaverse adalah gabungan dari virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Ini adalah sebuah dunia virtual yang akan menjadi suksesor screen based internet.

Zuckerberg melihat bahwa metaverse dapat menjadi platform sosial besar berikutnya. Dan dia yakin bahwa akan ada beberapa perusahaan teknologi yang membangunnya dalam 10 tahun ke depan.

Resmi! Facebook Sudah Ganti Nama Menjadi Meta
(Foto: Reuters)

“Sekarang, Meta bergerak melampaui layar 2D menuju pengalaman imersif seperti augmented reality dan virtual reality untuk membantu membangun evolusi berikutnya dalam teknologi sosial,” pungkasnya.

Sejarah mencatat bahwa Facebook bukanlah perusahaan teknologi pertama yang mengubah nama perusahaannya. Sudah ada beberapa perusahaan besar yang melakukannya sebelumnya. Sebut saja Google pada 2015 lalu. Raksasa pencarian internet ini melakukan reorganisasi sepenuhnya di bawah perusahaan induk bernama Alphabet Inc. Demikian juga Snapchat berganti nama menjadi Snap Inc pada 2016.

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry