
Ketika menjalankan sebuah usaha, Anda tentu ingin agar bisnis tersebut dapat berjalan lancar dan bertahan dalam waktu yang sangat lama. Ada banyak upaya yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya, Anda perlu paham tentang bagaimana cara membangun merek yang kuat dalam bisnis.
Mengapa Membangun Merek yang Kuat dalam Bisnis Penting?
Brand atau merek dalam sebuah bisnis bukan sekadar membuat logo. Dalam pengertian secara lebih luas, merek merupakan persepsi konsumen secara menyeluruh terhadap produk yang Anda pasarkan. Keberadaannya juga bisa menjadi identitas sebuah produk di mata konsumen.
Dengan memiliki brand yang kuat, bisnis Anda bisa memperoleh berbagai manfaat, meliputi:
- Mendorong loyalitas pelanggan
- Menjadi pembeda produk dengan barang lain yang serupa di pasaran
- Sebagai bagian dari upaya membangun citra di mata konsumen
- Membuat konsumen lebih tertarik
- Mempermudah penerapan strategi pemasaran produk
Langkah-Langkah Membangun Merek Bisnis yang Kuat

Mengingat pentingnya peran merek dalam sebuah bisnis, Anda perlu mempertimbangkan upaya serius untuk melakukan branding produk. Ada beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan dalam cara membangun merek yang kuat dalam bisnis, yakni:
1. Memahami Target Pasar
Langkah paling awal dalam upaya membangun merek bisnis adalah dengan menetapkan target pasarnya terlebih dulu. Anda perlu memiliki pemahaman secara mendalam tentang karakteristik dari target pemasaran produk Anda.
Ada berbagai informasi yang bisa Anda kumpulkan untuk bisa memahami target pasar, termasuk di antaranya adalah:
- Usia
- Jenis kelamin
- Hobi
- Domisili
- Tingkat penghasilan
- Dan lain sebagainya
Data-data tersebut selanjutnya bisa menjadi landasan Anda dalam memahami produk yang bisa menjadi solusi atas sebuah permasalahan yang mereka hadapi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan data ini dalam memilih upaya pendekatan yang paling efektif.
2. Menentukan Identitas Merek yang Jelas dan Menarik
Anda sudah memperoleh gambaran yang jelas berkaitan dengan target pemasaran. Langkah selanjutnya dalam cara membangun merek yang kuat dalam bisnis adalah dengan menyesuaikan identitas merek dengan target pasar.
Karakteristik merek yang Anda bangun harus punya kesesuaian dengan tujuan agar bisa melakukan pendekatan dengan lebih mudah. Anda dapat melakukannya dengan menetapkan visi, misi, nilai, pesan, serta personalitas merek.
3. Mengembangkan Desain Visual Merek yang Konsisten
Berikutnya, Anda sudah bisa mulai menghadirkan karakteristik merek secara jelas di dalam produk. Caranya, Anda dapat menampilkannya secara visual dalam berbagai elemen, termasuk di antaranya adalah logo, tagline, maupun desain kemasan.
Pengembangan desain visual merek harus Anda lakukan dengan konsisten dan selaras dengan karakteristik merek. Konsistensi tersebut dapat Anda terapkan dari penggunaan font, warna, maupun gaya secara keseluruhan.
4. Menjaga Komunikasi Merek yang Konsisten di Seluruh Kanal Pemasaran
Anda sudah memiliki desain visual logo maupun kemasan yang menjadi representasi produk. Maka, Anda perlu menggunakan desain visual tersebut untuk aktivitas pemasaran secara konsisten di berbagai kanal yang digunakan.
Konsistensi dalam komunikasi merek sangat penting. Tujuannya, biar konsumen dapat mengingat dan mengenali merek Anda dengan lebih mudah. Bayangkan kalau Anda menggunakan desain visual yang berbeda-beda di setiap kanal pemasaran. Pelanggan bakal sulit mengenali karakteristik brand Anda, kan?
5. Membangun Kesadaran Merek Melalui Strategi Pemasaran yang Efektif
Selanjutnya, Anda dapat melakukan upaya membangun brand awareness atau kesadaran merek. Kesadaran merek sangat penting untuk dapat mendorong konsumen jadi lebih mudah mengenal merek bisnis Anda. Ada berbagai upaya yang dapat Anda lakukan dalam proses pembangunan kesadaran merek, di antaranya adalah:
- Menggunakan sarana iklan, baik iklan konvensional maupun iklan digital
- Strategi content marketing
- Menggunakan akun media sosial
- Menyelenggarakan acara, bisa berupa peluncuran produk baru atau promo produk tertentu
- Bagi-bagi merchandise
6. Menyediakan Layanan Pelanggan yang Dapat Meningkatkan Citra Merek
Tak kalah penting, Anda perlu menyiapkan jalur komunikasi yang berfungsi sebagai layanan pelanggan. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan media sosial sebagai layanan customer care.
Keberadaan layanan pelanggan berguna sebagai sarana untuk mendongkrak citra merek. Apalagi, layanan pelanggan dapat membantu Anda melakukan komunikasi secara dua arah dengan konsumen.
7. Monitor dan Melakukan Penyesuaian Strategi yang Diperlukan
Tahap berikutnya adalah melakukan pengawasan terhadap reputasi merek bisnis di pasar. Upaya pengawasan ini sangat penting, dengan tujuan untuk memastikan bahwa merek Anda tidak memiliki reputasi yang buruk.
Dalam berbagai kasus, bisa saja ada sebuah kejadian yang kemudian berdampak pada citra bisnis. Misalnya, terdapat keluhan dari para pelanggan terhadap kualitas produk. Selanjutnya, Anda perlu melakukan penanganan biar hal tersebut tidak berdampak buruk pada merek.
8. Mendorong Partisipasi Pelanggan dalam Mengembangkan Merek
Tahapan terakhir dalam cara membangun merek yang kuat dalam bisnis adalah mendorong adanya partisipasi pelanggan. Caranya sangat beragam. Anda dapat melakukan survei, meminta testimoni, atau mengumpulkan ulasan produk dari para pelanggan.
Kesalahan Umum dalam Membangun Merek
Berkaitan dengan upaya membangun merek bisnis, ada beberapa jenis kesalahan umum yang perlu Anda hindari, di antaranya:
- Proses pemilihan merek yang serampangan dan tanpa banyak pertimbangan
- Desain kemasan serta logo yang biasa-biasa saja
- Tak memperhatikan persaingan pasar
- Kualitas layanan pelanggan yang buruk
- Upaya branding yang tidak sejalan dengan kualitas produk
Ingat, merek merupakan identitas produk Anda di mata konsumen. Maka, pastikan bahwa merek tersebut benar-benar menjadi representasi bisnis Anda. Dengan begitu, pelanggan akan memberikan persepsi yang positif terhadap merek.
Hal yang tak kalah penting dalam upaya membangun merek adalah kualitas layanan. Salah satu cara meningkatkan kualitas layanan bisa Anda lakukan dengan menggunakan tool YUKK Payment Gateway.
YUKK Payment Gateway merupakan layanan payment gateway terbaik untuk para pelaku UMKM di Indonesia. Dengan memakai YUKK Payment Gateway, Anda bisa memberikan fasilitas transaksi yang praktis dan nyaman kepada pelanggan.