Perhatikan Ini: Waktu dan Jenis Olahraga Harus Sesuai!

Waktu dan Jenis Olahraga Harus Sesuai!
(Foto: meetdoctor.com)

Para ahli kesehatan sepakat bahwa olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tidak harus pada pagi hari. Demikian juga tidak harus pada siang atau malam hari. Dengan kata lain, kamu bisa berolahraga pada pagi hari, siang hari, sore hari, atau malam hari.

Yang harus diperhatikan, menurut Dr. Michael Triangto seperti dilansir fitnessformen.co.id, adalah jenis olahraga. Jika kamu adalah seorang pemula, kamu bisa berolahraga kapan saja. Namun, kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat karena dapat mempengaruhi fisik dan kondisi psikologismu. Lakukan saja olahraga ringan.

Waktu dan Jenis Olahraga Harus Sesuai!
(Foto: brilio.net)

Bagaimana jika kamu sudah terbiasa berolahraga? Saran Dr. Triangto adalah kamu harus menyusun jadwal dan membagi porsi latihanmu. Mengapa? Karena latihanmu tidak bisa sembarangan. Harus lebih terarah agar hasilnya lebih efektif.

Pagi hari adalah waktu yang paling baik untuk melatih kebugaran jantung dan paru-paru. Mengapa? Karena udara masih sangat segar. Kamu disarankan mulai berolahraga pada jam 5 pagi. Batas waktu idealnya adalah jam 7 pagi.

Jenis olahraga apa yang cocok untuk dilakukan pada pagi hari? Menurut Dr. Triangton, melakukan olahraga berat seperti mengangkat beban bukanlah pilihan yang tepat. Kalau pun kamu harus melakukan olahraga itu, beban yang diangkat tidak boleh terlalu berat. Kamu bisa menggunakan wrist weigth atau ankle weigth untuk menghindari kemungkinan terjadinya cidera seperti muscle fatigue.

Waktu dan Jenis Olahraga Harus Sesuai!
(Foto: google)

Olahraga yang paling cocok dilakukan pada pagi hari adalah kardio. Jika dilakukan secara intens dan rutin minimal 30 menit dalam 2—3 kali seminggu, kebugaran tubuhmu akan meningkat. Staminamu akan tetap kuat untuk melakukan berbagai aktivitas seharian.

Untuk mendukung aktivitas fisikmu ini, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti buah-buahan. Misalnya, pisang dan pepaya. Mengapa? Karena makanan ini dapat menetralkan asam lambung. Makanan ini pun lebih lama diubah oleh tubuh, sehingga bisa memberikan energi yang lebih besar. Namun, energi ini tidak sampai menimbulkan kenaikan kadar gula darah. Kamu harus tahu bahwa jika kadar gula darah meningkat, insulin akan keluar dan menekan kadar gula darah, sehingga tubuh mudah lemas.

Waktu dan Jenis Olahraga Harus Sesuai!
(Foto: google)

Pada siang hari, olahraga yang tepat untuk dilakukan adalah olahraga ringan. Olahraga ini akan membuat kamu tetap fit setelah makan siang. Jangan pilih olahraga berat karena kamu masih harus bekerja setelah berolahraga. Sebaiknya pilih olahraga yang sifatnya hanya menjaga kebugaran atau muscle endurance.

Salah satu contoh olahraga ringan yang tepat dilakukan pada siang hari adalah kardio. Kamu bisa menambahkan sedikit beban. Hanya sedikit karena kamu masih harus bekerja. Waktu yang ideal adalah 30 menit.

Supaya olahraga siangmu ini efektif, porsi makan siangmu tidak boleh berlebihan. Makanlah secukupnya saja. Setelah makan, beristirahatlah kurang lebih sejam sebelum kamu mulai berolahraga. Pada saat itu, makanan sudah mulai dicerna oleh lambung dan gula darahmu belum naik.

Waktu dan Jenis Olahraga Harus Sesuai!
(Foto: google)

Pada sore hari, waktu yang tepat untuk berolahraga adalah antara jam 5—jam 7 malam. Di sini, kamu bisa menambah porsi latihan dan melakukan olahraga berat seperti angkat beban dan sebagainya. Menambah beban dalam olahragamu adalah cara yang tepat untuk membentuk otot tubuhmu. Sport game adalah salah satu pilihan yang baik dilakukan pada malam hari karena mudah dilakukan dan menyenangkan.

 

#YUKKpakeYUKK

1
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry