Pesona Ladang Sawi yang Mirip Pulau Jeju di Korea Selatan

Pesona Ladang Sawi di Bondowoso yang Mirip Pulau Jeju di Korea Selatan
Saudia Yourdan berpose di tengah ladang sawi bunga (Foto: Instagram/@saudia_yourdan)

Dalam beberapa hari terakhir ini, sebuah kawasan di Ijen, Bondowoso, Jawa Timur, menjadi buah bibir masyarakat. Mengapa? Karena pemandangan kawasan itu disebut-sebut mirip dengan pemandangan alam di Pulau Jeju, Korea Selatan. Bahkan orang-orang mengatakan bahwa tidak perlu terbang jauh-jauh ke Korea Selatan hanya untuk menikmati pesona Jeju.

Selayang pandang, dari foto yang diunggah pemilik akun Instagram @saudia_yourdan, pemandangan alamnya memang mirip Jeju. Ada hamparan bunga berwarna kuning dengan kawasan perbukitan Kawah Wurung sebagai latar belakang. Cantik seperti Jeju.

Usut punya usut, kawasan yang terletak tidak jauh dari kawasan Kawah Wurung itu bukanlah sebuah tempat wisata. Itu adalah sebuah ladang sawi bunga. Tepatnya di Desa Jampit, Kecamatan Ijen, Bondowoso. Ladang sawi bunga itu digarap oleh Budi Hartono, seorang warga setempat.

Pesona Ladang Sawi di Bondowoso yang Mirip Pulau Jeju di Korea Selatan
Kemiripan Jeju dan Ijen (Foto: Instagram/@saudia_yourdan)

Budi menggarap ladang itu di atas lahan milik Perhutani seluas 4 hektar. Dia menanam sawi bunga (Brassica rapa). Sawi jenis itu biasanya berbunga sekitar 25—30 hari setelah ditanam.

Saudia Yourdan, seperti dikutip YUKK dari Kumparan, datang ke ladang itu pada pertengahan Juni lalu. Ketika itu, sawi sedang berbunga. Dan dia berfoto di situ.

“Foto diambil tepat seminggu yang lalu. Itu sebenarnya ladang tanaman sawi warga,” katanya pada akhir Juni lalu.

Pesona Ladang Sawi di Bondowoso yang Mirip Pulau Jeju di Korea Selatan
Keindahan ladang sawi (Foto: Instagram/@saudia_yourdan)

Lelaki yang juga tinggal di Bondowoso itu mengatakan bahwa hingga ketika dia datang, belum banyak orang yang tahu lahan perkebunan mirip Pulau Jeju di Bondowoso itu. Selain karena lokasinya terpencil, akses menuju ladang sawi bunga itu lumayan sulit dijangkau.

“Belum banyak yang tahu. Selain sekarang lagi pandemi, tempat-tempat wisata ditutup dan lokasinya juga sedikit terpencil. Akses ke lokasi juga cukup sulit medannya. Kira-kira 15 km dari Kantor Kecamatan Ijen,” ungkapnya.

Tidak lama setelah foto yang diunggah Saudia menjadi viral, banyak orang datang ke tempat itu. Ketika mereka datang, sawi-sawi bunga itu sudah dibabat habis karena telah dipanen. Pemandangan seperti Jeju pun tidak ada lagi.

“Wuaduh! Saya jauh-jauh dari Jember ingin lihat. Ternyata sudah nggak ada,” kata Catur seperti dikutip dari detikTravel.

Pesona Ladang Sawi di Bondowoso yang Mirip Pulau Jeju di Korea Selatan
(Foto: detikTravel)

Arif Rahardjo, Kepala Bidang Pariwisata Dinas Parpora Bondowoso, membenarkan bahwa ladang sawi bunga yang disebut mirip pemandangan di Pulau Jeju itu memang sempat viralmelalui media sosial. Namun, ladang itu bukanlah sebuah tempat wisata.

“Perlu diketahui serta diingat bahwa sebuah tempat yang indah dan menarik itu tidak serta merta bisa dijadikan destinasi wisata,” katanya.

Sebuah tempat disebut tempat wisaja jika memenuhi syarat yang ditentukan dalam Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan. Beberapa syaratnya adalah bagaimana atraksinya, aksesnya, fasilitasnya, dan pengelolanya yang legal.

“Tanaman sawi milik warga itu memang bagus dan indah. Namun, tidak bisa disebut sebagai destinasi wisata. Begitu dibabat oleh pemiliknya kan habis,” terangnya.

 

#YUKKpakeYUKK

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry