Bisnis Lancar & Cuan Terus! Pahami Cara Nego yang Efektif, Ya!

Panduan cara negosiasi bisnis yang efektif

Ketika menjalankan bisnis, Anda tak cuma butuh modal finansial, tetapi juga modal dalam bentuk keahlian. Salah satu wujud keahlian yang dapat menjadi modal penting dalam usaha adalah kemampuan bernegosiasi. Keterampilan cara negosiasi bisnis yang efektif bisa membantu Anda dalam meraih kesepakatan dengan berbagai pihak. 

Mengapa Negosiasi dalam Bisnis Itu Penting?

Negosiasi merupakan kemampuan yang berkaitan dengan proses tawar menawar dalam mencapai kesepakatan tertentu. Anda pun bisa memperoleh banyak manfaat berkat kepemilikan kemampuan negosiasi dalam bisnis. Manfaat tersebut di antaranya adalah: 

  • Menjalin hubungan yang erat dengan konsumen, supplier, mitra bisnis, maupun investor
  • Meningkatkan profit. Sebagai contoh, Anda bisa menerapkan cara negosiasi bisnis yang efektif dengan supplier untuk melakukan penawaran harga
  • Memperluas pangsa pasar. Anda bisa memperoleh manfaat ini karena negosiasi yang efektif membuat bisnis Anda dapat menjaga hubungan positif dengan pihak-pihak terkait

Prinsip Dasar Negosiasi Bisnis

Prinsip-prinsip dasar dalam negosiasi bisnis

Untuk bisa memperoleh berbagai manfaat bernegosiasi, Anda perlu memahami prinsip-prinsip dasarnya terlebih dulu. Pemahaman tentang prinsip dasar negosiasi membantu Anda dalam membaca situasi yang ada dan memberikan respons yang tepat sesuai kondisi. 

Ada beberapa poin dalam prinsip negosiasi yang perlu Anda pahami, yaitu: 

Win-Win Approach

Poin pertama dalam cara negosiasi bisnis yang efektif adalah win-win approach. Anda perlu melakukan pendekatan yang memberikan keuntungan bagi masing-masing pihak terkait. Dengan begitu, proses negosiasi dapat menghasilkan keputusan menguntungkan bagi setiap pihak. 

Berfokus pada Solusi, Bukan Masalah

Dalam proses negosiasi, Anda perlu mengedepankan fokus pembahasan pada solusi. Utamakan mencari solusi yang memberi keuntungan bagi kedua pihak. Dengan begitu, Anda dapat mencegah terjadinya konflik akibat perbedaan maupun konflik akibat permasalahan yang ada. 

Menghargai dan Memahami Pihak Lain

Prinsip penting selanjutnya adalah terkait bagaimana sikap Anda kepada pihak lain saat bernegosiasi. Anda perlu menunjukkan sikap yang menghargai dan memahami permasalahan mereka. Dengan begitu, Anda dapat menjaga hubungan baik dengan pihak terkait, terlepas apakah proses negosiasi berjalan dengan baik maupun tidak. 

Cara Negosiasi Bisnis yang Efektif

Langkah-langkah negosiasi bisnis yang efektif

Sampai di sini, Anda sudah bisa memulai beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam cara negosiasi bisnis yang efektif sebagai berikut: 

Menentukan Tujuan dan Batasan

Tahap paling awal yang perlu Anda tetapkan ketika melakukan negosiasi adalah dengan menentukan tujuan serta batasan. Anda perlu menetapkan tujuan dari proses negosiasi tersebut. Dengan begitu, Anda bisa fokus untuk mencapai tujuan negosiasi tersebut. 

Selain itu, Anda juga tidak bisa terlalu kaku pada tujuan tersebut. Anda perlu pula menetapkan batasan yang merupakan limit yang masih bisa Anda toleransi. Dengan begitu, proses negosiasi tidak membuat Anda mengalami kerugian. 

Melakukan Riset terhadap Pihak Lawan

Selanjutnya, Anda dapat menerapkan cara negosiasi bisnis yang efektif dengan melaksanakan riset secara mendalam pada pihak lawan. Riset tersebut bertujuan untuk mengetahui informasi terkait pihak lawan secara menyeluruh. 

Ada beberapa info penting yang perlu Anda ketahui, termasuk di antaranya adalah kebutuhan, keinginan, serta batasan mereka. Informasi ini bisa menjadi modal berharga dalam melakukan negosiasi bisnis. 

Membangun Hubungan dan Komunikasi yang Efektif

Dalam melakukan negosiasi, Anda perlu melengkapi diri dengan kemampuan komunikasi  yang baik dan efektif. Kemampuan ini membantu Anda dalam menyampaikan tujuan secara jelas dan sekaligus menjaga hubungan baik dengan pihak lawan. 

Saat berkomunikasi, Anda juga perlu memperlihatkan empati kepada lawan bicara. Empati tersebut merupakan wujud bagaimana Anda memahami permasalahan yang tengah mereka hadapi dan berkeinginan untuk membantu menyelesaikannya. 

Penawaran dan Pembalasan

Tahap selanjutnya adalah Anda dapat mulai melakukan aksi tawar-menawar. Tak cukup dengan melakukan penawaran, Anda juga harus memiliki argumen yang jelas sebagai dasar dalam mengajukan penawaran tersebut. 

Pihak lawan akan memberikan respons terhadap penawaran yang Anda ajukan. Di sini, Anda dapat kembali mengajukan penawaran sampai benar-benar terjadi kesepakatan di antara kedua belah pihak. 

Mengatasi Hambatan

Hambatan dalam proses negosiasi akan selalu ada. Oleh karena itu, Anda perlu memahami prinsip dasar negosiasi dan menerapkannya. Anda bisa menangani hambatan ini dengan mengetahui permasalahan yang dihadapi pihak lawan serta fokus pada solusi untuk pemecahannya. 

Menuju Kesepakatan

Kalau proses negosiasi berjalan lancar dan telah mencapai kesepakatan, Anda perlu menyelesaikannya dengan sebuah perjanjian tertulis. Tuliskan hasil kesepakatan secara jelas dengan persetujuan dari masing-masing pihak dan disaksikan oleh saksi. 

Evaluasi Pasca-Negosiasi

Kalaupun proses negosiasi telah selesai dan Anda berhasil mencapai kesepakatan, ada tahapan yang tak kalah penting, yakni evaluasi. Proses evaluasi perlu Anda lakukan dengan tujuan untuk melakukan peninjauan apakah kesepakatan dapat dilanjutkan atau berhenti. 

Kalaupun masih berlanjut, apakah ada poin-poin yang perlu ditingkatkan? Kalaupun ada, maka Anda perlu melakukan negosiasi kembali dengan pihak lawan. 

Kesalahan dalam Melakukan Negosiasi Bisnis dan Cara Menghindarinya

Cara negosiasi bisnis yang efektif sebenarnya tidak terlalu sulit. Meski begitu, banyak pelaku usaha yang kerap melakukan kesalahan dalam melaksanakannya. Beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat bernegosiasi di antaranya adalah: 

  • Terjadi perdebatan sengit karena masing-masing pihak kukuh pada pendapatnya
  • Tidak memahami permasalahan dari pihak lain, dan mementingkan kepentingan diri sendiri
  • Tidak bersikap profesional dan terbawa emosi

Itulah tips serta panduan yang dapat Anda terapkan ketika ingin melaksanakan negosiasi bisnis yang efektif. Lewat proses negosiasi yang baik, Anda bisa mencapai tujuan bisnis dan menjaga hubungan yang baik dengan berbagai pihak. 

Sebagai tambahan, ada info menarik yang bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Info tersebut adalah terkait penggunaan layanan YUKK Payment Gateway. YUKK Payment Gateway merupakan solusi layanan pembayaran terbaik untuk UMKM di Indonesia

Layanan ini memberikan solusi sistem pembayaran dengan biaya terjangkau dan praktis. Cukup dengan satu tool, Anda bisa melayani berbagai opsi cara pembayaran dari konsumen. 

0
like
0
love
0
haha
0
wow
0
sad
0
angry